Caca
Mungkin rasanya udah terlalu bosan kalo gue bilang makasih, tapi serius gue sangat bersyukur dengan kehadiran Ken ke kehidupan gue. Dia benar-benar mengubah semuanya jadi indah, kehidupan gue yang membosankan bahkan menyebalkan bisa berubah menjadi menyenangkan karena dia.
Gue sebelumnya nggak pernah terpikir bakalan jatuh cinta sama cowok yang nggak sengaja gue temui malam itu-walaupun bagi Ken sengaja-. Cowok yang malam itu gue anggap sok peduli, iya maaf ya Ken. Cowok yang selalu ada di sisi gue yang awalnya hanya karena kewajibannya. Cowok yang gue kira kita nggak akan bisa sama-sama, tapi gue sangat bersyukur karena gue bisa menikah sama Ken.
Ken juga yang membuat hal-hal yang nggak pernah gue pikir akan terjadi bisa menjadi kenyataan. Seperti contohnya hubungan gue dengan mama-ibu tiri gue- yang membaik, kayaknya kalo nggak ada Ken hal itu nggak akan terjadi. Rasa kecewa gue terlalu dalam ke mama, juga ego gue yang terlalu tinggi sepertinya.
Hari ini adalah anniversary setahun kita menikah, usia Kena sekarang udah lima bulan. Buat anniversary pertama ini kita bakalan honeymoon karena seperti yang kalian tau gue menikah sama Ken kan udah hamil Kena, jadi ya mana bisa honeymoon. Kita bakalan ke Korea buat empat hari, sebenernya nggak tega buat ninggalin Kena disini, cuma kalo bawa Kena ya bukan honeymoon dong. Mama dan papa juga yakinin gue kalo nggak papa kok ninggalin Kena buat empat hari, gue juga stock ASI buat empat hari itu.
Honeymoon ke Korea ini ide gue hihi. Dari dulu gue tuh pengen banget buat jalan-jalan ke Korea, pernah sih sekali cuma itu karena kerjaan jadi nggak bener-bener jalan-jalan gitu.
"Beneran nggak pa-pa nih kalo Caca sama Ken ke Korea?" Tanya gue ke mama sama papa yang sekarang lagi di rumah karena bentar lagi kita bakalan jalan ke airport.
"Udah ih nggak pa-pa, lagian cuma empat hari." Kata mama meyakinkan gue.
"Nggak jadi aja deh." Kata gue.
"Kok gitu, Ca? Aku terserah kamu aja deh, nggak pa-pa kok." Kata Ken yang kayaknya kecewa, ya gimana kita udah rencanakan ini lumayan lama.
"Yakin nih nggak jadi?" Ini papa bener-bener ya.
"Tapi beneran nggak ngerepotin mama papa nih?" Tanya gue, asli bingung banget.
"Ya kalo boleh jujur ngerepotin, Ca―" mama mukul pantatnya papa.
"Eh―tapi ya nggak masalah, ini yang kita jagain cucu sendiri lho." Lanjut papa.
"Ya udah, Caca sama Ken jadi berangkat ya. Kalo ada apa-apa langsung kabarin Caca atau Ken aja, ya?"
"Iya... Udah sana, buruan."
"Ih papa, ngusir."
Ken malah ketawa lagi "Udah sana, keburu telat."
Setelah pamitan sama mama, papa, dan Kena akhirnya kita berangkat juga.
Hari pertama disini, kita cuma jalan-jalan di myeongdong street itu pun udah sore karena kita baru sampe pagi tadi.
Ya, kayak cewek pada umumnya lah belanja. Terutama belanja skincare sama makeup yang kalo sampe Indonesia harganya bisa naik dua kali lipat bahkan lebih.
Kita jajan aja sih terus ya udah gitu. Kita disini nggak pake tour guide karena biar bisa lebih bebas gitu lho ceritanya, jadi cuma berbekal google maps sama sok tau aja hahaha.
"Seneng nggak?"
Gue mengangguk. Iya lah seneng, ya kali.
"Mau foto kayak orang-orang nggak?"
"Mau!"
Kita nggak pake tour guide tapi kita pake jasa photographer gitu lho dan dia orang Indonesia yang udah lama di Korea dan mau nemenin kita jalan-jalan, jadi ya kita lebih hemat gitu sih hihi. Itu karena dia temen gue, jadi mau deh coba kalo nggak mana mau.
Temen gue yang paham langsung ambil posisi buat ngefotoin kita.
"Liat sini." Kata Ken, ya udah gue nurut aja.
Ken cium gue woy, di tengah keramaian ini. Pas gue mau ngelepas ciumannya Ken nahan gue dan ngasih kode kayak "Udah diem, kita fotonya gini."
Setelah selesai gue pukul pundaknya Ken, gila aja hey. Malu banget, sampe orang-orang ngeliatin, tapi nggak papa deng.
Ken
Ini hari terakhir kita di Korea. Setelah di pikir-pikir kayaknya ninggalin Kena empat hari itu kelamaan, jadi ya kita memutuskan buat pulang malam ini. Jadi kita bakalan honeymoon tiga hari sih kehitungnya karena flight kita kan malem banget terus sampe di Indonesia pagi.
Hari ini kita bakalan spend time bener-bener berdua. Kita jalan-jalan kemana aja deh yang mau kita datengin di Korea. Sebenernya dua hari buat explore Korea tuh kurang, kurang banget malah tapi ya gimana? Pokoknya kita harus dateng lagi ke sini terus Kena ikut.
Gue juga diem-diem udah nyiapin kayak dinner romantis gitu buat Caca. Jujur mahal sih, jadi disini kayak emang cuma bisa disewa satu orang yang pesan gitu. Tapi worth it banget kok.
"Ca... Thank you."
Gue menggenggam tangan Caca dengan backsong lagu romantis.
"For what?"
"Terimakasih udah jadi istri aku, ibu dari anak-anakku, pokoknya makasih buat semua yang kamu lakukan buat aku."
Gue berdiri dan jongkok di hadapan Caca ala-ala propose marriage gitu karena kalo kalian lupa gue belum pernah propose dia yang romantis gitu lho. Caca emang nggak pernah minta, tapi cewek mana sih yang nggak mau dapetin propose romantis dari pasangannya.
"Kita udah nikah jadi―mau nggak kamu jadi istri aku buat selamanya, hidup susah seneng bareng, saling mencintai sampai kapan pun apapun yang terjadi." Caca mengangguk lalu gue memasangkan kalung.
"I love you, Ca. Aku jatuh cinta sama kamu setiap hari dan rasa itu bertambah setiap harinya."
"I love you too."
Gue mencium Caca bersamaan dengan lampu yang dengan sengaja di matikan, jadi sisa cahaya disini tinggal dari lilin-lilin yang gue sendiri nggak tau berapa jumlahnya.
―END―