Menjelang tuamat. (Nangis, dipojokkan kamar gue)
~Happy Reading~
Gue selonjoran di bangku panjang sembari natap ke arah bawah—jalanan—yang mulai dipadati beberapa kendaraan.
Meratapi nasib gue yang dipastiin bakalan jadi single-parents. Hidup sendiri, ngebesarin anak gue.
Mau gak mau gue, harus, mesti, kudu, siap buat itu semua.
Ya...
Kemarin pas kejadian di gedung, mamah nolak mentah-mentah sih om. Bahkan sih om udah sujud dikaki sih mamah, tapi tetep aja gak bikin hati mamah goyah.
Mamah juga ngejelasin kenapa slama ini dia pacarin sih om, itu karna dendam masa lalu. Jadi dulu, mamah pacaran sama cowok yang ternyata sekarang itu ayahnya samuel, terus gak lama tiba-tiba ada cewek yang jadi pho, nah phonya itu mamihnya sih om.
Real. Cuma karna dendam, ga ada unsur-unsur cintanya.
"Masih pagi kok bumil udah bengong di balkon gini sih?"
Mamah dateng dengan selimut tipis di tangannya, "bumil mau sarapan apa? Biar mamah masakin"
Gue ngegeleng, dan nerima selimut yang dikasih sama mamah.
"Lusa, Kita pulang ke indonesia, ya"
"Pulang kampung, mah?"
Nada gue rada lesu. Bukannya gimana-gimana, di negara ini tuh banyak banget kenangan yang udah gue lewati.
Mulai dari kisah cinta pertama gue, sampe kehamilan gue—
"Iya. Kita tinggal sama eyang"
Gue cuma bisa ngeiyain tanpa nolak, mulut lagi mager buat ngebacot.
"Oh iya, dek, mamah mau keluar bentar ya, itu di meja udah mamah bikinin roti bakar buat kamu sarapan"
"Mau kemana, mah?"
Gue gak tau kenapa, kayaknya semenjak kehamilan, tingkat keparnoan gue—sendiri di rumah—jadi tinggi banget.
"Ngurusin surat kepulangan kita"
Kayaknya, gue bakalan bener-bener tinggal tetap di Indo, tanpa balik kesini lagi.
•
Sembari gigit roti, gue ngebuka pintu—gegara ada yang mencet bel aparat gue.
Gue nyerit.
Reflek, tiba-tiba tangan gue nyengkrem gagang pintu, gegara ngeliat tamu yang dateng.
MAMIHNYA GUANLIN, coi!
"Saya ini orang, bukan setan. Jadi tolong kontrol muka kamu"
Gue ngedehem pelan dan natap sinis dia. Dikit doang sih natap sinisnya, biar gimanapun dia mantan mamer gue.
"Tante ada perlu apa—"
"Harusnya sebagai calon menantu yang baik, kalo calon mertuanya bertamu itu diajak masuk dulu mertuanya, diseduhin teh, baru ditanya tujuan berkunjung ke rumah mau apa, bukannya kayak gini"
Gue stuk di tempat; berusaha mencerna ucapan mamihnya sih om yang bikin bingung. Bingung sebingung-bingungnya.
"Ck. Kenapa Guanlin harus nyari calon istri yang iq nya jongkok gini sih? Minggir ah, saya pegel"
Badan gue digeser pelan sama dia, terus dia langsung masuk ke dalem apart gue.
Gue nutup pintu dan nyusul tuh tante-tante ke dalem—
"Besan saya kemana, mil?"
Gue nyerit lagi, wah, jangan-jangan nih orang salah masuk apartement.
"Tante salah masuk apartement, ya?"
"Saya tanya, emangnya ada penghuni apart sini selain kamu yang berhasil bikin anak saya jadi berubah kayak bucin jaman now?"
Gue reflek ngegeleng.
Sumpah.
Reflek.
"Nah!"
"Terus kenapa tante panggil saya mil? Udah gituh, pake acara ngomongin menantu, mertua, sama besan lah, padahal—"
"Mil itu singkatan dari bumil. Dan soal menantu, mertua, sama besan, kenapa kamu harus bingung?"
"Saya bukan menantu tante, terus tante juga bukan mertua saya, lalu mamah saya bukan besan tante"
"Emang bukan, tapi akan"
"Maksud tante?"
Mamihnya om ngehembusin nafas kasar, "karna saya sayang sama anak semata wayang saya, saya terpaksa buat setuju dengan pernikahan kalian"
"Gak usah capek-capek buat setuju sama pernikahan mereka. Karna saya, dengan keras menolak hubungan mereka"
Tiba-tiba mamah pulang dan motong ucapan tante.
"Tasha...." panggil mamih sih om pelan, "masa sih cuma karna dendam masa lalu kamu ngerelain kebahagiaan Acel beserta baby nya?"
Nada dia berubah jadi melas banget. Beda pas ngomong sama gue.
"Jangan buat seolah-olah anak saya tergila-gila sama anak kamu, anak saya bisa bahagia tanpa Guanlin, ya kan cel?"
Mati.
Jawab apa nih gue?!
KAMU SEDANG MEMBACA
Papi ; GUANLIN✔️
Fanfiction#1 in fiksipenggemar (30 Desember 2019) {COMPLETE} Untung masih calon papih, jadi masih bisa nikung dikit^^ ⚠️hardword ⚠️non-baku ⚠️un-faedah ⚠️banyak typo