Prolog.

2K 107 8
                                    

Reinkarnasi.

Apa arti dari kata itu?

Menurut Wikipedia; Reinkarnasi adalah suatu kepercayaan bahwa seseorang akan mati dan dilahirkan kembali dalam bentuk kehidupan lain.

Reinkarnasi berasal dari bahasa latin yang berarti "lahir kembali" atau "lahir semula". Artinya reinkarnasi adalah konsep kehidupan yang terulang.

Beberapa orang percaya semua manusia akan mengalami proses reinkarnasi, mereka akan lahir terus menerus sesuai apa yang dia kerjakan selama hidupnya. Beberapa orang lain juga percaya kalau seseorang akan mengalami reinkarnasi apabila dia berhasil melakukan kebaikan, atau mungkin bersatu dengan kesadaran agung.

Konsep reinkarnasi dipercaya oleh Hindu dan Buddha. Lalu bagaimana dengan Islam yang merupakan mayoritas penduduk Indonesia? Bagaimana pandangan reinkarnasi menurut agama Islam?

Sejauh ini belum ada konteks yang sama persis dengan reinkarnasi, namun ada kesamaan antara kepercayaan mengenai manusia yang akan dibangkitkan di akhirat. Mereka akan dihitung amal perbuatannya, barang siapa yang memiliki amal baik/Sholeh mereka akan masuk surga, sebaliknya untuk mereka yang memiliki dosa besar, mereka akan kekal di neraka jahanam.

Lalu bagaimana dengan pandanganku mengenai konsep Reinkarnasi? Sejauh ini aku masih menganggap reinkarnasi merupakan kepercayaan, tidak nyata, dan tanpa bukti. Aku bukan terlahir dari keluarga Hindu maupun Budhha, jadi aku jauh dari pemahaman yang seperti itu, lalu aku juga tidak begitu percaya tentang kehidupan setelah mati, baik itu akhirat maupun dunia lain.

Namun anggapan itu harus aku ubah sekarang juga, karena aku harus mengakui kalau reinkarnasi adalah nyata.

Aku bereinkarnasi ke dalam buku novel absurd

"Sebenarnya sampai saat ini juga aku belum bisa percaya dengan apa yang terjadi kepadaku."

Aku menghela nafas panjang, pasrah dengan apa yang telah terjadi kepadaku selama ini.

Kedirajaan AbadiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang