DJB#3

38 2 0
                                    

"Bunda... Kenapa sarapannya sayur semua isinya? Gak ada ikannya?" Gerutu Kuri.

"Apa sih lo, berisik amat jadi orang. Harusnya lo bersyukur masih bisa makan. Bukan ngeluh gak jelas." Cibir Muri.

"Ono opo to Le? Bunda ra sempet blonjo neng pasar. Sak enenge sik yo Le!" (Ada apa Le-sapaan khas untuk anak laki-laki? Bunda gak sempat belanja di pasar. Seadanya dulu ya Le!)

"Tau bun. Si Mas emang mulutnya nyinyir. Minta disumpal cabe. Saudaranya kan ikan bun. Jadi kalo gak ada ikan ya gitu 'ndumel'. "

"Huss. Ra ilok ngomong ngono Ndhuk ro Masmu!" (Huss. Gak baik bicara begitu Ndhuk-sapaan khas untuk perempuan sama kakakmu!)

"Eh... Kampret, diem lo! Gimana nanti gue bisa semangat kalo gak ada ikan? Gak afdol makannya."

Duh Gusti, duwe anak loro kok yo ruwete ngene. Piye ruwete Pak Presiden ngurusi yutonan anak?-batin bunda Paijem.(Ya Tuhan, punya anak dua aja kok ya ribetnya begini. Gimana ribetnya Pak Presiden mengurusi jutaan anak?)

"Ono opo to Bun? Esuk-esuk kok wes ribut?" (Ada apa sih Bun? Pagi-pagi kok sudah ribut?)

"Wi Yah polahe anakmu lanang. Samben dino jalokane kudu ono iwak. Bunda ra sempet blonjo. Ming tinggal sayur. Lagian iki gek ngeterke Muri daftaran neng sekolahe Kuri. Duh bunda dredeg yah." (Itu yah tingkahnya anak lelakimu. Setiap hari mintanya harus ada ikan. Bunda gak sempat belanja. Hanya tinggal sayur. Lagipula nanti nganterin Muri pendaftaran di sekolahnya Kuri. Duh bunda deg degan yah)

"Le Nduk. Opo sing ono saiki disyukuri. Bunda ro Ayah wes kerep ngajari. Syukurono opo sing awakke dewe duweni. Rung mesti kabeh uwong sebejo awakke dewe. Gek kanggo kowe Le, jalok pangapuro ro bundamu. Ojo dadi anak sing gawe gelo. Bunda wes repot ngurus iki kui. Opo meneh saiki Muri wes rep daftarke sekolah." (Le Ndhuk. Apa yang ada sekarang disyukuri. Bunda sama Ayah sudah sering mengajari. Syukuri apa yang kita punya. Belum tentu semua orang seberuntung kita. Dan buat kamu Le, minta maaflah sama bundamu. Jangan jadi anak yang bikin kecewa. Bunda sudah repot ngurus ini itu. Apa lagi sekarang Muri sudah mau daftar sekolah).

"Iya yah. Bunda maafin Kuri ya. Seharusnya Kuri gak boleh ngomong kaya gitu. Maafin Kuri ya bun?"

"Iyo Le, bunda ngapuro. Wes ayo donga disik gek sarapan. Bar kui bareng daftarke sekolah Muri. Semangat yo Ndhuk mugo kowe ketompo."  (Iya Le, bunda maafin. Sudah ayo doa dulu terus sarapan. Habis itu sama-sama daftarin sekolah Muri. Semangat ya Ndhuk semoga kamu diterima).

"Makasih bunda. Muri bakal usaha sebaik mungkin. Karna cita-cita Muri buat bisa masuk performer di sekolah."

Pssst... Jangan heran kalo mereka ngomongnya satu Indonesia satu Jawa. Di awal sudah dijelaskan kalo keluarga mereka Jawa tulen. Sekalipun mereka memakai bahasa berbeda, namun paham maksud ucapan masing-masing. Cuman kalo buat ngomong memang lidah mereka keseleo 😂😂😂😂😂😂

Diary Jomblo BaperTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang