Part 18

31 2 0
                                    

Penyakit Bong Jae-hyun


(A) DELIRIUM

Delirium adalah kondisi medis yang ditandai dengan kebingungan akut, perubahan kesadaran, dan gangguan perhatian. Biasanya berkembang secara tiba-tiba dan dapat disertai dengan gejala seperti halusinasi, agitasi, atau perubahan suasana hati. Delirium sering kali disebabkan oleh kondisi medis yang mendasari, seperti infeksi, ketidakseimbangan elektrolit, atau efek samping obat. Penanganan yang tepat memerlukan identifikasi dan perawatan penyebab yang mendasari serta dukungan medis untuk mengatasi gejala.

{×}GEJALA

Gejala delirium dapat bervariasi, tetapi umumnya mencakup:

1. Kebingungan dan Disorientasi: Kesulitan memahami waktu, tempat, atau identitas orang-orang di sekitar.

2. Gangguan Perhatian:
Kesulitan fokus atau mempertahankan perhatian pada tugas atau percakapan.

3. Perubahan Kesadaran:
Tingkat kesadaran yang fluktuatif, seringkali dengan penurunan kesadaran yang mendalam.

4. Gangguan Kognitif:
Masalah dengan memori, penilaian, dan kemampuan berpikir yang logis.

5. Halusinasi dan Delusi:
Melihat, mendengar, atau percaya pada hal-hal yang tidak nyata.

6. Perubahan Suasana Hati:
Bisa berupa agitasi, kecemasan, atau apatis.

7. Gangguan Tidur:
Kesulitan tidur atau pola tidur yang tidak teratur.

Gejala ini bisa muncul dan berkembang dalam waktu singkat, seringkali dalam hitungan jam atau hari, dan mungkin juga fluktuatif sepanjang hari. Segera mencari penilaian medis sangat penting untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.



(B) DEPRESI

Depresi adalah gangguan suasana hati yang ditandai dengan perasaan sedih, kosong, atau tidak berharga yang bertahan lama, serta penurunan minat atau kesenangan dalam aktivitas yang biasanya dinikmati. Gejala depresi dapat mencakup:

1. Perasaan Sedih atau Kosong:
Perasaan terus-menerus sedih, kosong, atau hampa.

2. Kehilangan Minat:
Tidak lagi menikmati aktivitas yang sebelumnya disukai.

3. Perubahan Selera Makan:
Penurunan atau peningkatan berat badan yang signifikan.

4. Gangguan Tidur:
Kesulitan tidur (insomnia) atau tidur berlebihan.

5. Kelelahan:
Merasa lelah atau kurang energi hampir sepanjang waktu.

6. Gangguan Konsentrasi:
Kesulitan berkonsentrasi atau membuat keputusan.

7. Perasaan Tidak Berharga:
Merasa tidak berharga atau memiliki rasa bersalah yang berlebihan.

8. Pikiran tentang Kematian atau Bunuh Diri:
Mempunyai pikiran tentang kematian atau bunuh diri.

Gejala ini bisa memengaruhi kemampuan seseorang untuk menjalani aktivitas sehari-hari dan bisa berlangsung selama beberapa minggu atau lebih lama. Penting untuk mencari bantuan profesional jika mengalami gejala depresi, karena terapi dan pengobatan yang tepat dapat membantu dalam pemulihan.

MiNe | BxB | ENDTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang