23. Lelaki Shalih

2.9K 523 101
                                    

Bismillahirrahmanirrahiim...

Kahfi's Pov

Ya Allah... Ada apa dengan keluargaku?

Pertanyaan itu yang beberapa hari ini gue ucapin terus.
Gue heran aja, ini ujian lagi pada lebaran di rumah gue apa gimana ya, sampe kita dibombardir kaya mau napas aja tuh susah, tau gak sih?

Ya Allah... Masalah kakak, masalah gue, si bontot anak kepop, dan Abati yang sekarang undur diri dari tugas-tugasnya. Udah gak tau berapa orang yang tadi ditolak Abati pas datang buat mengajukan undangan ceramah. Kan gue juga yang ketimpaan, gue yang kebagian ngisi undangan yang udah terlanjur dijadwalin sebelum-sebelumnya. Dan gue juga yang harus pasang diri buat jawabin kebingungan jamaah-jamaah yang nanyain kenapa Abati tiba-tiba ngilang.

Padahal Abati ada. Disini, gak kemana-mana... Cuma, ghirahnya aja yang ilang.

Gak bisa. Ini gak bisa dibiarin lama-lama berlarut-larut sampai semuanya jadi semakin gak beres. Gue sebagai anak laki satu-satunya harus turun tangan.

Pertama-tama, coba bicara sama Abati.
Usulin kalo mungkin sebaiknya Bang Odi dipanggil buat jemput kakak lagi.
Ya gue tau ini ekstrim, kakak bisa bunuh gue nanti. Tapi, se-feeling gue, pas kakak udah ketahuan gini pasti permohonan perceraiannya juga bakal ditinjau ulang terus ditolak mentah-mentah karena udah ketemu permasalahannya adalah cuma kakak yang gagal move on sama cinta pertamanya. Udah terpampang nyata dari chat-chat mereka yang gue anggap, berani.

Kenapa gue bilang berani? Ya apa dong kalo bukan?
Gue aja selaku orang yang ngenalin kakak sama kak Farhan juga kaget pas tau ternyata mereka masih konek bahkan setelah kakak nikah. Gue gak kebayang sih gimana malunya orang tua gue, gue aja malu sama Bang Odi kalo sampe Bang Odi tau masalah sebenernya.
Nah, mendingan kakak cepetan dibalikin aja kan ke suaminya? Biar gak belibet lagi.
Eh Alhamdulillah, Abati acc!

Next, tinggal ngelobi kakak. Ngomong dari hati ke hati. Tanyain sebenernya kakak tuh maunya apa?
Gini-gini kan gue laki. Yaa, sedikit banyak bisa nilai lah selayak apa Bang Odi buat kakak gue satu-satunya itu.

"Kak, coba deh. Sekali aja... Pernah gak sih kakak liat ke mata Bang Odi. Perhatiin... Kalau yang bersinar disana cuma ada kakak. Menurutku sayang aja sih kalo misalkan kakak sia-siain Bang Odi yang udah bersedia memulai hidup baru cuma sama kakak"

Krik... Krik... Krik...

"Kak, kakak tuh sebenernya udah nyia-nyiain tempat senderan sambil elap ingus paling nyaman loh. Disitu, di dadanya Bang Odi. :3"

Gubrak!
Ditimpuk bantal dong.

Oke dua kali percobaan, gagal. Kayanya ngomong menye-menye gitu gak berhasil. Coba plan B.

"Kak... Emang sebenci itu kakak sama Bang Odi? Padahal Bang Odi tuh banyak fans nya loh. Udah cakep, ilmu agama mantep, kerjaannya juga udah tetep. Emang gak pernah ada percikan gitu, kak? Apa mata kakak yang emang siwer?"

"Diem ah! Kakak benci semuanya! Percuma cakep, agamanya bagus tapi gak diamalin dan gak di dakwahin."

Yes. Kepancing.
Oh jadi itu masalahnya?
Yaelah. Sepele.
Kakak nih masih terlalu kaku deh, emang orang soleh cuma yang terang-terangan beramal, terang-terangan pake peci terus ceramah terus tiap hari? Hmmm... Dokter kan juga ada yang soleh, profesor juga ada yang rajin dzikir, bahkan presiden juga ada yang hapal quran. Apalagi yang emang belajar agama dari kecil di pesantren sampe gede di kuliahan. Kalo dia sedikit nyeleneh, paling gak, gak sebrutal yang sama sekali gak belajar agama.

Yaa Abati [SELESAI]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang