TIPS MENULIS #20 : TIPS CEPAT Mendapatkan Ide Cerita

4.7K 434 20
                                    

Kamu ingin menulis, tapi sama sekali tidak punya ide cerita? Atau mungkin sudah punya gambaran, tetapi sulit untuk menjabarkannya? Tenang, aku akan membantu! ;)

Hari ini aku akan membagikan Tips Cepat Mendapatkan Ide Cerita. Supaya lebih efektif, kamu bisa menyiapkan kertas dan bolpoin dan kita langsung ke tahapannya!

1. TEMA

Apakah kamu ingin ceritamu romantis? Komedi? Komedi romantis? Horor? Misteri? Atau Fantasi?

2. KARAKTER

Untuk pembentukan karakter ada beberapa tahap. Kita ke yang dasar dulu :

Siapa namanya?

Berapa umurnya?

Apakah dia sekolah? Atau bekerja?

Dari mana asalnya?

Apakah orang tuanya masih hidup?

Apakah dia punya saudara kandung?

Ciri fisiknya :

Berapa tingginya?

Bagaimana bentuk tubuhnya?

Apa warna kulitnya?

Apakah dia tinggi, kurus, putih? Atau pendek, berisi, kecokelatan?

Bagaimana bentuk wajahnya?

Bagaimana matanya?

Seberapa panjang rambutnya? Apa warnanya?

Bagaimana cara dia tersenyum?

Bagaimana cara dia menatap orang lain?

Bagaimana cara dia berbicara?

Sifat :

(tips : latar belakang karakter dan lingkungan juga memengaruhi sifatnya)

Apa yang membuat dia marah?

Apa yang membuat dia kecewa?

Apa yang membuat dia bahagia?

Bagaimana cara dia marah?

Bagaimana cara dia kecewa?

Bagaimana dia bahagia?

Sekarang kita ke hal yang lebih spesifik lagi :

Apakah mimpinya?

Apa ketakutan terbesarnya?

Apa yang membuat dia bisa meraih mimpinya?

Apa yang menghalangi dia meraih mimpinya?

BOOM. Kamu udah punya gambaran untuk sebuah cerita. Dari deskripsi karakter itu kamu sekaligus mendapatkan alur/jalan ceritanya. Tentu saja kamu sudah mendapatkan konflik dari pertanyaan (apa yang membuat dia bisa meraih mimpinya dan apa yang menghalanginya). Tahap selanjutnya tinggal membuat outline/runtutan kejadiannya saja. Untuk tips membuat outline kamu bisa lihat di postingan aku yang tentang Outlining. Setelah outline udah beres, kamu tinggal kasih judul. Judul harus yang menggambarkan inti cerita, ya!

Oke, itu aja dari aku. Semoga membantu :D

Kuy ikutan Giveaway 2 Mia is Mine! Fearless.
Mau mug cantik merchandise dari Mia is Mine! Fearless gratis???
.

Mau mug cantik merchandise dari Mia is Mine! Fearless gratis???

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

.

Syarat :
1. Follow IG miaveranika30 dan miaismine93
2. Follow wattpad MiaVeranika
3. Posting ulang foto Kamu Pilih Siapa? (foto di bawah ini) di medsos kamu (instagram/twitter/facebook) dan pilih salah satu antara Max Alenta atau Ivan Mackenzo. Tulis di caption alasan kamu pilih Max atau Ivan.
4. Tandai IG : miaveranika30 dan miaismine93 atau facebook : MiaVeranika atau twitter : miaveranika_30
5. Pakai hastag : #MiaismineFearless & #teamMax kalau kamu pilih Max dan #teamIvan kalau kamu pilih Ivan.
.
Batas giveaway sampai 00.00 23 Mei 2020.
Pengumuman pemenang tanggal 27 Mei 2020 ya. ❤
.
Dalam versi novel Mia is Mine! Fearless, ada sedikit perubahan nama karakter untuk menghindari pelanggaran hak cipta. I hope it's ok for you ❤
Pre-order open 30 Mei 2020 by DM instagram/facebook/twitter/wattpad.
IG : miaveranika30 / miaismine93
Facebook : Mia Veranika
Twitter : miaveranika_30

.
.
.

Aku rilis tips menulis setiap hari rabu.

Jamnya gak tentu. Kadang bisa pagi, kadang sore, kadang malem jadi follow aku supaya gak pernah ketinggalan ya!

Jangan lupa pre-order Mia is Mine! Fearless tanggal 30 Mei 2020.

Aku post tips menulis tiap hari rabu.

Jamnya gak tentu. Kadang bisa pagi, kadang sore, kadang malem jadi follow aku supaya gak pernah ketinggalan ya!

Mia is Mine! Fearless tersedia di nulisbuku.com.

Link di bio dan di kolom komentar :)

See ya!

-----------------------


Cara Cepat Menjadi Penulis Hebat : TIPS MENULISTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang