" 'Jadi, kau bisa mengatakan apa yang kau butuhkan di sini,' ucapmu."
Ki Tae-jeong mengulangi perkataan Sehwa dengan perlahan. Suaranya, yang tidak terbaca karena emosi, membuat orang merasa terintimidasi.
"Karena aku tidak ingin makan sambil melihat bajingan sepertimu..."
Dengan setiap langkahnya yang mendekat, rasanya seperti lantai yang runtuh di bawah langkahnya yang seperti pedang.
"Kau menyuruhku mengatakan apa yang harus kukatakan dan kemudian pergi?"
Kata-kata yang bergumam itu diakhiri dengan umpatan. Ki Tae-jeong selalu menjadi orang yang bermulut kotor, tapi saat dia kehilangan kesabaran seperti ini, itu sangat berbahaya. Dia pernah mencungkil mata dan lidah bawahannya ketika mereka membuatnya kesal.
Jadi Sehwa harus menyangkalnya. Memang benar, dia bermaksud seperti itu, tapi dia tidak bisa mengakuinya begitu saja. Mengetahui bahwa ia harus menyangkalnya, namun takut dengan tatapan tajam Ki Tae-jeong, Sehwa tidak bisa dengan cepat memberikan jawaban. Ia takut kebohongan yang jelas-jelas terlihat hanya akan memancing kemarahannya. Rasanya Ki Tae-jeong akan merobek tenggorokannya jika ia bertindak kurang ajar.
"Bahkan tidak akan mengatakan sesuatu yang sebenarnya ?"
Ki Tae-jeong mendengus seolah tidak percaya. Ketegangannya begitu kental hingga sulit untuk bernapas.
"Bukan... seperti itu ...."
Sehwa tidak bisa menemukan tempat untuk melihat kecuali bibir Ki Tae-jeong yang bergerak-gerak, rahangnya bergerak-gerak sedikit. Ki Tae-jeong, termenung sejenak, sepertinya sedang menimbang-nimbang kata-kata seperti apa yang harus ia lontarkan untuk menyakiti hati Sehwa. Tapi... bahkan setelah menunggu beberapa saat, tidak ada kata-kata menyakitkan seperti jarum yang keluar. Sebaliknya, ia mengatupkan bibirnya dengan erat dan dengan asal-asalan menyibak rambutnya yang terus tergerai ke depan.
Sehwa juga dengan ragu-ragu mengikuti tatapan Ki Tae-jeong. Matanya yang tajam tertuju pada lambang di kerah baju atasan Sehwa. Bintang, bunga, dan burung. Lambang itu menegaskan bahwa Sehwa adalah milik Ki Tae-jeong, bukan milik orang lain.
Ketika Sehwa menatap wajah pria itu lagi, ada sedikit ketenangan yang terpancar lagi. Untuk beberapa alasan yang tidak diketahui, Ki Tae-jeong tampak sedikit tenang setelah melihat Sehwa terbungkus dalam tanda miliknya.
"Pernah ada seorang bajingan yang merepotkan. Aku harus menginterogasinya, tapi sama sekali tidak bisa membunuhnya, dan dia tahu itu. Itulah masalahnya, dia sangat mengetahuinya."
"Dia bilang dia tidak punya apa-apa untuk kami, lalu tiba-tiba pergi dan memotong lidahnya sendiri. Bajingan gila itu."
'Bukankah itu bodoh? Kita bisa saja membuat pengakuan secara tertulis,' Ki Tae-jeong mengenang masa lalu. Wajahnya tenang seolah-olah mengingat masa-masa damai, tetapi dari ekspresi monoton itu, Sehwa dapat dengan mudah membayangkan masa-masa ketika pria itu pasti sedang diliputi kemarahan yang membara.
"Dia bilang dia tidak butuh apa-apa-tidak ada makanan, tidak ada infus, hanya ingin mati. Menurutmu apa yang harus kuperintahkan kepada anak buahku untuk menanganinya?"
"...."
"Ada banyak tempat untuk memberi makan seseorang selain di mulut."
Ki Tae-jeong memiringkan kepalanya dengan miring. Pandangannya sekilas mengarah ke perut bagian bawah Sehwa. Sehwa merasa ia tahu apa artinya, tapi ia tidak ingin tahu. Mungkinkah ketika ia sebelumnya menyebut lubang Sehwa sebagai 'mulut bagian bawah,' itu berasal dari pengalaman?
"Makanlah selagi aku bersikap baik. Kecuali jika kamu lebih suka alternatif itu."
"...."
"Jangan memberiku omong kosong tentang masih tidak enak badan ketika aku tahu kau dalam kondisi sempurna setelah dirawat dengan obat mahal."