MEREKA lagi ngemil sambil main handphone.
"saka kemana ya? kok gua kepo"
kata leica, seisi ruangan ngangguk setuju.
"emosi banget kek nya dia" kata leo.
"gua penasaran, dikittt hehe" mereka noleh barengan natap naya.
"lu suka ya sama saka?" tanya jerry, leo ampe keselek.
"dih, emang"
melotot, semuanya. naya bingung di pelototin begitu.
"yagimana gua suka"
"tapikan—
"iya tau dia ada cewe tapi sukaaaaa"
oke leica ngerti rasanya, karna leica pinter memposisikan diri, jadi dia langsung meluk sohib nya itu.
"gua juga gatau, padahal tiba hari adu bacot, kerjaannya nyusahin gua mulu. tiap kena masalah gua ikut keseret. tapi anehnya gua tetep suka. gua juga gatau kenapa jujur bingung.
tapi gua yakin gua cuma bingung aja, jadi ga seratus persen suka, belum"
"belum?" sela leo.
"nggak kayak nya. saka sayang banget sama kak dona, gua gabakal bisa"
"masalahnya belakangan ini mereka lagi ada cekcok" celetuk casey.
"kok lu tau?" tanya naya penasaran.
"tadi gua ke warbel, mau manggil adek gua si cherry. gak sengaja denger farel ngobrol ama saka cerita soal dona yang— sorry ya, jablay katanya"
naya melotot. leica sama sheila nutup mulut nya in sync. jerry sama leo sih tau, jadi ya biasa aja.
"gimana? yakali anjir, bukannya dia dari keluarga berada. masa sampe jadi gituan" naya masih gak percaya.
"kagak anjir bukan bener-bener orang kaya, buat di bilang orang berada atau berkecukupan aja gak bisa. dia tinggal sendiri.
dona bukan wna kan? nah pas masih tinggal sama orang tua nya tu dia ada bikin malu keluarga gitu gua ga ngerti deh. jadi orang tua nya lepas tangan. gitulah intinya. saka gatau soal ini, dona ga biarin saka tau latar belakang dia. dia ngarang biar di kasianin. makanya saka sayang banget sama dona.
gue tau banyak karna temen se geng nya yang cerita, mereka tuh muka dua. karna dona pacar nya saka jadilah nama dia naik, itu kenapa mereka mau temenan ama dona. biar ikut famous, pansos"
jelas leo panjang lebar.
"kasian ih" lagi, naya di pelototin temen-temen nya.
"dih apa-apaan, gak ada yang perlu di kasihanin, dia gitu karna maunya. gada yang nyuruh juga. dia malah manfaatin saka juga anjir" saut leo ga terima.
"alesan orang tuanya angkat tangan apa?" tanya naya, masih penasaran.
"ini valid ya, soalnya dari mulut dona sendiri. dia ngeret temen bisnis bapak nya. terus beberapa jual aset keluarga. sampe satu keluarga kumpul gitu dan ribut. ngamburin duit, drop out terus. duh ga ngerti dah anjir"
denger cerita leo, mereka jelas kaget. inimah bukan termasuk kenalan remaja.
"lu suka kan sama saka?" tanya jeru, lagi. naya bingung mau jawab, tapi akhirnya ngangguk juga.
"rebut dia, kita bantu. mumpung dia lagi ada masalah ama dona jadi gampang" lanjut jerry ngasih dorongan, leo gak setuju sebenernya tapi mau gimana lagi yakali dia jadi satu-satunya pihak yang nolak.
"gua jujur dari sekarang deh, gua suka sama lu" gak di sangka leo malah confess di tengah hangat nya obrolan setelah gosip panas terdengar, leica ampe melongo.
"becanda lu ah" respon naya seadanya. dia gak percaya lah.
"serius, saka juga tau. gua jujur kok sama dia. gua juga gatau kena, mungkin perasaan gua sama kayak perasaan lu buat saka"
semuanya diem. bingung, terlalu tiba-tiba. hari ini banyak banget kejutan padahal gaada yang ulang tahun.
"tapi gapapa belum dalem kok. baru suka"
yah canggung dah, naya jadi ga enak.
"maaf ya le" naya nunduk. bingung kudu gimana.
"gapapa coy, santai elah lagian yakali gua harus maksa" itumah di mulut, lain di hati.
"gua cuma mau jujur, biar gak nyesek amat. tapi kalo sampe saka ngapa-ngapain lu, lu bilang kita ya, jangan lu telen sendiri. maafin gua sama yang lain juga ya karna suka bikin ribut di kelas"
naya malah makin ga enak jadi nya.
"gua bilang bukan buat bikin lu bengang-bengong begitu anjir. santaiii asli dah, gapapa. saka aslinya baik kok, gua yakin lu juga tau apa yang dia alamin kan?
gua bantu, senyum lahh. jangan begitu anjir gua juga jadi ga enak"
naya akhirnya senyum, ga lupa ngucapin banyak terimakasih sama leo karna udah mau jujur.
seharian itu mereka ngobrol, gosipin kakel, gosipin guru ampe kang parkir juga di gosipin. di situlah keahlian julid jerry meningkat. di tambah ekspresi nyebelin leo.
naya di buat lemes, ketawa ampe bengek gada suaranya. sakit nya ilang, seneng banget punya temen kayak mereka yang relain waktu buat ngehibur naya, sampe pulang malem.
lupa deh sama saka.
•••
to be continued.
written by aksara_naya.
KAMU SEDANG MEMBACA
BAD | RASHAKA
Randomtentang rashaka dan nayara. since 28/10/20. a story by aksaranaya.