Akhirnya hari yang dinantikan Kak Chanyeol tiba. Kak Chanyeol akhirnya udah nentuin tanggal shooting buat tugas akhirnya. Semenjak Bab 4 udah acc sama dospem dan juga dospem udah memberi persetujuan, Kak Chanyeol langsung tancap gas nyiapin semua bahan buat syuting.
Dalam kurun dua minggu kedepan Kak Chanyeol bakalan prepare masa-masa pra-produksi tugas akhir. Sekarang Kak Chanyeol udah sampai di tahap rapat kedua Pra Production Meeting, atau yang disingkat PPM kedua.
Gue sebagai pacar yang baik, mau gak mau ikut bantuin Kak Chanyeol juga. Gue dititahkan Kak Chanyeol untuk megang bagian wardrobe dan anak buah gue si Luhan. Beruntung talent yang Kak Chanyeol pakai cuma empat, jadi gak terlalu banyak cari baju buat wardrobe.
Tenang gaes, bocah-bocah yang lain ikut bantuin juga kok. Kai bantuin jadi asscam, soalnya yang megang kameranya Mas Siwon. Sehun bantu di lighting, sedangkan gaffernya Mas Changmin.
Kyungsoo pasti akan terus berkutat di bagian logistik, yah meskipun jabatannya production assistant tapi tetep aja ngurusin makanan dan kebutuhan barang untuk setiap crew.
Jabatan produser syutingannya Kak Chanyeol kali ini, dia minta tolong Mbak Yoona dan line produser nya Mas Donghae. Astrada pengadeganan dipegang sama Kak Suho, sedangkan astrada jadwal yang megang Kak Jongdae.
Kurang dua minggu lagi Kak Chanyeol bakal syuting, jadi preparenya banyak banget. Hari ini bakal ada rapat PPM kedua di depan gedung serbaguna kampus. Rapat kali ini bahas kesiapan semua jobdesk untuk menunjang keberlangsungan selama syuting. Jadi kita bahas progres dari setiap jobdesk dan mencari jalan keluar setiap masalah yang muncul.
Rapat PPM pertama pas minggu lalu itu bahas tentang naskah. Naskah dibedah per-scene untuk keperluan banyak jobdesk. Setiap scene pasti membutuhkan banyak persiapan jobdesk seperti art, wardrobe, make up, lighting, pengadeganan, kamera, bahkan sound juga. Pusing dah itu Kak Chanyeol, mikirin banyak hal buat konsepnya. Soalnya sutradara memegang penuh semua detail yang ada di dalam frame layar. Belum lagi ngurusin bentuk shot, pergerakan kamera, adegan aktornya, wahh.. kalo gue sih dah puyengg..
"Buat art, jangan lupa detail-detail yang kemarin udh aku bilang. Kaya foto, handprobnya, terus juga aksesoris. Itu bakalan jadi hal penting di cerita. Nanti kirimin ke aku layout terakhir buat set kamar, biar aku tahu hasil akhir perpaduan warna tembok kamar sama barang-barangnya akhirnya kaya gimana." Kata Kak Chanyeol ke Jaehyun yang jadi chief jobdesk art.
Jobdesk art itu yang megang kendali atas penataan setting tempat. Pemilihan properti untuk ditempatkan di set sesuai cerita juga. Soalnya setting tempat punya tujuan untuk memberitahukan ruang dan waktu sebuah cerita.
"Tapi mas, buat bedcovernya aku masih belum nemu warna yang pas kaya yang kemarin Mas Chanyeol minta. Agak susah eh, gaada yang punya kalo mau pinjem." Sahut Jaehyun.
"Pesen online aja deh, dah mepet ini. Budget art agak dibanyakin kok, ntar minta dirembers aja kalo minus budgetnya." Jawab Kak Chanyeol.
"Okey siap mas."
Masalah art udah kelar. Sekarang ganti ke lighting. Emang kalo mau syuting tuh masalah kaya gini harus didiskusikan satu-satu per-jobdesknya. Apalagi bahas tentang apa yang sutradara butuhin buat konsepnya. Gila gak tuh, Kak Chanyeol ngobrolin satu satu ke semua chief jobdesk.
"Buat lighting, cek list lagi ya mas, sesuai kebutuhan lah pokoknya. Kalo emang ada yang perlu banget dan gak bisa diakalin pake lampu yang lain langsung bilang UM, ntar langsung dimasukin list. Oh iya mas, jangan lupa perbedaannya ya, soalnya konsep pentingnya yang setting kamar." Kata Kak Chanyeol ke Mas Changmin.
"Tenang Yeol, tenang.. aman wes. Paling ntar aku nambah anak lighting, lumayan juga buangan kameramu." Jawab Mas Changmin.
