TIPS MENULIS #97 : Membuat Plot dari Karakter

623 66 15
                                    

Apakah kamu sedang bingung dalam menulis plot?

Sudah berusaha menerapkan cara membuat plot save the cat atau the hero's journey, tetapi masih saja tetap buntu?

Tenang. Aku akan membantumu membuat plot dari karakter!

Yap. Apa yang terjadi pada karakter mampu dijadikan sebuah plot.

Metode ini berasal dari buku:

Dalam buku itu dia mengatakan, Tidak peduli apa pun busur karaktermu, karaktermu akan melewati empat fase:

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Dalam buku itu dia mengatakan, Tidak peduli apa pun busur karaktermu, karaktermu akan melewati empat fase:

Dalam buku itu dia mengatakan, Tidak peduli apa pun busur karaktermu, karaktermu akan melewati empat fase:

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

1. ORPHAN / YATIM PIATU

Karakter utama kehilangan orang yang berarti baginya bisa jadi orang tua atau wali yang selama ini menjaganya atau dia harus pindah ke sebuah tempat baru di mana dia tidak punya siapa-siapa dan hanya bisa mengandalkan dirinya sendiri. Di sini dia kehilangan kepercayaan dirinya dan tidak mengetahui apa-apa.

Contohnya: Harry Potter yang memang yatim piatu pergi ke sekolah sihir, Katniss yang tidak punya ayah dan harus pindah ke Capitol, Bella Swan yang pindah ke Forks, dll.

2. WANDERER / PENGEMBARA

Di sebuah lingkungan yang baru dan tidak memiliki siapa pun, awalnya dia tidak diterima. Lingkungannya tidak selalu kejam padanya, hanya saja mereka tidak mengerti bagaimana harus menangani karakter utama ini karena lingkungan mereka berbeda sehingga karakter utama mencari cara untuk beradaptasi. Seiring berjalannya cerita karakter utama mulai menyesuaikan diri. Dia mendapatkan teman, mentor, bahkan potensi cinta.

Contoh: Katniss di Capitol awalnya cuek dan sinis, tetapi ketika diberitahu mentornya bahwa bersikap ramah adalah cara untuk memenangkan hati orang-orang yang berpengaruh penting dalam sponsor di pertandingan, Katniss mulai membiasakan diri untuk tersenyum.

Bella Swan awalnya kesulitan menyesuaikan diri dengan cuaca dingin dan jalan yang selalu licin membuatnya sering jatuh, tetapi lama kelamaan dia berusaha menyesuaikan diri dengan tempat barunya. Seiring berjalannya waktu dia semakin dekat dengan potensi cintanya, Edward.

3. WARRIOR / PEJUANG

Di sini karakter utama telah menguasai peraturan di tempat barunya sehingga dia menginspirasi yang lain. Dia melihat bahwa ternyata dibanding kondisinya yang kacau balau, masih ada yang lebih buruk darinya. Biasanya dia akan membantu atau paling tidak memberi jalan untuk karakter lain melewati masalahnya yang itu berarti menunjukkan keahlian karakter utama meningkat. Kini dia jadi lebih bijak dan siap untuk menghadapi pertempuran terakhir melawan musuhnya.

Contoh: Katniss ingin melindungi Rue karena mengingatkannya pada adiknya, Prim.

Bella Swan ingin menyelamatkan ibunya yang katanya diculik oleh vampir.

4. MARTYR / MARTIR

Jadi sekarang karakter utama telah belajar, beradaptasi, mengatasi satu dua ujian di awal, mampu bertahan ketika situasi memburuk dan menginspirasi karakter lain, inilah saatnya dia menghadapi ketakutan terbesarnya, pertarungan terakhirnya melawan musuhnya. 

Musuh karakter tidak harus orang, bisa merupakan trauma karakter di masa lalu, keraguan, kasus yang lebih berat di persidangan, dll.

Itu dia empat fase yang harus dilewati karakter jika kamu ingin membuat plot dari karaktermu.

Hal yang harus diperhatikan adalah antara fase pengembara ke pejuang di situ terletak midpoint. Buatlah seperti dua cerita yang digabungkan. Misalnya di fase awal (yatim piatu dan pejuang) menceritakan tentang A kemudian di fase berikutnya (pejuang dan martir) menceritakan tentang B. Di bagian akhir, dua cerita itu akan bertemu dan membentuk sebuah benang merah tentang apa cerita itu sebenarnya.

Ketika kamu stuck menulis apa lagi, patahkan saja kaki karaktermu!

Intinya situasi harus semakin memburuk sampai menyentuh all is lost. Setelah itu karakter utama akan kembali melawan antagonis atau apa pun penghalang dalam ceritamu dengan dirinya yang lebih kuat.

Dalam metode ini, plot berdasarkan apa yang terjadi pada karakter, apa yang karakter rasakan dan bagaimana interaksi karakter utama dengan karakter lainnya memengaruhi jalan cerita.

Itu saja tips dariku, semoga materi ini membantu :)

Aku rilis tiap rabu. See ya :)

-----------------------

Dengarkan laguku di sini:

Jangan lupa baca Mia is Mine!

MIA (Michelle Ziudith)-seorang penyanyi dari Indonesia, menerima tawaran menjadi Brand Ambassador perusahaan motor demi menyelamatkan anak-anak pengidap talasemia di rumah sakit miliknya, bertemu MAX ALENTA (Jefri Nichol)-seorang pembalap motogp yang tampan, tidak kenal aturan dan suka mengambil risiko. Pertaruhan semakin meningkat saat IVAN MACKENZO (Rizky Nazar) mencoba merebut Mia dari Max untuk mengacaukan konsentrasi Max saat membalap.

Mia is Mine! Fierce, sekuel Mia is Mine! Fearless kisah cinta segitiga dengan sentuhan menegangkan pertaruhan nyawa di atas lintasan balap.

Ingin melihat Jefri Nichol, Michelle Ziudith, Rizky Nazar dan Amanda Rawles di bioskop dengan memerankan karakter-karakter ini?

Dukung Mia is Mine! dengan baca versi wattpad dan versi cetaknya, serta follow akun instagramnya miaismine93 :)

Link Mia is Mine! versi wattpad di kolom komentar ini.

Link Mia is Mine! versi cetak di kolom komentar ini.

Link instagram mia is mine di kolom komentar ini.

Pesan Tips Menulis versi cetak di kolom komentar ini!

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Pesan Tips Menulis versi cetak di kolom komentar ini!

Cara Cepat Menjadi Penulis Hebat : TIPS MENULISTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang