Baca judulnya aja bingung. Ini tenses maksudnya gimana ya? Past future... masa lalu - masa yang akan datang? yang kayak apa sih sebenarnya past future itu?
Past Future & Past Future Continuous disebut juga dengan untrue/ unreal (contrary to fact) di dunia present ataupun future. Untrue (contrary to fact) yang dimaksud adalah bertentangan dengan fakta yang ada saat ini maupun nanti di masa yang akan datang. Tenses ini lebih cenderung untuk kalimat pengandaian. Misal nih kalimatnya kayak gini: Kalau aku ada disana sekarang, aku akan membuatkanmu nasi goreng. Faktanya, aku nggak ada disana sekarang ini. Jadi aku nggak bisa buatin kamu nasi goreng.
Biar nggak makin penasaran, yuk dibaca-baca dulu.
A1. Rumus Active Voice Past Future
(+) S + would + V1 (+O + Adv.)
(-) S + would + not + V1 (O + Adv.)
(?) Would + S + V1 (+O + Adv.)?
(-?) Would + S + not + V1 (+O + Adv.)?
Wouldn't + S + V1 (+O + Adv.)?
e.g.:
(+) He would call you.
(-) He would not call you.
(?) Would he call you?
(-?) Would he not call you?
Wouldn't he call you?
A2. Rumus Active Voice Past Future Continuous
(+) S + would + be + Ving (+O + Adv.)
(-) S + would + not + be + Ving (O + Adv.)
(?) Would + S + be + Ving (+O + Adv.)?
(-?) Would + S + not + be + Ving (+O + Adv.)?
Wouldn't + S + be + Ving (+O + Adv.)?
e.g.:
(+) We would be waiting for you.
(-) We would not be waiting for you.
(?) Would we be waiting for you?
(-?) Would we not be waiting for you?
Wouldn't we be waiting for you?
B. Rumus Nominal Sentence Past Future = Past Future Continuous
(+) S + would + be + ANA
(-) S + would + not + be + ANA
(?) Would + S + be + ANA?
(-?) Would + S + not + be + ANA?
Wouldn't + S + be + ANA?
e.g.:
(+) We would be ready.
(-) We would not be ready.
(?) Would we be ready?
(-?) Would we be ready?
Wouldn't we be ready?
C. Fungsi Past Future = Past Future Continuous
1. Bermakna 'akan' dalam Conditional Sentence (penjelasan lengkap di bab conditional sentence yak)
e.g.:
- If he were here right now, he would help us. (Seandainya dia disini sekarang, dia akan membantu kita)
fact: He is not here. (Faktanya, dia tidak ada disini sekarang)
2. Bermakna 'akan' dalam Reported Speech (penjelasan lengkap di bab Reported Speech yak)
Direct speech: She said, "I will buy a new car."
Indirect speech: She said that she would buy a new car.
3. Bermakna 'seharusnya' atau 'akan' untuk menyatakan rencana yang gagal (kegiatan yang akan dilakukan di masa lampau tapi belum terlaksana)
e.g.:
- I would come to your house, but it was heavily raining. (aku seharusnya datang ke rumahmu, tapi hujan deras sehingga aku tidak datang ke rumahmu)
nah, gambaran umumnya seperti itu yak. Nanti ketentuan lengkapnya untuk penggunaan kedua tenses ini akan dibahas di materi Conditional Sentence dan Reported Speech.
Semoga bermanfaat
See ya ^_^
KAMU SEDANG MEMBACA
Basic Grammar ala Kampung Inggris
RandomBelajar grammar dasar dengan cara yang simple dan mudah diingat. Materi dibagi menjadi 2; part of speech (pos) dan tenses agar lebih mudah dipahami. Ada yang mungkin beranggapan seperti saya dulu pas belajar di Kampung Inggris 'ngapain juga belaj...