b a d | c h 18

290 56 6
                                    

SAKA udah rapi, udah wangi, udah siap ketemu ayahnya yang udah nunggu juga nih di tempat yang udah di janjiin.

"saka pergi sendiri aja pak, mau pake motor soalnya hehe. gausah di anterin, pak amin istirahat aja lagi"

"beneran den?" tanya pak amin, supir yang biasa anter saka kemana-mana, kecuali sekolah. sesekali aja.

"iya pak, saka berangkat ya"

"iya den hati-hati jangan ngebut"

"siapp"

gak ngebut pak, cuma kenceng aja bawanya.

•••

"gausah lari-lari, waktu ayah masih banyak"

"hehe saka telat ya?"

"nggak, apa yang bikin kamu lama?"

saka bingung mau jawab, lagian kenapa juga dia dandan lama banget, padahal ini ayah nya, bukan calon istri atau malah ketemu keluarga besar—

"saka?"

"eh naya"

—calon istrinya.

"loh ngapain lu disini" kata saka agak sewot.

"heh gaboleh gitu" ayah saka negur saka yang keliatan malah kayak bentak naya gitu.

"maaf yah, kaget abisnya"

"temennya saka?" tanya ayah nya saka. naya alih natap ayah saka.

"iya om hehe" malah haha hehe.

"gabung sini aja"

"eh maaf om, saya gamau ganggu waktu saka sama ayahnya"

"nggak kok, ayo sini duduk"

karna udah gak ada alesan buat nolak akhirnya naya duduk di tengah tengah ayah sama anak itu.

mereka pesen makanan terus nunggu sambil ngobrol-ngobrol seputar sekolah. sesekali naya cepu in saka ke ayahnya. saka gak ngelak, paling bela diri dikit.

makanan dateng, mereka mulai makan dengan khidmat, tanpa obrolan karna gak sopan aja makan sambil ngomong.

•••

selsai makan.

"saka suka bandelin kamu ya?" ayah saka buka percakapan.

"dikit om hehe"

"canggung banget gini, santai aja. dia banyak ngomong ga? soalnya om sama saka jarang ngobrol"

naya lirik saka. saka nya datar aja gak larang juga. jadi ya,

"kalo lagi nyari ribut aja sih om hehe"

abis gitu naya meletin sunwoo yang melototin dia.

"kalian sering berantem kayaknya"

celetuk ayah saka nyita perhatian dua manusia yang asik pelotot-pelototan.

"banget om, saka tu kalo gak bikin naya marah sehari aja gatel badannya" naya ngadu.

"ih nggak" elak saka ga terima.

"lu nya aja nyebelin, tukang teriak, marah marah ga jelas" lanjut saka.

"dih sendiri nya juga tukang teriak" bales naya.

"apaan orang gak pernah" saka gamau ngaku.

"gak usah sok amnesia deh sak, di lapang, di warbel, di kelas di ruang BK di RS di—

"ssssssttt iyadaah iyaa"

"kamu beneran bandel ternyata" saka diem aja. naya jadi gaenak.

"sebenernya nggak kok om, saka gabakal ngajak ribut kalo gak di pancing duluan. biar adil setiap terlibat naya juga nyari bukti yang kebanyakan emang mereka yang caper ke saka. naya juga gatau maksudnya apa"

jelas naya, saka liatin interaksi dua orang di depannya yang kayak udah lama kenal.

"oh iya, tamu nya siapa yah?"

"temen bisnis ayah, dia bakal secepetnya nyari apartemen buat sementara tinggal di indo. orang luar nak, dari bulgaria"

"wahh bisnis ayah sampe kemana-mana ya?" obrolan balik ke antara saka sama ayahnya. naya nyimak.

"tergantung sih, ini pas ayah ke london buat ngurus proyek baru, kita ketemu terus bicarain banyak hal sampe dia tertarik buat jalin hubungan bisnis sama perusahaan ayah, laki laki nak"

"oh gitu, jadi dia lama di apart saka?"

"sekitar 2 hari lah. atau mungkin besok ayah bantu dia cari unit apartemen lain"

"saka mau camping kok yah, tenang aja gausah buru-buru"

"camping?"

saka noleh ke naya. naya yang ngerti langsung angkat bicara.

"jadi sekolah kita baru aja raih penghargaan om, kepsek sama semua guru juga OSIS usul buat bikin acara, di bagi 3 nah di antara tiga opsi itu ada camping. jadi naya, saka sama temen kita yang lain pilih ikut camping buat 3 hari kedepan"

jelas naya yang langsung dapet anggukan dari ayah sakai.

"hati-hati yah, kalo ada apa-apa bilang ayah. mulai sekarang kamu harus rajin kasih tau ayah semua yang kamu lakuin. izin kalo mau pergi jauh sama sering pulang ke rumah. kalo malem ayah sendiri.

maafin ayah ya, jarang ada buat kamu. padahal ayah suka pulang tapi gak pernah ketemu kamu. mulai sekarang seenggaknya ayah bakal luangin waktu sehari dalem seminggu buat kamu. kita bisa qtime tiap minggu.

ayah bantu packing buat camping nya nanti, call?"

saka diem dulu sebelum akhirnya ngangguk sambil senyum.

"call"

mereka lanjut ngobrol, sesekali bercanda, bahas ini itu sampe gak kerasa udah jam 10 malem aja. saka izin anterin naya ke rumah yang pasti dapet persetujuan ayah nya.

"duluan ya om" naya salim.

"iya nak hati-hati"

"yah saka nanti nyusul"

"iya pelan pelan bawa motornya"

"iya yah" sunwoo ngangguk semangat.

"assalamualaikum yah/om" jiakh barengan.

"waalaikumsalam nak"

saka beneran gak ngebut. dia nurut sama ayah nya. mungkin udah waktunya dia bener-bener berubah, sedikit demi sedikit harapannya mulai terwujud. hari ini bener-bener jadi hari seneng saka, ingetin lagi buat buletin tanggal nya, okey?

•••

to be continued.
written by aksara_naya.

BAD | RASHAKATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang