"Terdapat tiga golongan yang tidak akan masuk surga, dan Allah tidak akan melihat mereka pada hari Kiamat, yakni ; anak yang durhaka kepada orang tuanya, perempuan yang berpenampilan menyerupai laki-laki, dan kepala rumah yang tangga yang membiarkan ada kejelekan dalam rumah tangganya"
(HR. Hakim, Baihaqi dan Ahmad)
***
Dengan gerak hati-hati Herdy merebahkan tubuh Nisma ke atas tempat tidur, menarik selimut sebatas dada, lalu ia menyusul duduk di tepi kasur. Netra wanita itu menatapnya lemah.
"Haus ?" Tanya Herdy, namun ditepis Nisma dengan gelengan kepala. "Kata dokter kamu harus banyak minum"
"Nanti aja" suara Nisma nyaris tak terdengar, saking pelannya. Lalu tatapannya beralih pada tangan yang tengah memeluk perutnya. Bersyukur mereka masih ada di sana. Nisma tak bisa membayangkan jika buah hati yang bertahun-tahun ia rindukan harus pergi dalam sekejap.
"Kata dokter kamu harus istirahat total" tangan Herdy bertumpuk pada tangan Nisma dan membelai dengan gerakan lembut. "Jangan stres"
"Hn" Nisma menghela napas seraya mengangguk. Awalnya Nisma berniat meminta waktu Herdy minggu depan untuk menemaninya berbelanja segala jenis kebutuhan si kembar. Tapi apa daya rencana tinggal rencana, kandungan Nisma sedang bermasalah, dan keselamatan bayi-bayinya adalah yang utama.
"Besok, aku jemput Ibu" beritahu Herdy.
Kemarin Nisma sempat mengabari Ibu Erni tentang musibah yang menimpanya. Panik, tentu saja reaksi Ibu Erni. Bahkan jika tidak ditenangkan oleh Herdy, detik itu juga dipastikan Ibu Erni langsung meninggalkan urusannya demi Nisma. Yah, itulah hebatnya seorang Ibu.
"Ibu bisa naik bis, A"
Herdy menggeleng "Besok free. Aku jemput saja" ujarnya, final. Memang tipe menantu idaman sekali. Mertua berkunjung, ia yang jemput. Beruntungnya Nisma.
***
Plasenta previa adalah kondisi dimana ari-ari atau plasenta berada di bawah bagian rahim, sehingga menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir. Selain itu plasenta previa juga dapat mengakibatkan pendarahan hebat, baik sebelum maupun saat persalinan.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan ibu hamil mengalami plasenta previa. Diantaranya ; usia diatas 35 tahun, kondisi rahim yang tidak normal, hamil bayi kembar, janin dalam posisi melintang (sungsang) dan lain-lain. Pada kasus Nisma plasenta previa terjadi karena janin yang dikandung lebih dari satu, atau kembar.
Itulah sebabnya dokter menyarankan agar Nisma bedrest total, tidak banyak beraktivitas. Bagi Nisma yang sudah terbiasa menguras keringat, tentu hal itu akan sangat membosankan, namun sekali lagi, demi sang buah hati Nisma rela melakukan apapun.
***
Pukul delapan adalah waktunya Nisma minum obat. Tetapi di atas meja hanya tersaji makanan berat yang untuk sementara harus dihindari Nisma. Meminta Bi Ida untuk memasak pun bukan waktu yang tepat, karena bagaimanapun Bi Ida punya hak yang sama untuk beristirahat. Akhirnya Herdy memutuskan untuk membuat bubur encer.
Herdy meletakan mangkuk bubur dan segelas air di atas nampan, lalu membawanya ke kamar. Omong-omong Herdy telah mengalihkan kamarnya yang berada di lantai dua, ke kamar lantai satu. Tujuannya untuk meminimalisir kecelakaan --seperti terpeleset di tangga-- yang membahayakan Nisma.
KAMU SEDANG MEMBACA
Jodoh Pengganti (✔)
Spiritual(Start : 14 Juli 2019) (Finish : 06 Maret 2020) "Barang siapa bertaqwa kepada Allah, maka Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka" (Qs ath-thalaaq [65] 2-3) Herdy Fajar Darmawan baru...