Selamat pagi, selamat membaca
❤️❤️❤️
Trisha berguling di kasur setelah berjibaku dengan proyeknya selama tiga jam terakhir. Pukul sebelas malam, dan unggahan dari Mika adalah foto yang pertama kali ia lihat di instagram.
Soon to be Mrs. Januar
Sudah sebulan sejak diadakannya HUT Renjana. Setelahnya, Mika mengambil cuti untuk mengurusi proses lamaran. Gadis berusia 27 tahun itu tampak bahagia bersanding dengan lelaki tinggi yang memiliki senyum lebar secerah mentari.
Januar pernah bertandang ke Renjana saat acara HUT. Tipe lelaki easy going yang gampang bergaul hingga kecurigaan kental Trisha memudar tanpa sadar. Dia sudah menyelidiki setiap media sosial Januar yang bisa dijangkaunya, tapi Trisha tidak menemukan apa pun yang mencurigakan. Namun melihat Mika yang percaya padanya, juga Januar yang tampak begitu apa adanya, membuat Trisha berpikir bahwa kalimat Nora mungkin benar: Prima hanyalah oknum dan Januar benar-benar mencari jodoh.
Trisha mengernyit saat Sherly menyebutnya dalam sebuah komentar.
AnggaShery Wah! Selamat Mbak Mika! Sudah jadi perempuan seutuhnya ya sekarang. Tinggal Mbak Sasa sama Mbak @MauraAditama nih. @GemmaSasa kapan, Mbak? Jangan kapok gara-gara kemarin, dong. Masih banyak laki-laki di bumi. Iya kan Mbak Nora? @Noranyabayu
Oh, wow. Jadi sekarang definisi wanita seutuhnya ditentukan oleh status taken atau single? Jadi, Trisha ini apa? Setengah perempuan? Perempuan semu?
MauraAditama @AnggaSherly mind your own business, girl. And you @GemmaSasa, You're still woman with dignity when you're with or without someone called boyfriend.
Trisha mendengkus geli. Tunangan Bastian adalah perempuan paling edgy yang pernah Trisha kenal. Untung saja, Nora segera menengahi sehingga postingan Mika tidak perlu ternoda.
Trisha menyadari bahwa pandangan orang tentang pernikahan bisa sangat berbeda satu sama lain. Bagi Trisha- yang berkaca pada ayah ibunya-pernikahan berarti menyatukan dua orang yang berbeda namun berkomitmen untuk bersama. Pasangan adalah mereka yang bisa jadi teman, sandaran dan partner tukar pikiran. Guntur dan Juni adalah orang yang keras kepala, namun keduanya juga bijaksana. Meskipun terkadang kerikil-kerikil kecil itu ada, mereka tetap bisa mengalah, mendukung, menghargai dan menghormati satu sama lain. Dari mereka, Trisha belajar bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Yang ada adalah, dua orang manusia yang bekerjasama membangun kesempurnaan.
Sementara di lain sisi, Trisha punya sepupu yang menjadi PR bagi keluarga besar karena bertahan dalam toxic marriage. Dia adalah korban KDRT dari seorang suami hobi judi, selingkuh dan pemabuk. Dan tetap, sepupu Trisha tidak mau melepaskannya karena janda adalah status memalukan di matanya. Pun, perempuan berkewajiban tunduk pada lelaki dan dia percaya bahwa suatu saat sang suami pasti akan berubah. Trisha begitu kasihan dengan keponakannya, tapi tidak bisa berbuat apa-apa karena sepupunya pun tidak berusaha memperbaiki keadaan.
Lihat betapa berbedanya dua kehidupan dalam satu label yang sama: pernikahan.
"Ck, gue emang bijak." Trisha menguap lebar dan scrolling instagram dengan malas, hingga sebuah unggahan dari Amira membuat kantuknya hilang. Dua jam lalu, Amira memajang foto sebuah pintu yang sangat dikenal Trisha. Pintu kamar Barra.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sweet Surrender (PUBLISHED)
ChickLitNamanya Barra. Jangankan hangat bak bara api, sahabat Trisha ini adalah manusia sekaku batu arca. Tapi toh Trisha tidak peduli. Sebab selama bertahun-tahun, Barra adalah tempat ternyaman Trisha. Hingga satu persatu hal datang mengusik, dan menyadar...