PERJALANAN SUNYI KE LUAR ANGKASA

80 3 0
                                    


Serius. Meskipun gue tau Aura tu baik, tapi gue belum bisa berteman secara tulus sama dia. Bawaannya curiga mulu. Nggak tau deh. Pokoknya feeling gue negative mulu. Dan gue sama sekali nggak pengin tau atau denger dari Golan, gimana sebenarnya perasaannya kepada Aura. Tau deh. Pokoknya gue nggak pengin tau aja. Makanya kalau Golan mulai curhat soal Aura, gue selalu ngalihin pembicaraan. Ogah ngedengerinnya.

Baru jadi teman sebangku Golan aja, Aura udah menyita banyak waktu kebersamaan gue sama Golan. Gimana kalau mereka jadian? Gue pasti bakalan ditinggalin! Disuruh menyingkir. Ya pasti mereka nggak bakalan ngusir gue. Tapi kan gue sendiri yang harus sadar diri dan nggak boleh ngeganggu mereka. Makanya gue nggak suka sama Aura.

Nggak suka sama kedatangannya di dalam kehidupan gue dan Golan. Dia itu ibaratnya setetes air di daun talas. Eh salah! Setetes air di permukaan danau yang tenang. Bikin berubah semua yang sudah nyaman dan aman dalam hidup gue. Maka gue kesel sama dia.

Dan yang jelas gue ngerasa, kalau sebenarnya dia tu nggak suka sama Golan. Dia ngedeketin Golan karena pengin cari keuntungan bagi dirinya pribadi. Memanfaatkan kelebihan-kelebihan Golan untuk dirinya sendiri. Dan entah apa lagi maunya, gue nggak tau. Yang jelas, sebagai cewek, gue punya feeling, dia nggak menaruh hati secuilpun sama Golan.

Gue khawatir aja kalau sampai Golan jatuh cinta sama cewek itu. Bakalan patah hati dia seumur-umur! Bakal sakit hati dia. Makanya gue berharap Golan nggak terlalu dekat sama cewek itu. Syukur-syukur bisa ngejauh aja sekalian! Soalnya sejak ada dia, gue jadi agak kehilangan Golan. Dulu, kemana-mana kami selalu nempel mulu kayak amplop sama perangko. Sekarang, kadang gue harus jalan sendiri gara-gara Aura minta ditemani Golan ke perpus atau ke kantin. Dan gue nggak mungkin ngikut kan?

Gue itu anak tunggal. Cewek lagi. Terkadang gue mimpiin seandainya gue punya kakak laki-laki. Enak kali ya punya abang. Sumpah, gue rindu banget buat punya abang. Kayaknya punya kakak cowok tuh hidup bisa lebih aman dan terlindungi. Ya, dan akhirnya gue punya Golan dan bang Gibran. Dua cowok yang tak bertalian darah sama gue, tapi hanya disekat pagar halaman rumah. Sudah seperti keluarga sendiri.

Kadang gue nggak mau kehilangan sosok mereka sebagai seorang abang. Gue egois banget nggak sih? Kayaknya gue belum bisa terima kalau mereka harus berbagi perhatian sama cewek lain yang mereka cintai sebagai kekasih. Ya ampun, gue serakah amat ya? Padahal kayaknya kakak adik beneran aja nggak segitunya. Bahkan seorang adik seharusnya seneng kalau abangnya mulai ketemu sama cewek idamannya.

Tapi ya gimana mau ngejauhin Golan dari Aura, kalau Aura aja ngegelendot ke Golan mulu setiap hari. Belum lagi sering datang ke rumahnya dengan berbagai modusnya. Dan Golan juga seneng-seneng aja. Rela-rela aja. Bahkan tega nyuruh gue ngalah demi Aura! "Net, sorry ya, hari ini aku belum bisa ngajarin kamu PR Matematika yang kemarin kamu kasih lihat itu. Soalnya hari ini aku ada janji sama Aura buat nyelesaiin PR Kimia. Belajar Matematikanya besok sore aja ya." Hiiiiih!!!! Kesel banget gue digituin!

Belum lagi waktu semi final pertandingan basket antar kelas pas Hari Guru itu. Aura bikin konsentrasi gue jadi kacau. Biasanya kalau gue lagi tanding, Golan selalu kasih semangat dari lantai dua sekolah. Sendirian dia di sana. Setiap kali gue ngedongak, gue bisa langsung lihat dia kasih jempol. Gue merasa didukung banget. Sedangkan pas Hari Guru, Aura ikut-ikutan nonton di lantai dua. Bikin gue enek! Untung aja tetep masuk final.

Jadi kalau Golan suatu saat akan nanya,"Kamu sebegitu nggak sukanya sama Aura kenapa sih? Apa alasannya? Apa salah Aura ke kamu?" Maka gue bakalan jawab gini, "Salah Aura itu banyak banget! Dia selalu memaksa gue untuk membagi segala yang udah duluan gue punya ke dia! Dan gue nggak ikhlas!"

*

Marko ternyata tak sejelek yang kukira. Dia punya sisi baik. Nyatanya mau nolongin waktu aku pingsan di lapangan. Padahal selama ini dia tau kalau aku nggak begitu suka sama dia. Nyatanya dia nolongin aku. Hanya orang yang punya sisi kebaikan yang mau menolong orang yang jelas-jelas udah dia ketahui nggak suka sama dirinya. Dia nggak nganggep aku musuhnya, padahal selama ini aku begitu curiga dan sengak sama dia.

Kerlip di LangitTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang