The Prince's Secret (Drowning in Darkness)
Story by zhaErza
.
.
.
Cahaya mentari menyinari dunia, di sebuah pekarangan, seorang gadis mencoba menyamankan diri dengan duduk di pinggir kolam. Ia bukan tengah melihat ikan-ikan yang berenang di dalam sana atau menikmati suasana dan hangatnya sinar surya, namun ada yang lebih menarik atensi, yaitu rumput dan dedaunan kering. Sejenis akar-akaran yang sengaja dijemur di bawah terik menggunakan keranjang pipih berbahan rotan. Tangan terampilnya kini memeriksa kekeringan dedaunan, setelah merasa cukup, gadis berambut kecokelatan yang sedang dikepang pun mengangkat tiga buat keranjang sekaligus.
Benda tersebut ia bawa dengan hati-hati, masuk ke rumah yang ditinggalinya dengan seorang nenek yang telah mengasuhnya sedari kecil. Kimono bercorak sakura pun tertiup angin, saat ia melangkahkan kaki menaiki tangga dan memijak teras rumah berbahan kayu.
"Shizuka, apakah tanaman obatnya sudah cukup kering?" suara serak terdengar berserta dengan langkah kaki agak menyeret, juga dentuman tongkat memasuki indra sang gadis yang namanya baru saja disebutkan tadi. Lantas, langsung saja ia mendekati neneknya dan menjawab pertanyaan sambil memperlihatkan satu keranjang kepada wanita yang usianya hampir 70 tahun itu.
"Hm, iya, Nek. Ini lebih dari cukup."
Sang cucu tersenyum, dia adalah seorang tabib muda bernama Chizuuru Shizuka, satu-satunya keluarga dari Nenek Aiko yang merupakan seorang tabib mujarab dan terkenal hingga ke luar desa. Mereka tinggal di sebuah rumah sederhana yang letaknya cukup dekat dengan hutan dan bukit, kediaman mereka adalah satu-satunya yang berjarak paling jauh dari pusat desa, terletak di pinggir dan menanjak ke atas, tetangga paling dekat berjarak sekitar beberapa ratus meter dari rumah, namun hal itu tak masalah bagi penghuninya, karena mereka sudah terbiasa dengan situasi seperti ini.
Setelah menunjukkan isi keranjang, gadis itu berlalu dan melangkah menuju ruangan tempat menyimpan ramuan-ramuan buatan mereka. Ia membuka kotak penyimanan, memindahkan dedaunan ke dalam sana, lalu menutupnya dengan rapat. Pandangan mata yang kehijauan sekilas menyisir ruangan, sebelum dua buah kaki dibawa pergi menuju luar.
Cicitan burung baru saja bersautan, Shizuka berjalan menuju neneknya yang sedang duduk di teras sambil menyesab secawan teh hijau. Dari arah luar, tiba-tiba terdenga suara tangisan takut-takut, sesaat setelahnya tiba-tiba seorang wanita datang dan mengetuk pintu yang sengaja dibuka. Mengucapkan salam terlebih dahulu setelah dipersilakan masuk, sebagai tanda hormat kepada tabib paling mujarab di Kitsune no Sato. Terlihat dua orang mendekati Shizuka dan Aiko, seorang ibu muda dan juga anak lelakinya yang berwajah merah padam, karena sehabis menangis.
"Nenek Aiko, saya bersama putra saya memohon bantuan Anda. Dia terlampau nakal, hingga telapak kakinya terkena paku dan menjadi seperti ini. Sekali lagi, saya meminta bantuan Nenek untuk mengobatinya." Ibu berumur 30 tahun itu menundukkan tubuh bersimpuh dengan kedua tangan dan lutut berada di atas lantai berbahan tatami, lalu membantu sang anak untuk naik ketika pemilik rumah menyerukan agar mereka semakin mendekat untuk diperiksa.
"Anak seusia mereka memang sangat bersemangat ya, Bibi. Sekarang, mendekatlah ke sini agar lukanya bisa saya lihat. Hari ini nenek kurang sehat, jadi saya yang akan membantu mengobatinya." Shizuka tersenyum, kemudian dengan sigab mengambil air hangat dan handuk kecil untuk membersihkan terlebih dahulu luka sang anak, ia adalah seorang tabib muda, namun terkenal layaknya sang nenek.
Dengan perlahan, ia mengusapkan handuk untuk membersihkan luka, walau begitu tetap saja ada rintihan dari anak yang sedang menjadi pasiennya. Shizuka mencoba memberi semangat dan bersabar, mengalihkan fokus anak kecil itu kepada apa saja yang ia bisa. Ia bernyanyi, terkadang mendongengkan, hingga luka itu selesai dibersihkan. Matanya menatap ramah, dan semakin menyipit ketika ia tertawa kecil.
KAMU SEDANG MEMBACA
The Prince's Secret
FantasyRank #14 in Fantasy (13/10/2017) Sudah bisa didownload di google playbook. [18+] Shizuka adalah seorang tabib yang berasal dari Klan Chizuuru, yang tinggal bersama seorang nenek di Desa Kitsune. Suatu hari, penasihat kerajaan datang memintanya u...