SAKURA

183 20 5
                                    

Author's Note: chapter ini hanya merupakan chapter pelengkap, dengan tujuan memperkenalkan tokoh-tokoh yang suatu saat akan dimunculkan dalam universe ini (walau di lain judul), serta sekedar coretan latihan author-nya. Chapter ini tidak wajib dibaca, karena tidak banyak mempengaruhi plot cerita keseluruhan dalam serial ini.

*****


"Gomen (Maaf), secara aerodinamika, desainmu sudah memenuhi syarat, Rama-san. Dan ditambah memasukkan unsur stealth, Radar Cross Section-nya juga sudah mengecil dibanding desain awalmu. Tapi Rama-san juga harus mempertimbangkan faktor material dan struktur untuk masuk ke fase konstruksi", gadis Jepang berseragam ini sejak tadi tidak segan untuk mengomentari desain pesawat yang Rama bawa untuk disimulasikan dengan software yang dimiliki oleh NDA.

Rama mengajukan permintaan untuk evaluasi desain ini dengan software Jepang, karena software modelling yang digunakan di AAU masih belum bisa mensimulasikan perihal RCS untuk desain VLO (Very Low Observability) alias stealth alias siluman. Padahal pesawat yang ingin di-desainnya ini tidak lain peruntukannya untuk dapat diklasifikasi sebagai pesawat tempur generasi ke-5.

"Untuk itulah sebenarnya aku mengajukan pengujian model ini dilakukan di NDA, Erika-san, ada batasan material pesawat yang belum dimiliki Indonesia, dan aku harus membuat wing root pesawat ini lebih gemuk bila menggunakan parameter yang ada di komputerku di Indonesia. Sedangkan itu berarti menambah bidang RCS-nya dari depan"

"yah, saya tak bisa mengomentari konsep desainmu, Rama-san, karena mindset kita soal desain pesawat yang optimal agak berbeda

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

"yah, saya tak bisa mengomentari konsep desainmu, Rama-san, karena mindset kita soal desain pesawat yang optimal agak berbeda. Dan kalau dilihat lagi, konsep desainmu tidak murni masuk ke Gen 5. Tidak ada keen look seperti pesawat Gen 5 pada umumnya. Air intake ditaruh lebih kebawah dengan mesin terletak melebar di belakang. Maneuverable? Yes, tapi stability jauh berkurang. Butuh pilot yang benar-benar memiliki kemampuan aerobatic tinggi untuk mengawaki pesawatmu", tangkis Erika. "Sudahlah, Rama-san, ini hari ketiga kau habiskan hanya untuk berkutat dengan program analisa desain seperti ini. Bila boleh kuberi saran, sepertinya sedikit mempelajari soal NDA dalam 2 pekan ini juga tidak ada ruginya kan?"

"Baiklah, jadi, apa yang Kau sarankan untuk kulakukan sekarang, Erika-san?"

===


Membentuk pikiran dan tubuh, menumbuhkan semangat yang kuat, dan melalui pelatihan yang benar dan kaku, mengupayakan peningkatan dalam seni Kendo.

Untuk menjunjung tinggi kesopanan dan kehormatan manusia, bergaul dengan orang lain dengan tulus, dan untuk selamanya mengejar kultivasi diri sendiri.

Ini akan membuat seseorang dapat mencintai negara dan masyarakatnya, berkontribusi pada pengembangan budaya.

Dan untuk mempromosikan perdamaian dan kemakmuran di antara semua orang.

Sayap Tanah Air - Kepakan PertamaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang