19. kenapa? ❇️

7 2 0
                                    

Assholatu 'alannabii
Wassalaamu 'alaar-rosul
Assyafii'il abthohii
Wa Muhammad 'arobii

∆∆ typo bertebaran ∆∆

Sudah 3 bulan Syeh dkk nyantri di pesantren cabang Al falah. Sudah tidak terhitung Syeh mendapat hukuman dari ustadz, mulai dari telat bangun, bolos masuk kelas, tidak ikut piket jaga malam, sampai telat masuk kelas.

Beberapa kali Raihan memergokinya sedang kesal, meluapkan emosinya pada tembok di belakang asrama alias di jemuran. Kadangpun Raihan memergoki Syeh sedang duduk sendirian, melamun.

Raihan menghampiri Syeh yang sedang duduk di bangku yang ada di depan kamarnya seorang diri. Entah Syeh melamunkan apa hingga nampak lesu.

"Ngalamun aja."

"Hmmm"

"Hmmmmm, hmmmmmmmmmmmm" Raihan nampak menyenandungkan bait pertama lagu islami yang populer pada masanya kala itu.

"Gue ngerasa hampa gitu Han". Ujar Syeh kemudian.

"Hah? Kok bisa? Kenapa bisa gitu?"

"Nggak tau gue. Semakin dipikir, kok bisa gue terdampar disini sedangkan apa yang gue mau pun nggak segera gue raih. ".

"Makanya, kalo mau nyantri tuh dilurusin dulu niatnya. Niat nyantri karena apa? Kalo udah disini harus apa? Kalo udah lulus harus gimana. Jadi jelas tujuan nyantrinya".

Syeh nampak mengangguk. Setuju atas perkataan Raihan.

"Eh, kalo mau ngobrol ama santriah gimana? Gue harus ijin dulu gitu ke ustadzahnya apa gimana?"

"Mmm, ya kamu bilang dulu sama santriahnya, atau kalo ngga berani bilang dulu, pake surat, terus ajakin ngobrol perlunya apa. Tapi kudu bawa temen, nanti dikira berkhalwat, malah salah paham".

"Iya juga si".

Hening.

"Aku ada rencana buat khitbah Santriah".

Syeh terkejut "Hah? Khitbah apaan ?"

"Ngelamar".

"Weseh, dah siap nikah lu bro?"

"Kalo enggak kenapa aku mutusin buat khitbah". Ujar Raihan tersenyum.

"Iya juga si. Cie, Santriah mana si? Penasaran gue".

"Ada lah. Nanti di gebet kamu malah kalo aku kasih tau".

"Yee, mana ada lah. Gue juga punya incaran sendiri".

"Masa ?"

"Iya lah, besok gue mau ngomong ama dia".

"Eh, kamu yakin?"

"Yakin dong. Kenapa enggak".

"Jangan sampai kamu jatuhin image kamu sendiri nanti".

"Kenapa emangnya?"

"Masih pake lo-gue gitu, mana asal njeplak aja kalo ngomong".

"Beda lah. Kalo yang ini spesial ".

"Semoga berhasil bro". Raihan menepuk punggung Syeh pelan.

Syeh menerawang jauh 'Jihan, tunggu Mamas ya' batinnya.

******

Di ndalem sedang banyak orang yang sibuk mengurusi parasmanan. Ya karena siang ini akan ada pengajian selapanan pesantren. Sehingga penghuni kamar 1 diminta nyai Sidur untuk membantu masak di ndalem. Bau bau masakan semerbak dimana mana.

Dengan 1000 Nadhom Alfiyah, aku melamarmu (Revisi)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang