Masker

96 9 7
                                    

Hari ini hari weekend. Seperti biasanya Andin pasti bangun siang. Efek malem susah tidur gara-gara nonton Abang Lee Min Ho.

Jam 9, Ardi telah selesai memasak sarapan. Pagi ini dia memasak telur dadar dan perkedel. Selesai menata di meja makan, pria yang telah menginjak kepala 4 itu pun menaiki lantai 2 untuk membangunkan sang anak yang hobinya ngebo.

Tok tok tok

"An! Bangun dulu nak, sarapan hayuk!"

Belum ada jawaban. Ardi berdecak sebal lalu membuka pintu dan menemukan gundukan besar dibawah selimut. Pria itu geleng geleng kepala.

"An, bangun dulu udah siang! Begadang ae terus kamu!"

Gundukan dibawah selimut itu bergerak samar. Hanya begitu saja, lantas Ardi berjalan ke arah jendela dan membuka gorden.

Ardi menarik selimut yang membungkus Andin. Gadis itu masih meringkuk sambil memeluk guling.

"Andin! Sarapan dulu ayo!" Ardi tahu Andin tak akan bangun dengan hanya dipanggil panggil. Jiwa rebahan nya terlalu strong.

Tak kehabisan akal, dia menggelitiki perut obset anaknya hingga tertawa geli dan membuka matanya.

"Duh apaan sih Pa? Ganggu aja deh"

"Ganggu apaan heh! Liat tuh udah jam berapa!"

"Jam 7 elah Pa"

"Jam 7 lemakmu ijo! Tuh liat Ali! Anak itu lagi cuci motor tuh!"

Andin berdecak lalu menutup kepalanya pakai bantal. "Duh bodo amat deh ntu anak mau ngapain juga! Udah ah Andin masih ngantuk Pa!" Lalu Andin menarik lagi selimutnya yang kembali di rebut Papanya.

"Bangun Andin ilah ini anak! Anak cewek kok hobinya tidur!"

"Tidur itu kebutuhan Pa! Emang Papa mau punya anak penyakitan gara gara susah tidur?"

Ardi garuk garuk kepala. "Ya.. Enggak sih, tapi kan ini udah jam 9 An, nggak baik tidur sampe siang"

"Iya heem 5 menit again" ujarnya dengan mata tertutup.

Ardi hanya mampu menggelengkan kepalanya menghadapi tingkah si anak satu satunya itu. Dia memutuskan keluar dari kamar Andin dan pergi ke rumah Ali yang sedang mencuci motornya untuk meminta bantuan.

"Eh Papa, good morning Pa!"

"Morning anakku, si Ayah ada?"

"Ada Pa di dalem lagi mandiin burung"

Ardi manggut manggut. "Oh iya makasih Nak"

"Siap kapten!"

"Oh iya, tolong bangunin si Andin ya? Susah banget itu anak dibanguninnya"

"Masih ngebo dia Pa?"

"Iya, begadang lagi kayanya. Tolong ya?"

"Asiap santuy!"

Ardi tertawa singkat lalu mengusak rambut Ali. Sudah lama dia menginginkan anak lelaki, tapi bagaimana bisa, orang istri saja tak punya. Ardi berpikir sambil berjalan masuk, apa dia cari ibu baru untuk Andin saja ya? Lagipula, mencari istri baru bukan berarti melupakan istri lama kan? Kasian juga Andin tidak ada yang ngurus di rumah, hidup kan selalu berjalan ke depan. Mungkin itu ide yang bagus. Eh tapi, entah kenapa baru mengucap niat dalam hati saja dia tidak sanggup. Dia sangat mencintai mendiang istrinya, menikah lagi apakah termasuk selingkuh? Ah entahlah. Belum tentu juga Andin setuju.

Di pekarangan rumah, Ali telah menyelesaikan kegiatannya. Ia lalu menggulung selang dan merapikan sabun bekasnya. Setelah cuci tangan sebentar, dia pun melangkah ke rumah tetangganya.

Elephant On CloudTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang