Kedatangan Pak Ali beberapa waktu lalu bukan sekadar main doang, tapi sekalian ngabarin kalau dia bakal berangkat umrah bersama emak dan para rewangnya yang lain, yang seketika bikin aku speechless, nggak bisa berkata-kata.
Aku ngobrolin ini sama Bu Eka dan yang lainnya kemarin, katanya tuh para rewangnya Pak Ali, terutama yang di rumah ada lima orang atau berapa itu, mereka emang udah setia sama Pak Ali dari dulu, nemenin dari pas muda bahkan ada yang sejak dia masih kecil. Dari sana aku pun dapat kabar kalau ternyata Pak Ali udah pernah haji juga.
Ya semoga bapak ibuku bisa nyusul deh, keduanya masih nunggu giliran, satu tahunan lagi. Meski pun kami pernah umrah juga, tapi mereka merasa belum ayem kalau kewajiban yang satu itu belum terlaksana.
"Kok kayak kurang manis ya ini, Nok?" tanya Ibu sedikit gusar sambil menyodorkan sepotong pie buah memintaku buat ngicip.
Satu gigitan dan aku menggeleng. "Udah pas ini, Pak Ali nggak suka manis kok."
"Kan yang makan gak cuma Pak Ali. Piye to kamu ini!" menggerutu lah Bu Anis, mampus itu siapa yang bikin, siap-siap aja kena semprot ibuku.
"Siapa ini tadi buat pie? Kowe Jum? Oalaaaaah! Mbok ya diicip-icip..."
Kan, benar. Masih panjang itu, hanya aja mulai sayup karena aku pilih menjauh dari dapur yang super ngebul ini. Aku kalau lihat yang ruwet-ruwet begini jadi pusing sendiri, padahal juga nggak disuruh ngapa-ngapain.
Omong-omong, ibuku dan rewang-rewangnya lagi sibuk banget kerjain pesanannya Pak Ali buat tasyakuran bareng keluarga nanti. Udah jarang ya sekarang kalau ada yang pulang haji atau umrah gitu adain tasyakuran, ini Pak Ali juga sama keluarga dan kerabat doang. Aku sekeluarga? Jelas diundang, dong! Bahkan aku udah nyiapin gamis kaftan bling-bling dari jauh-jauh hari.
Biar silau itu nanti matanya Bu Retno ngelirik aku.
Deg-degan juga sih tapi sebenernya, aku bakal ketemu banyak keluarganya, temen-temen deketnya juga, yang kurasa pasti bukan rakyat warung begini. Rasa minder pasti ada ya.
"Ponakanmu mana, Has?"
"Main sama Bapak," jawabku sekenanya atas pertanyaan Mbak Listi, mengabaikan dia yang rempong banget hiasin kue tampah, aku malah leyeh-leyeh.
"Dibawain apa kamu kira-kira sama Pak Ali?"
"Emas batangan buat mahar," nyemprul mulu emang aku ini, sedangkan Mbak Listi terbahak-bahak.
"Jangan cuma omong, bilang gitu lho, aku udah siap, Pak, wis lhang langsung nikah. Emang apa lagi yang mau ditunggu? Wong kamu kemarin-kemarin juga curhat sendiri kalau pengin kawin, usiamu juga wis cukup. Pak Ali itu gak nuntut apa-apa darimu, Nok, aku denger Bapak ngobrol sama Ibu kapan hari itu."
"Aku loh, Mbak ... kalau dibilang suka ya suka ya, siapa sih yang nggak suka? Bibit bebet bobot jelas, nggak ada jejak buruk-buruk, namanya tersohor, tapi saking mashyurnya itu yang bikin aku minder sendiri kadang. Mbak nggak ngerti aja kemarin loh pas aku ketemu sama Bu Retno itu, dia loh, banding-bandingin aku sama anak kenalannya yang katanya deket sama Pak Ali, katanya mandiri, sukses di Belanda, karirnya keren, nyenyenyenye," curhatku menggebu, bibirku sampai mencebik-cebik.
"Halah ngapain diurus, wong cuma keluarga sambung, yang penting Pak Ali nya, beliaunya itu nyambungnya samamu ya wis. Aku loh, Has, kurang opo mbakmu? Dari dulu juga diomongin gini gitu sama mertuaku, aku sama Mas Yoyok diejek sama budhe budhenya, dibilang yang paling gagal lah, opo lah. Ya emang, ngefek lah ya, berantem-berantem kecil di rumah tangga itu wis biasa lah, nambahi bumbu. Namanya omah-omah ya gitu, gak bisa kamu ngayalnya harapnya luruuuus wae, gak ada rintangan, gak ada batu, justru yang geronjal-geronjal itu bikin pegangan tanganmu sama bojo jadi makin kuat. Kecuali ... kalau emang parah nyerang mental ya wis, lepas aja. Tapi kalau cuma sebatas ngomong ini unu gak guna ya abaikan."
KAMU SEDANG MEMBACA
Ji, Ro, Lu, Linu!
RomanceLelah dengan pekerjaannya sebagai budak korporasi di kota metropolitan membuat Hashi Mahika ngacir pulang ke kampung halaman dan menjalankan minimarket. Mengorbankan uang tabungan tak lupa tunjangan dari bapak ibu, maka jadilah. Tidak apalah penghas...