Sebelumnya, ada hal penting yang perlu saya umumkan untuk pembaca atau calon pembaca cerita ini. The Billionaire's Love Child BUKAN KARYA PLAGIAT. Cerita ini bukan terjemahan dari cerita berbahasa Inggris dengan judul serupa. Saya pun baru tahu ada cerita dengan judul sama yang terbit 2015 pagi ini.
Pagi ini, saya dikagetkan dengan pesan pribadi yang menyuruh saya untuk memberikan kredit kepada "penulis asli" The Billionaire's Love Child. Katanya, saya sudah menerjemahkan karya orang lain dengan lancang. Saya jelas kaget karena yakin tidak pernah MENCURI karya orang lain. Saya bahkan selalu marah kepada orang yang memplagiat penulis lain.
Jadi sekali lagi perlu saya jelaskan. Memang ada tulisan bahasa Inggris berjudul "The Billionaire's Love Child" (Seperti saya bilang, saya baru tahu. Setelah mendapat pesan pribadi, saya cek dan ternyata ada), tetapi dari blurb-nya saja sudah terlihat bahwa isinya JAUH BERBEDA!
Kalau kesamaan judul yang dipermasalahkan, banyak sekali novel-novel berjudul sama. Contohnya: 'Joyland' karya Emily Schulz dengan 'Joyland' karya Stephen King, 'Life After Life' karangan Jill McCorkle dengan 'Life After Life' by Kate Atkinson, 'I See You' karya Clare Mackintosh and 'I See You' karya Gregg Hurwitz, atau 'From Here to Eternity' oleh James Jones and 'From Here to Eternity' oleh Caitlin Doughty.
Karya disebut plagiat jika ISI CERITANYA SAMA, bukan judulnya yang sama. Semoga paham, ya. Cerita Alina, Ramona, dan Manuel adalah ciptaan saya sendiri, mungkin terinspirasi dari berbagai film dan buku yang pernah saya baca tetapi ramuan yang tertuang dalam cerita Alina murni dari kepala saya.
Tuduhan pencurian karya bukan hal yang main-main. Kita harus teliti sebelum melemparkan tudingan kepada seseorang bahwa karyanya adalah plagiat.
note: dari nama pengguna, saya yakin yang mengirimi pesan adalah orang Indonesia, atau paling tidak mengerti bahasa Indonesia. Jadi, saya sangat kecewa dengan tuduhannya sebab saya yakin dia bisa saya mengecek cerita ini apakah sama atau tidak dengan The Billionaire's Love Child versi Bahasa Inggris.
.
.
.
Baca juga cerita yang terbit 3x seminggu ini:
https://www.wattpad.com/story/206761292-intertwined atau buka saja di akun breeyaretzi.
KAMU SEDANG MEMBACA
The Billionaire's Love Child
RomanceBuku pertama The Billionaire Series Ramona Martinez menjadi seorang ibu di usianya yang masih sangat muda. Tidak ada seorang pun selain dirinya yang tahu bahwa ayah dari anaknya bukanlah pria sembarangan. Keluarga pria ini secara turun temurun memp...