"Sebelumnya kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu sel. Sel adalah unit struktural dan unit fungsional terkecil dari makhluk hidup." Jelas Arin sembari menunjukan gambar sel di karton.
"Walaupun unit terkecil, tetapi sel disusun oleh beberapa senyawa kimia, yaitu senyawa organik dan senyawa anorganik. Pada kesempatan kali ini, kelompok kami akan menjelaskan senyawa organik sel yaitu karbohidrat dan lemak." Lanjut Chio.
"Karbohidrat merupakan senyawa organik yang tersusun dari unsur C,H dan O. Karbohidrat yang terkandung dimakan, ternyata berperan juga untuk sel pada tubuh kita." Lanjut Arin menunjuk bagan senyama karbohidrat.
"Karbohidrat memiliki beberapa fungsi dalam sel, yakni sebagai respirasi sel dan penyusun komponen pada dinding sel tumbuhan dan penyusunan komponen RNA dan DNA." Jelas Chio yang diselilingi memperlihatkan gambar dinding sel tumbuhan.
"Sama seperti dengan karbohidrat, lemak juga merupakan senyawa organik yang tersusun oleh unsur C,H dan O. Lemak juga berfungsi sebagai penyusun beberapa bagian sel. Contohnya adalah penyusun membran sel." Jelas Arin.
"Mungkin cukup sekian penjelasan dari kelompok kami tentang senyawa organik karbohidrat dan lemak. Apakah ada yang ingin bertanya?" Chio mulai membuka sesi pertanyaan.
"Saya!" Sunny si juara kelas, langsung mengangkat tangannya.
"Silahkan Sunny." Chio mempersilahkan.
"Saya ingin bertanya jenis karbohidrat apa yang menyusun komponen RNA dan DNA?"
"Jenis karbohidrat yang menyusun RNA dan DNA ada gula pentosa atau gula yang tersusun dari 5 karbon." Jawab Arin secara jelas.
"Gula pentosa kan ada beberapa macam? Apakah semuanya menyusun RNA dan DNA?" Tanya Sunny lagi.
"Sial, gue gak tau jawabannya lagi. Arin tau gak yah?" Batin Chio.
"Tidak semua. Gula pentosa yang menyusun RNA adalah gula ribosa, sedangkan yang menyusun DNA adalah gula deoksiribosa." Jawab Arin lagi.
Guru Biologi mengangguk-ngangguk, seperti puas akan jawaban Arin saat menjawab si juara kelas, Sunny. Chio yang awalnya cemas, akhirnya bisa bernafas lega. Ia tidak menyangka walaupun lemot dan suka bikin kesal, Arin bisa diandalkan juga.
"Apakah ada lagi yang ingin ditanyakan?" Tanya Chio kembali.
Jessie mengangkat tangannya. Walaupun Jessie bukan termasuk orang yang berambisi tentang pelajaran, tapi Biologi adalah salah satu pelajaran yang ia sukai.
"Saya penasaran dengan lemak yang menyusun membran sel." Tanya Jessie.
"Salah satu lemak yang menyusun membran sel adalah fosfolipid yaitu senyawa lipid yang mengandung gugus ester fosfat." Jawab Chio secara lancar.
"Apakah ada yang mau ditanyakan lagi Jes?" Tanya Arin. Takutnya Jessie ingin bertanya lagi atau memberi sanggahan.
"Cukup sudah terjawab. Terimakasih." Jessie tersenyum. Ia merasa, ia mengetahui hal baru tentang sel sekarang, dan ia menyukai itu.
"Seperti sudah tidak ada lagi yang bertanya. Sekarang giliran ibu yang bertanya." Guru Biologi tiba-tiba mencela dan sukses membuat keringat Chio dan Arin mengalir deras.
"Kalian tadi sudah menyebutkan fungsi karbohidrat ada penyusun dinding sel tumbuhan. Karbohidrat apa yang menyusun dinding sel tumbuhan?" Tanya Guru Biologi.
Keringat Chio makin mengalir deras. Ia sama sekali tidak tahu jawaban atas pertanyaan gurunya. Chio pasrah, nilainya tidak akan sempurna sekarang.
"Selulosa, Bu." Arin berhasil membuat Chio melongo dengan jawabannya.
KAMU SEDANG MEMBACA
MY PERFECTIONIST BOYFRIEND [TERBIT]
Novela Juvenil[Beberapa part sudah dihapus] [Visual : Mashiho & Kyujin Nmixx] Kehidupan cinta remaja indah yang dibayangkan oleh Arin ternyata tidak berjalan mulus. Bukannya berlayar dengan cinta pertamanya-Yovan, Arin malah harus bertemu dan selalu berurusan den...