#23: Kue Lebaran

45 4 0
                                    

Bintang Tamu: Sarah Sechan

***

Tempat: Rumah Bu RT
Waktu: Siang hari

Puasa hari ke-17.

"Duh, nggak kerasa bentar lagi Lebaran. Perasaan baru hari pertama puasa" gumam Bu RT sambil ngelap meja ruang tamu.

Tiba-tiba, bel rumah berbunyi.

PREET.

Bel apaan itu, suaranya kek gitu? -_-

"Sebentar"

Begitu pintunya dibuka, rupanya ada Jeng Sarah mendatangi rumahnya. Btw, Jeng Sarah ini sahabat lamanya sejak SMA, tapi beda sekolah.

"Assalamu'alaikum Bu RT!" sapanya.

"Waalaikumsalam, Jeeeng! Ya ampuuun, dah lama nggak ketemuuu!" kata Bu RT antusias.

Mereka saling cipika-cipiki, kemudian duduk di sofa ruang tamu.

"Ah, nggak lama-lama amat kok, Bu. Cuma empat hari doang" kata Jeng Sarah.

"Eh, eh, gimana kemarin jalan-jalan ke Singapur?" tanya Bu RT.

Jeng Sarah mendadak mengernyutkan dahi. Dia bingung.

"Singapur? Cimahi kali, Buuu"

"Oh iya, Cimahi! Gimana suasananya?"

"Baguus banget. Jadi betah lama-lama disana"

"Ah, jangan lama-lama dong, Jeng. Nanti aku jadi kangen, lho"

"Hehehe"

Kemudian, Jeng Sarah mengeluarkan sesuatu dari tas mehong(*)-nya.

"Oh ya, kemarin abis pulang dari Cimahi, aku dikasih kue nastar sama ibuku" ujarnya.

Lalu dia memberikan setoples kue tersebut kepada Bu RT.

"Ini nastarnya beda, lho. Kan kalo nastar biasa isinya selai nanas, kalo ini isinya oncom. Unik, kaaan?" lanjut Jeng Sarah.

Pedes, dong? :(

"Waduuuh... Kayaknya enak, nih. Hehe" kata Bu RT sedikit panik.

"Oh ya, Bu, tahun ini kamu bikin kue Lebaran, nggak?" tanya Jeng Sarah.

"Hmm.. Kurang tau, deh, Jeng" jawab Bu RT.

"Lho? Kok kurang tau?"

"Iya. Sebenarnya, aku galau, nich. Pengen sih bikin kue Lebaran, tapi aku bingung. Nanti kuenya enak apa enggak"

"Ooh, cuma gitu doang? Yaa kalo gitu, beli aja, Bu"

"Beli ke mana?"

"Ya ke toko kue lah, Buu"

"Iya, aku tau. Cuman ke toko kue yang mana?"

"Hm.. Kalo gitu, cari aja, Bu, di olshop. Biasanya disana banyak yang jualan kue Lebaran"

"Olshop?"

Tiba-tiba, Bu RT teringat sesuatu setelah mendengar Jeng Sarah nyebut "olshop".

"Oh iya! Aku baru ingat! Di komplek ini, ada warga yang punya olshop gitu!" ujar Bu RT.

"Naah, kalo gitu, beli disana aja!" kata Jeng Sarah.

Bu RT mengangguk-ngangguk. Setelah berbincang-bincang, Jeng Sarah berpamitan kepada sahabatnya itu, katanya sih, udah sore. Padahal masih jam 2 siang.

Eh, kira-kira dia jualan kue juga, nggak, ya?, gumamnya dalam hati.

***

Tempat: Rumah Darto
Waktu: Masih siang

Terlihat Bu RT mendatangi rumahnya Darto. Dia berbincang kepadanya perihal kue Lebaran. Perbincangan itu berlangsung serius, layaknya sidang skripsi.

"Aduh, belum kepikiran kayaknya, Bu" sahut Darto.

"Kenapa belum kepikiran?" tanya Bu RT.

"Jadi gini, Bu. Sekarang ini, saya masih ngejualin takjil. Belum kepikiran sama sekali mau jualan kue Lebaran juga"

"Terus, kapan mau jualan kue juga?"

"Hm.. Nanti saya tanyain deh ke Enyak. Lagipula, kok Ibu kayak maksain saya jualan kue, sih?"

"Duh, maaf, deh, kalo saya kayak maksa gitu. Padahal, nggak ada niatan sama sekali maksain kamu. Sebenarnya, saya pengen bikin kue, tapi saya takut kue saya jadi nggak enak, kayak tahun kemarin"

Jadi, Bu RT pernah bikin kue tahun lalu. Tapi, pas dibagiin ke warga, kata mereka kuenya Bu RT nggak ada rasanya. Hambar, gitu.

"Mungkin Ibu naruh gulanya kurang, kali. Atau mungkin lidah mereka sempat ada kesalahan teknis pas lagi nyobain" ujar Darto.

Bahasamu, Pak. Ribet sekali :v

"Lah? Masa iya, sih, lidah ada kesalahan teknisnya juga? Emangnya alat elektronik?" celetuk Bu RT.

"Hm. Gini aja, Bu. Gimana kalo kita kerja sama aja bikin kue?" usul Darto.

Bu RT berpikir sejenak.

"Menarique. Kira-kira kapan kita bisa bikinnya?" tanyanya.

"Hm.. Saya tanyain ke Enyak juga nanti" jawab Darto.

"Ya udah, kamu tanyain ke Enyak kamu dulu. Ibu balik dulu, ya. Mau siapin takjil"

"Oke, Bu"

Dan perbincangan itu berakhir.



(*) : mahal

***

Bonus:
Postingan Instagram Andre baru-baru ini.

iniandre

❤ 295 likesiniandre Jam segini liat kurma jd kayak liat kecoaSee 123 commentsinidanang Lah, bukannya liat kecoa kayak liat kurma, ya?inisule kebalik, burhan

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

295 likes
iniandre Jam segini liat kurma jd kayak liat kecoa
See 123 comments
inidanang Lah, bukannya liat kecoa kayak liat kurma, ya?
inisule kebalik, burhan.
inivincent Tapifotosamacaptionnyambungkokkayaktulisaninihehe

Gaje, kan?















Enjoy! 😉

Geledek SquadTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang