calling

4.7K 582 29
                                    

Well, hai? Kenalin nama gue Park Chanyeol, mahasiswa seni semester tua. Udahlah gausah disebutin semester berapa, pokonya gue lagi pengajuan proposal skripsi. Umur gue pun jangan pada tanya, yang penting gue setara anak skripsian pokoknya.

Gue udah lima tahun lebih tinggal di Jogja, gila parah menn.. sekali lo udah stay di Jogja, bakal susah banget ninggalin Jogja. Serasa gue gabisa ninggalin kota kenangan kaya Jogja. Makanya pas ayah gue mau pindah dinas ke Semarang, gue yang paling depan buat nentang pindah. Gue sebenernya udah biasa hidup nomaden, tapi gue kan udah semester tujuh nih, bentar lagi juga kena Tugas Akhir, ya masa gue pindah?

Akhirnya ayah gue yang kontrak rumah di Semarang. Katanya, "Ayah sama bunda juga gabisa ninggalin Jogja kak."

Tuhkann, gue bilang juga apa.. Jogja tuh kota paling sederhana yang punya khasnya sendiri. Dan dikota inilah gue nemuin seseorang, yang bikin gue mengerti seorang wanita.

Iya, Baekhyun. Byun Baekhyun.

Dia tipe seorang cewe yang ga pernah gue temui sebelumnya. Dia tuh meskipun dari Kota Kediri yang pinggiran, tapi dia tuh gak ndeso banget. Selama deket sama dia tuh gue ngerasa dia cewek yang beda. Dia open minded, punya wawasan luas, berani buat ngajuin diri. But, rasa kecil hatinya yang bikin dia tertutup.

Kalo dikatakan dia cantik sih, ya cantik. Namanya juga cewe dan semua cewe itu relatif cantik. Tapi.. Baekhyun ini punya kepribadian yang lain gituu.. dan itulah yang bikin gue jatuh hati sama dia.

Gue tuh suka banget kalo udah debat sama dia. Dulu gue pernah lihat dia debat sama kating pas di kkm* screening film. Waktu itu kita lagi diskusi film pendek tentang lgbt gitu. Nah banyak orang yang bilang nentang tentang film itu. Banyak mahasiswa yang mempermasalahkan bahwa itu dosa dan film itu ga layak untuk ditonton orang banyak. Tapi Baekhyun dengan polosnya bersuara kalau lgbt itu ga salah. Film itu pun ga salah juga untuk di pertontonkan kepada masyarakat.

*kkm : kelompok kegiatan mahasiswa

"Gampangnya gini sih, selama itu engga merugikan kalian, kenapa kalian bingung? Apa dosa mereka kalian yang nanggung? Engga kan? Pasti ada alasan di balik mereka akhirnya melakukan itu. Kalo kalian bilang kaum mereka sebuah dosa, kalian loh udah menghina ciptaan Tuhan. Kalian nafas aja Tuhan yang ngatur. Kok sok-sokan mau main hakim sendiri, emang kalian Tuhan apa?"

Semua pada diem awalnya, tapi akhirnya si Kak Taeyeon, kakak tingkat kita bicara. "Tapi ini tabu untuk masyarakat, lo ga mikirin pendapat masyarakat?"

Dan Baekhyun cuma menghela nafas kasar doang, "Ya dengan di kasih tontonan seperti ini, masyarakat open minded dong, berwawasan luas. Film ini bisa jadi pengetahuan atau sex education. Toh terserah kita imannya kuat apa enggak. Kalau imannya ga kuat, tau itu dosa mah tetep aja dilakuin. Makanya negaranya ga pernah maju, lha wong manusianya pada goblok. Kita itu hidup dalam keberagaman, ga mungkin kalo kita bakal diskriminasi kelompok tersebut."

Seketika semua kicep. Tapi gue ngebenerin pendapat Baekhyun sih. Seberapa lo caci maki orang tentang dosanya, toh Tuhan bakal mengadili gue dengan dosa gue sendiri, bukan dosanya orang yang gue caci maki atau gue bakal di ampuni dosanya karena menghakimi orang lain. Mengingatkan boleh, tapi jangan sampe mengadili.

Karena hal itu Baekhyun kena masalah dan bikin dia kecil hati waktu di kampus. Ga banyak mahasiswa yang suka sama dia. Ya, cuma sahabat-sahabat dia, orang-orang yang setuju sama pendapatnya dia doang yang masih berteman baik.

Kating [CHANBAEK / GS]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang