Dok Usia pasien 55
Jenis kelamin laki laki
Hasil rontigen kekurangan cairan sendi dan pernah disuntik tambah cairan
Kondisinya sekarang sedang bengkak diarea lutut bagian bawah dan samping disertai nyeri dok,
Mohon petunjuk.Hasil ronsen tdk akan menuliskan kekurangan cairan sendi. Itu bahasa awam pasien yg bisa jadi juga sesuatu yg diawamkan dokter ke pasien.
Suntik tambahan cairan sendi itu jarang dilakukan. Yg banyak dilakukan dokter adalah suntik steroid. Tapi tanpa melihat obatnya langsung, ini saya hanya berasumsi.
Dan kalau diawamkan dokter kurang cairan sendi, maka ini kasus pengapuran, atau osteoarthritis. Masalahnya gak diceritakan BB berapa.
Dari data yg ada saya cuma bisa membantu itu. Blm bisa saran terapi juga. Karena masih gelap.
Intinya : makin banyak data dan spesifik, maka makin mudah dibantu. Terapis itu memang spt detektif. Ngorek data utk mengambil keputusan.
Memang utk bisa jadi detektif yg melacak penyakit perlu bekal, yakni bekal pengetahuan ttg penyakit nya. Shg langkah awal seorang terapis hra punya bank data segala macam penyakit dgn senua gejalanya.
Misal pengapuran atau osteoarthritis. Ini biasa di usia 40 th ke atas, biasanya gemuk atau pekerja keras. Krn memang penyakit ini efek dari pemberian beban ke sendi yg berlebihan.
Jadi yg hrs diketahui umur, BB, tinggi Badan, riwayat pekerjaan, dan kronologi penyakitnya yakni apakah muncul tiba2 atau berjalan pelan tapi intensitas nya naik makin nyeri.
Pada kasus yg dilaporkan kenapa saya bilang di awal curiga ke pengapuran, krn ada iatilah sendinkurang pelumas. Ini khas bahasa awam utk pengapuran.
Nah pengapuran ini ada 4 derajat. Kalau masih sampai derajat 2 masih bisa tanpa intervensi apa2. Cukup lifestyle dan herbal. Tapi kalau derajat 3 apalagi 4, ini yg sangat susah bahkan hrs operasi.
Tahunya derajat berapa, ya dari bacaan foto ronsennya.
Ini kaitannya dgn *gut-joint axis*.
Bahwa apa yg dimakan dan berproses di pencernaan itu mempengaruhi proses inflamasi persendian.
Faktor lainnya adalah aging, atau penuaan. Dan *sugar adalah pro aging*. All Carbs are sugar.... Semua karbohidrat adalah gula, kecuali serat.
Gula pasir berperan besar dalam osteoarthritis ( termasuk nyeri lutut) yaitu gejala tulang keropos
https://www.verywellhealth.com/sugar-and-arthritis-5093235
KAMU SEDANG MEMBACA
KONSULTASI PENYAKIT
No Ficciónberisi kumpulan konsultasi pasien dengan dokter sekaligus herbalis. semoga bermanfaat 😊