Through Troubled Times
Sepekan kemudian, tim operasi khusus yang terdiri dari 30 anggota elit memasuki Gunung Abadi dengan persenjataan lengkap.
"Misi kita adalah menemukan pusat Protofield dan menghapusnya untuk menghentikan pembuatan Wanderers. Lokasi yang diperkirakan ada di lembah tebing utara. Operasi ini lebih sulit dan bahkan lebih berbahaya dari operasi lainnya sebelumnya, jadi kalian semua harus tegas mengikuti perintah dan melakukan segalanya demi keselamatan..."
Saat pemimpin grup, Kapten Xander, menghentikan penjelasannya tentang pencegahan untuk mengambil peta, William mendekat dan bertanya kepada Zayne, "Kamu menulis wasiat untuk siapa?"
Dia penasaran tentang siapa yang dianggap penting oleh Zayne, yang tampaknya tidak memiliki emosi.
Zayne malah mengalihkan pertanyaan. "Kamu menulis wasiat untuk siapa?"
William batuk dan berkata, dengan suara yang berbeda, "Aku akan memperkenalkannya saat kita kembali."
Meski sudah mempersiapkan diri secara mental, Zayne tidak menyangka bahwa "kembali" menjadi kemewahan yang tidak bisa didapatkan.
Saat mereka semakin dalam menjelajahi pegunungan, medan menjadi lebih berbahaya, dan fluktuasi energi semakin keras. Untuk setiap langkah maju, tim operasi harus berjuang, menghabiskan waktu dan energi mereka.
Dengan setiap rekan tim yang jatuh, tanda di buku catatan Zayne bertambah. Pada saat yang sama, dia berubah dari medis tempur menjadi prajurit. Namun, pertumpahan darah tidak berhenti. Malaikat Maut dalam mimpinya muncul sekali lagi, menatapnya dengan mata yang dingin.
Dengan selamat dari kematian sekali lagi, Kapten Xander harus membuat keputusan.
Mereka sendiri tidak bisa menahan fluktuasi energi Protofield. Jika mereka terus maju, itu hanya akan menimbulkan lebih banyak korban.
Mereka harus bertindak cepat dan menghancurkan pusat Protofield.
Ketika William kembali ke tenda, Zayne sedang merawat lukanya. Luka besar di lengan kanannya terbuka lagi, darah mengalir keluar.
William menghela nafas dan memberinya botol obat. "Sebagai dokter, bukankah kamu tahu betapa pentingnya lenganmu? Ada cara lain untuk menyelamatkan orang yang tidak melibatkan kamu menerima pukulan dari Wanderer atas nama mereka."
"Aku tahu apa yang aku lakukan."
"Aku rasa kamu tidak." William bertanya, "Zayne, aku selalu merasa bahwa kamu lebih putus asa dibanding orang lain ketika datang untuk menyelamatkan orang. Aku telah melihat staf medis yang berdedikasi, tapi tidak ada yang seulet kamu. Apakah ada sesuatu yang membebani kamu?"
"Tidak," jawab Zayne.
"Ada."
"...Sama sekali tidak."
Setelah Zayne selesai merawat lukanya, dia mengambil sleeping bag-nya dan berbaring dengan cara yang menunjukkan dia ingin beristirahat dan tidak diganggu. William tetap di tempatnya, jelas tidak mau pergi sampai dia mendapatkan jawaban. Keduanya berada dalam kebuntuan. Pada akhirnya, Zayne mengakui kekalahan.
"Bertahun-tahun yang lalu," katanya setelah waktu yang lama, "Aku hampir membunuh seseorang yang penting."
William terkejut. "Apa yang terjadi?" Dengan menggenggam udara yang dingin dengan tangan kanannya, Zayne melepaskannya.
"Aku kehilangan kendali atas Evol-ku."
Malam itu, darah di tangannya terus menetes ke tanah, menetes ke dalam mimpinya.
Musim panas ketika dia berusia 12 tahun sangat panjang. Setiap hal kecil - seperti tanaman ivy yang merambat di dinding halaman, stan yang menjual es lilin, ayunan di taman - jelas dalam pikirannya, seolah-olah itu baru kemarin. Badai salju mengakhiri musim panas itu.
Itu adalah kali pertama Grim Reaper berjubah hitam muncul dalam mimpinya.