Kamu masih inget tips aku bahwa kunci cerita cinta yang kuat adalah pengekangan?
Kunci ini akan semakin kuat apabila karakter utama dan love interest (seseorang yang disukai oleh karakter utama) memiliki penghalang yang nyata.
Apa maksud dari penghalang yang nyata?
Penghalang yang nyata adalah sesuatu atau seseorang yang menghalangi karakter utama dengan love interest untuk bersama. Dia berdiri di tengah-tengah mereka dan menciptakan konflik.
Penghalang ini harus benar-benar nyata, bukan hanya rekaan penulis seperti; karakter utama cinta sama love interest, cuman dia ragu apakah dia beneran cinta atau nggak, dia ragu mau ngehubungin love interest atau nggak, dia ragu mau bunuh diri atau nggak... Oh, C'mon!
Penghalang harus lebih dari itu.
Beberapa tahun yang lalu, penghalang dalam cerita yang populer adalah seperti :
"Aku nggak bisa sama kamu karena orang tua kita saling membenci."
"Aku nggak bisa sama kamu karena orang tuaku benci sama kamu."
"Aku nggak bisa sama kamu karena kakakku benci sama kamu."
Itu adalah contoh penghalang eksternal. Sesuatu atau seseorang dengan jelas menghalangi mereka.
Well, penghalang itu masih bisa berhasil, tapi itu udah ketinggalan jaman. Iya, masih bisa berhasil, tapi out to date.
Sekarang ini, ada penghalang yang lebih nyata dan lebih efektif digunakan.
Penghalang itu adalah internal obstacle atau penghalang internal.
Penghalang internal ini berasal dari diri karakter utama sendiri atau love interest.
Yang biasanya melibatkan emosi. Ketakutan, kemarahan, kebencian pada diri sendiri, ketidaksabaran dan berbagai ketidakamanan serta konflik batin dapat menyabotase usaha karakter utama untuk maju, terlepas dari apakah karakter utama memiliki rintangan eksternal atau tidak.
Misalnya :
"Aku nggak bisa sama kamu karena kamu vampir."
"Aku nggak bisa sama kamu karena aku mermaid."
Atau penghalang yang lebih relatable lagi, seperti di drama Korea.
"Aku nggak bisa sama kamu karena aku tentara. Aku bisa mati kapan aja."
"Aku nggak bisa sama kamu karena aku dokter. Aku sibuk."
"Aku nggak bisa sama kamu karena kamu udah punya istri."
"Aku nggak bisa sama kamu karena kamu anak majikan aku."
Kalau kamu pecinta K-Drama pasti kamu langsung tahu itu berasal dari drama mana aja :p
Penghalang internal lebih kuat, lebih relatable dan mudah diingat.
Ketika karakter utama dan love interest memiliki penghalang internal ini, kunci pengekangan dalam kisah cinta akan mudah tercapai. Karena bagaimana pun juga, karakter utama akan mengambil segala risiko untuk bersama orang yang dicintainya ---- dan itu yang akan didukung oleh pembaca!
Okay. Itu dia tips dari aku, semoga membantu!
Aku update setiap hari rabu. Follow supaya gak pernah ketinggalan :)
Beli bukuku di nulisbuku.com link ada di profil bio :)
Dapatkan lebih banyak tips menulis di youtube chanell-ku:
KAMU SEDANG MEMBACA
Cara Cepat Menjadi Penulis Hebat : TIPS MENULIS
Teen FictionIni kumpulan tips menulis yang beda dari yang lain. Ada cara menulis Kissing Scene, Breaking Point, Fight Scene, dll. UPDATE tiap RABU. Bisa dibaca juga di miaveranika.blogspot.com Semua tips berasal dari pengalaman dan riset. * HIGH RANK 16 Januar...