= 21 = | reasons to stay

1.1K 263 50
                                    

gue ngajak seungmin ketemuan, gue mau ngomongin semuanya ke seungmin. tentang gue yang insecure sama dia, gue yang ngerasa ga pantes sama dia, gue yang benci sama diri gue sendiri karna gue ga bisa sehebat dia, gue mau omongin semuanya ke seungmin.

"lo kangen banget sama gue ya sampai maksa minta ketemu gini?" tanya seungmin sambil masangin helm ke kepala gue.

gue senyum doang terus ninju perutnya pelan, "najis."

kita pergi ke salah satu cafe yang emang suasananya enak banget buat deep talk, ini gua yang saranin cafenya sih. gue sama seungmin keknya emang lebih sering pergi ke cafe soalnya kita berdua suka banget nongki nikmatin suasana cafe.

sesampainya di tempat tujuan, gue segera memilih tempat yang jauh dari orang supaya gue bisa leluasa ngobrol dan gue yakin banget sih, gue bakalan nangis. btw, sekarang gue udah jarang nahan nangis lagi berkat seungmin. dan emang selega itu kalo nangis ga ditahan, ngerasa plong aja gitu di dada.

gue sama seungmin emang ga pernah buang uang terlalu banyak buat nongki, kita cuma beli minuman masing-masing. seungmin udah hapal banget sih, gue pasti balal pesen kopi latte atau hazelnut kalo ada. ini fakta yang baru gue tau dari dia, he's memorized all those little things even it shouldn't to memorized. dia tau gue suka jadiin iket rambut gue sebagai gelang dan kalo gue lagi gak pake, dia bakal nanya. dia tau gue ga bisa banget makan tomat, jadi tiap ada makanan yang ada tomatnya, dia bakal bantu sisihin sampai abis baru gue boleh makan.

"min.." panggil gue.

seungmin yang lagi ngaduk kopinya kontras noleh, "kenapa, lang?"

gue diem ngeliatin dia yang cengo, gemezz.

"kenapa? kopinya kurang manis?" tanyanya. "eh btw, lo baru beli parfum, ya?"

"manis, kok." jawab gue. "tau darimana dah gue baru beli parfum?"

"biasanya wanginya ga gini. enak sih, tapi enakan yang lama." ujarnya.

gue ketawa, "nanti gue beliin dah buat lo."

"udah ada." jawabnya lalu sepersekian detik kemudian menutup mulutnya kaget. "mati gue keceplosan."

"hah? lo pake parfum itu juga? santai aja kali, ga harus cewe yang make parfum itu." jawab gue sambil ketawa gemezz ngeliat tingkahnya.

"bukan, gue ga pake buat jalan." katanya.

"lah, terus?"

"gue semprot sesekali doang, kalo lagi kangen." seungmin nahan ketawa. "HHAHAHA BECANDA ANJIR, JIJIK BANGET. tapi serius."

ga usah ditanya keadaan gue gimana, pipi gue panas bos.

"kan lo ga tau parfum gue apaan, min. kok bisa beli?" tanya gue heran.

seungmin menggit bibirnya, "gue tau parfum lo brand nya itu semua gara-gara gue liat kamar lo waktu itu, gue ke store nya terus nyobain satu-satu yang wanginya bunga."

"gila, lo kan ga masuk kamar gue anjir, di depan pintu doang." kata gue heran. "teliti banget lo jadi orang, buset."

seungmin nyengir doang terus nyubit-nyubit tangan gue. "gemes."

gue heran sih sama seungmin, perasaan dimana-mana orang tuh kalo gemes mah nyubit pipi, ini malah nyubit tangan gue sukanya. tapi seungmin ga seberani itu buat nyentuh pipi gue, paling banter mah dia usap kepala gue.

"min, kalo misalnya gue ngejauhin lo lagi kek waktu itu, lo gimana?" tanya gue ke seungmin yang masih nyubitin tangan gue.

"gue ga percaya cewe lagi." jawabnya lalu meletakkan kepalanya di atas meja, masih sambil nyubitin tangan gue.

"kenapa gitu?"

