Menghindarkan Unmood saat Menulis

17 2 0
                                    

(Materi)

Baiknya perlu teman-teman sekalian ketahui, kalau disini saya gak akan menyampaikan materi seperti biasanya😌. Tapi saya akan melakukan dialog interaktif berupa, saya mengajukan pertanyaan dan kalian menjawab🌝.

Jadi gini pertanyaannya. Kita gak akan tau obatnya, kalo kita belum tau penyakitnya.

Question:

Jadi, apa yang bikin teman-teman semua unmood untuk nulis?

Answer:

Terkadang karena gak ada peningkatan jumlah pembacanya, terus gak dapet semangat dari siapapun, dan aku suka badmood gak jelas sampe akhirnya ide buntu.

Satu lagi yang bikin aku unmood untuk nulis.

Suka Insecure sama cerita orang lain yang lebih banyak pembacanya😭.

...

Kalo aku. Suka stuck nulis itu karna kadang nggak tau kalimat yang tepat buat lanjutin apa yang mau ditulis, jadinya cerita aku terjeda. Bahkan bisa sampai berminggu-minggu. Udah nggak mood lagi gitu rasanya karna nggak nemu pemilihan kata yang tepat😑.

...

Yang membuat aku unmood itu, lagi enak-enaknya nulis terus di real life disuruh-suruh, akhirnya ide aku ambyar alias buyarr. Apalagi dicuekin sama kamu dahlah😌.

...

Aku biasanya unmood nulis itu, ya karena susah nyampein tulisannya tuh gimana, jadi selain itu mempengaruhi kesibukan juga, sibuk dikit mood nulis berkurang, belum ada imajinasi, tapi ketika ada imajinasi seketika ngalir sendirinya, kadang ada juga kata-kata yang kurang pas gitu.

Tapi gini loh anehnya, maaf nih ada lagi lanjutannya, kadang udah ada imajinasi tapi saat itu lagi sibuk nih, jadi agak produktif.

Waktu ini ya, saya kan masih di perjalanan dan tiba-tiba aja imajinasi saya itu keluar semua, jadii gak mungkin dong saya ngambil laptop atau nyatat di HP saat perjlanan, abis itu sampek rumah imajinasinya itu hilang semua.

...

Untuk saya sendiri, kadang unmood nulis itu karena mulai males. Atau keadaan cuma pengen baca buku dan ngajak otak buat ngalir gitu aja tanpa harus mikir. Tapi bisa jadi ada faktor lain yang bikin unmood nulis, kayak ada suara berisik, misalnya. Nah, karena ini bisa mengganggu konsentrasi saat nulis.

Oke, cerita sedikit, nih.

Saya pernah marahin anak tetangga yang lagi gedor-gedor pintu rumahnya sendiri, nyari emaknya. Bukannya diem. Dia malah nangis.

Nah, itu kalo dari saya.

***

Emang, Pren. Ada banyak hal yang menyebabkan kita gak mood buat nulis. Entah itu faktor internal ataupun eksternal.

Faktor internalnya ya, seperti kita kurang percaya diri sama tulisan kita, merasa gak ada yang memedulikan, merasa kalo otak udah stress sama hal-hal lain, dan lain sebagainya.

Faktor eksternalnya pun ikut beragam. Dan yang paling bikin gak mood, yaitu pas lagi enak-enak anteng nulis, tau-tau ada aja hal yang bisa ngeganggu. Kayak disuruh sama emak atau anak tetangga yang gembar-gembor manggil emaknya, atau malah waktu yang kita punya buat nulis justru tersita sama hal-hal di luar dugaan.

Oke, saya lanjut tanya, nih, ya.

Btw, saya udah bosen ditanyain mulu.

Tips & Trik Tipis MenulisTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang