"Mau gue kenalin gak ke temen gue, teh? Ada nih! Duda sih, tapi boleh banget, ganteng! Dia cerainya karena gak cocok sama istrinya!"
Gini nih Tian, dari kejadian mas Arim ke rumah waktu itu, dia jadi ngebet banget pingin jodohin aku sama teman-temannya yang pilot itu. Biar hidupku aman dan terjamin katanya, ck, terjamin sih terjamin tapi kan masalahnya bukan itu. Sekarang, sama laki-laki selain keluargaku sendiri aja aku masih takut. Ini lagi malah disuruh pendekatan sama orang baru.
Tian baru aja jemput aku dari kampus. Ini juga kebiasaan baru sejak kejadian mas Arim. Aku jadi diantar jemput ke mana-mana. Ayah sampai mau buka recruitment supir buat antar jemput aku sama Kale doang. Jelas aku tolak. Mending aku memanfaatkan keluarga untuk jadi supir atau naik gojek atau grab.
Hari ini aku gak langsung pulang, kata Tian mumpung malam minggu aku disuruh ikut dia jalan-jalan. Mumpung ada temennya katanya, Tian sama Nana. Aku sampai ngakak waktu Tian ngajak, maksudnya bukan temen kali ya? Lebih tepatnya suruh jadi obat nyamuk. Ngeliat Tian sama Nana pacarnya kurang nyamuk apa coba?
"Rumah depok jadi lo yang punya?"
Pertanyaan ini lagi, kemarin juga sempet bahas sama Ayah. Katanya karena Tian udah di kasih rumah juga, aku jadi harus mau dikasih rumah. Tian dapet jatah rumah Aki dan Nini di Lembang, kata Ayah, waktu beliau tawarin Tian langsung jawab dia maunya rumah itu. Aku juga mau rumah itu! Tapi ya gimana, Tian udah pilih itu duluan. Lagian aku kayanya bakal lebih lama beli rumah sendiri dan kalau tetep keras kepala pingin rumah jauh-jauh dari Jakarta, aku juga harus mau deal punya karir disana.
Pingin ku sih minta beliin rumah di Jogja. Aku suka Jogja, disana gak seramai Jakarta tapi enggak sesepi waktu di rumah Aki dan Nini. Menurutku Jogja itu tempat terbaik untuk tinggal, walaupun gaji disana lebih kecil dari di Jakarta. Tapi kualitas hidup warga sana lebih tinggi dari pada warga Jakarta yang temenan sama polusi.
Tapi untuk sekarang, aku gak bisa mikir hidup jauh dari keluargaku dulu, apalagi balik ke Jogja. Jogja pasti jadi begitu mengerikan karena ada banyak kenangan baik yang jadi buruk karena ulah mas Arim.
"Teteh pingin liat dulu, tapi kayanya Ayah gak sempet deh akhir-akhir ini. Sibuk terus."
Tian menoleh sekilas "Teteh mau tinggal di Jakarta for good gitu?"
Aku menggeleng "gak tau."
"Karena teteh masih suka kangen Jogja ya?"
Tepat sasaran. Jogja memang se ngangenin itu. Aku masih sangat sering rindu walaupun aku bilang Jogja mengerikan.
"Kamu harus tinggal disana buat tau seberapa indahnya Jogja, Yan. Ada laut, ada gunung, ada kota, ada teman-teman teteh juga di sana. Jakarta, sepi, teteh gak punya temen disini..."
"Gue do'ain teteh dapet jodoh orang sana yang bukan si Tai. Biar teteh bisa balik ke sana." Katanya, lalu tersenyum ke padaku.
Aku membalas senyumnya, tanpa mengamini doanya. Soal jodoh, aku sudah terserah Tuhan sekarang. Yang penting dia bisa membuatku tak takut lagi pada dunia. Itu saja cukup untuk sekarang, aku tidak berharap banyak lagi pada hubungan.
"Ngomong-ngomong teh, mas Wiksa ini aslinya Jogja loh teh, siapa tau cocok, siapa tau loh teh... "
Ya Tuhan, perkara perjodohan lagi. Semua hal, bisa lari ke perjodohan kalau ngobrol sama Artian Samudra Gentala. Denger aja sekarang, dia udah mulai promosiin semua kelebihan mas Wiksa mas Wiksa itu. Gimana dong? Mau gak didengerin juga adikku yang ngomong, mana kita lagi semobil, masa diem-dieman!
"Kenalan aja dulu teh, kenalan, gini nih orangnya."
KAMU SEDANG MEMBACA
Bahagia
RomanceKabur. Hanya itu yang Namara Lembah Paramitha pikirkan ketika menjauh dari Jogjakarta. Sayangnya sebelumnya Namara tidak pernah berpikir bahwa kabur tidak menyelesaikan masalah, malah akhirnya menambah masalah yang sudah ada. Ini cuma cerita anak su...