"Oke gapapa mas, aku masih bisa kasih makan pokoknya, asal gak minta gaji." Canda Kak Chanyeol.
UM atau singkatan Unit Manager itu jobdesk yang punya kewajiban buat list alat-alat keperluan untuk syuting, sewa alat dan kontrol alat-alat yang bakal dipakai. Agak berat juga jobdesk ini karena bertanggung jawab atas puluhan alat-alat syuting dari kamera, lighting, sound dan alat dari jobdesk lainnya. Mana harganya lumayan mahal kalo ada rusaknya.
"Buat wardrobe," Akhirnya giliran gue. Gue dari tadi diem doang karena ngerasa gue masih noob masalah wardrobe. Tetapi Kak Chanyeol percaya sama gue buat jadi chief wardrobe, karena katanya dia suka stylist gue, apalagi konsep waktu nya diambil jaman sekarang yg modis keren gitu.
"Jangan lupa cocokin sama warna setting kamar nanti. Takutnya bakalan tabrakan dan bakal kelihatan nyatu. Hindari baju yang bakal bikin flicker, tau kan?"
"Pahammmm. Ntar aku kasih lagi breakdown wardrobenya ke Kak Chanyeol. Aku udah cari beberapa baju sih, tapi mungkin beda dari pilihan awal."
"Oke, wardrobe aman ya. Sekarang ganti lokasi dulu bentar. Mbak Yoona, surat lokasi dah turun belum? Kemarin aku udah ngajuin lewat web, tau aja aku yang belum buka akunku."
Pusing bener dah kalo mau tugas akhir gini. Apalagi kalo skripsinya ambil penciptaan, udah harus bikin karya masih juga ngurusin tulisan. Jadi karyanya harus bisa dipertanggungjawabkan dengan teori yang dipake. Mampus gak lho....
Gue yang ngelihat Kak Chanyeol aja udah stress sendiri, apalagi Kak Chanyeol yang ngejalanin, dah gak waras kayanya. Mana setiap hari minta ketemu terus, entah cuman berduaan di kosan atau aku yang kerumahnya Kak Chanyeol. Kak Chanyeol bener-bener mencoba meluangkan waktunya juga buat gue. Mungkin dia sadar gue butuh belaian, hiks..
Soalnya setiap hari tuh Kak Chanyeol pasti bakal ada kesibukan. Entah survey lokasi syuting, ketemu talent buat reading naskah, ketemu orang buat booking alat syuting, ketemu anak kamera buat bahas shot, ketemu sama astrada buat bahas pengadeganan, ketemu sama anak art buat bahas properti, belum lagi kalo konsul sama dospem, haduuuhhh sibuk banget dah Kak Chanyeol satu bulan terakhir ini..
Gue aja mau ngajakin Kak Chanyeol nongkrong atau sekedar jalan-jalan ke mall aja ngerasa gaenak duluan.
Ayah sama Bunda juga udah angkat tangan, ga mau ikut-ikutan masalah tugas akhirnya Kak Chanyeol. Kemarin cerita ke gue sih mereka cuman ngurusin transfer doang buat budget syuting.
Btw, mau tau gak budgetnya Kak Chanyeol buat tugas akhir kali ini?
Sini gue bisikin, tapi jangan bocor lho ya..
Budgetnya 50 juta gaes..
Itu duit apa daun dah.🙃🙃🙃
Mana kata Ayah, Ayah sebenernya udah nyiapin uang sekitar 60 juta buat jaga-jaga kalo ada biaya tidak terduga. Buset, 60 juta udah bisa buat beli mobil njirrrr..
Apalagi Kak Chanyeol tuh engga kolektif, dia single fighter di tugas akhir ini. Katanya Kak Chanyeol, dia mending milih syuting sendiri daripada harus bentrok kalo kolektifan. Soalnya Kak Chanyeol tipe orang yang gabisa nurunin egonya. Kalau dia mau begini, ya mau gak mau harus begini, gak bisa jadi begitu. Takutnya kalo kolektifan tuh, nyatuin dua kepala itu yang susah. Beruntungnya Ayah sama Bunda ngerti sifat Kak Chanyeol dan udah prepare budget dari lama.
Gue kayanya gamau ngambil penciptaan dah, mau pengkajian aja(╥﹏╥)
Gue kasihan sama Mama kalo harus nyiapin duit segitu banyaknya.
〰️〰️〰️
KAMU SEDANG MEMBACA
Kating [CHANBAEK / GS]
Non-Fiction"Jadi kating kok nyebelin sih? Yang baek-baek gitu ihh, biar gantengnya ga ilang." - Baekhyun. Mahasiswa Seni. Semester 5. Single. chanbaek gs non baku Yogyakarta!AU DLDR