"ya lo bayangin aja, gue ngeliatin cewe yang gue suka pacaran uwu-uwu sama sahabat gue. pas udah mau move on ke cewe baru, eh cewenya malah cuekin gue, mana selingkuh lagi." keluhnya.

gue ketawa pelan, "oh, begitu."

"jangan pergi lagi, ya?" katanya.

INI JANTUNG GUE UDAH MAU BERHENTI RASANYA.

"iya waktu itu emang gue yang bikin lo pergi. tapi sekarang, jangan pergi lagi." sambungnya.

gue natap seungmin yang tiduran di atas meja. "tapi, lo bisa dapet yang lebih dari gue, min."

"emang, lo mirip babi soalnya." katanya lalu angkat kepalanya dan ketawa. "iya banyak yang lebih, tapi gue maunya lo aja, gimana tuh?"

gue menghela nafas pelan, "kasian lo, min."

"hm, kenapa?"

"gue bego, bandel, kasar, biasa aja, gue beda banget sama lo." jawab gue.

"survei darimana, tuh?" kata seungmin.

gue diem, gatau mau jawab apa.

"lan, lo kenapa sih cuma ngomongin hal-hal yang buruk dari diri lo?" tanya seungmin.

"karena ga ada yang baiknya." ujar gue dan seungmin ketawa.

"lo pernah nyadar ga kalo lo itu gampang banget bangun suasana jadi asik? lo gampang bergaul sama orang, lo sering bikin orang ketawa, lo juga gampang bikin orang nyaman sama lo." kata seungmin dengan suaranya yang lembut.

"gue ga perlu bikin pernyataan karna pastinya lo udah nyadar kalo gue suka sama lo. kalo lo nanya kenapa, karena lo lanisha. buat apa gue suka sama yang lebih cantik atau lebih pinter, tapi kalo diajak ngobrol ga asik, ga bisa diajak becanda? buat dipamerin doang? aduh, cewe mah bukan barang."

"lo tau kan kalo cantik itu relatif, lan? yang menurut gue cantik, belum tentu menurut orang lain cantik. terus, lo bilang lo bodoh? ga, lan, lo cuma kurang menguasai bidang itu. semua orang punya kemampuan masing-masing, dan lo ga harus mampu di semua bidang."

"gue tau, lo anak ipa tapi lo kurang menguasai pelajarannya. ga perlu jadi jenius, yang penting lo bisa ngikutin. kenapa gue selalu bantu ngajarin lo? itu sebenernya karena diri lo sendiri, lo mau berusaha dan itu bikin gue ngajarinnya tuh dengan senang hati, lan."

"insecure wajar, lan. semua orang pasti pernah insecure. gue ga bisa larang diri lo buat ga gitu lagi, kecuali dari diri lo sendiri yang mau stop. gue cuma bisa ngasih tau, lo itu pantes, lan. lo ga bisa nilai diri lo sendiri begitu karena orang lain yang bisa ngerasain dampak kehadiran lo."

"sekarang gue tanya, lo ngerasa pantes ga buat diri lo sendiri? gimana mau ngerasa pantes kalo yang lo liat dari diri lo cuma yang buruk-buruknya doang? lo harus bisa ngehargain diri lo sendiri lan, banyak hal baik yang ada di diri lo."

seungmin mengehela nafasnya panjang, "jadi, lo ga perlu mikir kalo lo ga pantes buat gue atau buat siapapun. lo itu lanisha, cuma satu di dunia, u really matter to others."

gue sesek napas denger kata-kata seungmin. bisa-bisanya ini orang ngerti banget keadaan gue yang lagi di titik terendah rasanya.

"bacot lo, min." kata gue berusaha mencairkan suasana yang lagi canggung.

"dih, udah di kasih masukan ga terima kasih ya lo?" seungmin pura-pura mau gigit tangan gue.

gue ketawa sementara seungmin asik minum punya gue dan dia secara bergantian.

"lan, u are the only u in this world, ga ada yang bisa samain lo. it's always me needing ur confy energy, like lanisha usually do." kata seungmin. "but, whenever u feel like ur in ur lowest point, i'll always be right here."

gue ga jadi nangis, tapi gue seneng banget denger semua kata-kata itu dari seungmin.

gemezz, z nya 1 milyar.

benar || kim seungmin ✔️Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang