*PENTINGNYA PUASA INTERMITTENT (BERKALA)*
Tubuh selalu berada dlm 2 kondisi : *FED/MAKAN STATE (ANABOLIK)* dan *FASTED/PUASA STATE (KATABOLIK)*
Fed State itu *energi didapat dari makan* dan sifatnya anabolik, yakni menyusun, membentuk dan menyimpan.
Sedangkan Fasted State itu *energi didapat dari simpanan/cadangan makanan*, shg sifatnya *katabolik* yakni memecah, mengolah dan merombak.
Kondisi *Fasted State atau puasa*, itu kondisi yg tercipta saat tubuh *tidak kemasukan makanan sejak 12 jam*.
Jadi kalau kita tiap 8 jam makan (sehari makan 3x) *maka tidak akan pernah mengalami yg namanya kondisi Fasted State.*
Atau dgn kata lain, tubuhnya selalu dalam kondisi *Fed State atau Makan*. Shg sifatnya selalu ANABOLIK terus. Selalu menyusun, membentuk dan menyimpan.
Pertanyaannya, apanya yg mau disusun dan dibentuk (anabolik) kalau tubuh tdk mengalami perombakan dulu (katabolik)..? Nggak ada. Di sinilah sel2 rusak yg masih hidup akan selalu dipertahankan hidup, tdk dirombak, karena tubuh tdk pernah diberi kesempatan utk merombak dan mengurai (katabolik).
Beda halnya jika diberi ruang utk merombak, maka saat masuk proses menyusun itu akan digunakan utk menyusun sel baru yg lebih sehat dan lbh berkualitas, karena sel jeleknya dimatikan dan dirombak melalui autofagi saat fasted state (katabolisme).
Jadi setidaknya kasih kesempatan tubuh utk fasted state atau puasa. Kalau gak makan 12 jam, itu baru mulai. Bagusnya ya 13 jam ke atas. Kalau puasa 13 jam berarti perombakannya sejam. Lumayan.
Minimal 14 jam, biar yg rusak2 dirombak selama 2 jam. Paling bagus lagi puasa intermittent 16 jam, yakni dari jam 08.00 malam sampai jam 12.00 siang, ini perombakannya maksimal. Barulah nanti disusun ulang dgn sel baru saat fed state.
Inilah yg namanya balance. Makan 3x sehari dgn dikasih ngemil di sela2 makan besar adalah habit yg bikin imbalance. Tidak imbang antara anabolik dan katabolik, antara fed dan fasted state. Dan ini adalah pintu gerbang penyakit manusia modern.
Paling bagus beguni :
*Jam puasa : 8 malam - 12 siang*
*Jam makan: 12 siang - 8 malam*
Jika tubuh hanya dominan anabolik (menyusun, membentuk dan menyimpan) sementara tdk pernah diberi kesempatan utk katabolik (memecah, mengurai, merombak), maka yg terjadi *Fungsi Anabolik hanya difokuskan untuk menimbun kelebihan makanan dalam bentuk trigliserid (gajih)*
Hasil akhirnya Overweight dan Obese.
KAMU SEDANG MEMBACA
KONSULTASI PENYAKIT
No Ficciónberisi kumpulan konsultasi pasien dengan dokter sekaligus herbalis. semoga bermanfaat 😊