3 : Suddenly

2.9K 471 135
                                    

10 Mei 2017

Alhamdulillah.

Gue harus bagi-bagi makanan nih ke para gelandangan —Devan, Bagas, dan Gibran contohnya— karena tadi gue berhasil lolos dari selepetan Bu Ani.

Nggak nggak, bukan Bu Ani main sarung terus diselepet gitu tapi gulungan kertas absen yang kemudian suka beliau pakai buat nabokin anak-anak yang telat masuk sekolah.

Pada akhirnya gue telat juga sih, hadeh sia-sia gue skip mandi jadinya. Tapi, untungnya hari ini adalah hari di mana jadwalnya Bu Ani lagi baik selama sekali dalam satu bulan jadi gue berhasil lolos dari tabokan dahsyatnya. Cuma tadi kena semprot dikit aja karena beliau tau gue pengurus OSIS tapi terlambat hehe maaf Bu, tapi saya juga kepengen nakal lah sekali-sekali.

Gue buru-buru jalan ke kelas karena pelajaran Pak Arif udah mau mulai. Tapi, di tengah jalan gue malah ditarik sama si tukang ngupil ke kantin. Hadeh nggak tau deh ini tangan dia udah dicuci apa belom main narik-narik gue aja.

"Ihh Devan! Ntar kalo diamuk Pak Arif gimana?" omel gue sambil ngelepasin rangkulan cowok tinggi ini. Ya tapi badan Devan udah macem tiang listrik sih, udah tinggi, kuat juga kan? Bisa apa gue selain pasrah diketekin gini.

"Kata Bagas —ketua kelas gue sama Devan— guru-guru lagi pada rapat sibuk ngurusin agenda kelas 12, jadi sekarang gue mau sarapan dulu," kata Devan sambil nyengir.

Perasaan tadi gue baru niat mau nraktir dia deh, tapi kenapa udah ditodong duluan?

Tapi, nggak apa-apa deh kalau di kantin paling banter dia cuma minta ketopraknya Mas Mul sama es milo Bang Riko, lain cerita kalau minta traktir di luar bisa-bisa dia nyeret gue ke kafe terus profesi gue berubah jadi tukang fotografer. Dasar anak milenial!

"Ya udah, buruan sana pesen."

"Asikk, bentar ya sayang," Devan pun berjalan ke arah biliknya Mas Mul dan kembali dengan sepiring ketoprak di tangan lengkap dengan kerupuk sekantong plastik.

"Tumben lo Ca, telat," kata Devan sambil menyuap sesendok ketoprak. Duh gayanya Devan udah mirip kuli bangunan lagi makan, lahap banget.

"Iya nih, semalem kebablasan mimpi indahnya," kata gue sambil nyemilin kerupuknya Devan.

Suasana di kantin cukup sepi cuma ada beberapa siswa yang jajan, tapi kemudian masuk kelas lagi. Nggak kayak si Devan nih malah santai banget makan di kantin pas jam pelajaran.

"Eh iya, Ca" Devan mengangkat wajahnya. "Kemaren gimana?"

"Hah? Ohhh hehe," gue refleks tersenyum sendiri.

"Nggak jadi deh, udah kebaca dari muka lo. Pasti diajak makan terus digembelin makanya lo senyum-senyum terus," ujarnya.

"Heh sialan masa Kak Yoga dibilang gembel. Orang cuma nyari kado terus makan abis itu pulang. Nggak diapa-apain."

"Emang mau diapain, Ca?" Devan bertanya dengan muka meledek.

Gue tersenyum manis, "Van, ntar kalo udah selesai bayar sendiri ya."

"Ehh jangan ngambek gitu dong. Gue kan cuma nanya," bujuk Devan lalu mengacak-acak rambut gue.

"Aaahhh Devan mah! Gue tambah buluk nanti!"

"Eh, serius cuma gitu doang? Dia nyari kado apaan emang?"

"Nyari kado buat sepupunya yang masih SD. Tapi, Van, masa dia beli kalung," ucap gue sambil melipat tangan di atas meja.

Devan berhenti menyuap, "Kalung?"

"Iyaaa, jadi kan gue lagi liat-liat kalung nah tiba-tiba dia ngambil kalung yang lagi gue pegang."

IMMATURETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang