TIPS MENULIS #5 : Character Arc

12.4K 1.2K 113
                                    

Sudah pernah dengar tentang  Character Arc? Salah satu pilar penting dalam sebuah cerita adalah Character Arc. Malah, buat aku Character Arc adalah inti dari cerita. Aku akan berbagi beberapa pengetahuan tentang Character Arc. Yuk!

1. Apa sih character arc itu?

Character Arc adalah transformasi perjalanan sebuah karakter dalam cerita. Nah, transformasi mereka itu yang biasanya membangun cerita menjadi lebih menarik.

2. Bagaimana cara membuat Character Arc?

Ciptakan sebuah karakter di awal cerita kemudian beri dia masalah (konflik) - biasanya konflik ini berasal dari apa yang dipercayainya selama ini ternyata salah - lalu di akhir, setelah mengetahui kebenarannya, sifat karaktermu akan berubah.

3. Contohnya?

Misalnya di awal karaktermu percaya bahwa pemerintahan tempat tinggalnya adalah pemerintah yang adil, makmur dan selalu mengutamakan rakyatnya sehingga karaktermu sangat bangga pada pemerintahan itu - yang kenyataannya ... bohong. Pemerintahan itu korupsi, bobrok parah. Ketika mengetahui fakta itu, karaktermu akan merasa dikhianati selama ini oleh keyakinannya, sekaligus oleh pemerintah. Yang awalnya karaktermu selalu berpositif thinking, optimis dan percaya diri atas keyakinannya, kini jadi lebih berhati-hati, tidak gampang percaya terhadap fakta-fakta baru / orang dan akhirnya, bisa jadi, pendendam - ingin melumpuhkan pemerintahan itu.

ATAU

Misalnya di awal karaktermu adalah seseorang yang tamak, sombong, dia rakus, gila kekuasaan dan uang. Ketika suatu hal buruk menimpa hidupnya, karakternya akhirnya berubah menjadi bijak dan baik.

4. Apakah dalam cerita harus memakai Character Arc?

Ya gak juga.

Character Arc itu terdiri dari macam-macam jenisnya. Ada positive character arc, ada negative character arc dan flat character arc. Positive character arc adalah ketika karakternya berubah menjadi lebih baik di akhir cerita. Negative character arc adalah ketika karakternya berubah menjadi lebih buruk. Sementara flat character arc adalah ketika karakter itu tidak berubah sama sekali. Meskipun dia sudah mengetahui kebenarannya di tengah cerita, tapi karakter itu tetap sama seperti di awal - tidak berubah sama sekali di akhir cerita, malah justru dunia di sekelilingnya yang berubah.

5. Contoh dalam novel / serial TV?

Ada banyak banget contoh dalam novel / serial TV. Beberapa yang aku suka adalah ;

a. Daenerys Targaryen - ASOIF / GOT

Awalnya Dani gadis yang polos dan selalu menurut sama kakanya. Namun, seiring berjalannya waktu dan segala hal buruk yang telah menimpanya, dia berubah menjadi wanita yang kuat, mandiri bahkan menjadi ratu. Di awal dia sama sekali tidak memiliki ambisi pada tahta, tetapi dia berubah dan menginginkan tujuh kerajaan lebih dari apa pun.

b. Sansa Stark - ASOIF / GOT

Di awal seri Sansa Stark adalah gadis yang lemah dan kekanak-anakan. Ketika ayahnya meninggal dipenggal dan Jofrey serta Cersei selalu berlaku kasar padanya *spoiler btw* dia berubah jadi lebih kuat. Sansa belajar dari segala kepahitan hidup yang pernah dirasakannya. Dia berakhir menjadi Ratu Utara di akhir seri.

c. Rachel Green - Friends

Awalnya Rachel adalah karakter yang boros, kelewat manja, bawel, pokoknya nyebelin banget deh. Namun, teman-temannya serta perjalanan hidup yang naik turun (mulai kerja - sebelumnya belum pernah kerja, patah hati, apartemen kebakaran, pengkhianatan teman dll) mengubahnya jadi seseorang yang kuat. Di akhir seri dia mendapat tawaran kerja (meninggalkan Raph L agar bisa kerja di Paris, jadi seorang ibu satu anak dan cinta yang kuat pada pasangannya.)

d. Mia - Mia is Mine!

Awalnya Mia seseorang yang rapuh, sulit percaya sama orang dan berhati-hati dalam mengambil keputusan. Namun, ketika dia mengenal Marc dan menjalani berbagai konflik dalam hubungan mereka, Mia berubah menjadi wanita yang kuat, percaya pada Marc, dan berani mengambil resiko.

ITU DIA tentang character arc! Semoga membantu!

PS. Aku taroh video perjalanan / character arc Rachel Green di atas.

Terima kasih sudah membaca :)

Kalo punya pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.

Aku post tips menulis tiap hari rabu.

Jamnya gak tentu. Kadang bisa pagi, kadang sore, kadang malem jadi follow aku supaya gak pernah ketinggalan ya!

Mia is Mine! Fearless tersedia di nulisbuku.com.

Link di bio dan di kolom komentar :)

See ya!


Dengarkan laguku di youtube channel ini:

Cara Cepat Menjadi Penulis Hebat : TIPS MENULISTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang