Review - 18

258 14 1
                                    

Review oleh Putri Thasha Hyderia
109-RTS

Judul: LiFe
Penulis: raatommo
Genre: Romance
Penerbit: Ikon
Tahun Terbit: 2017

Blurb/Sinopsis singkat:
Felicia Ann, atau yang lebih akrab disapa Fee, adalah seorang mahasiswi jurusan musik. Ia mempunyai seorang kakak yang telah menikah dan memiliki dua orang anak. Kehidupan mereka cukup baik pada mulanya, namun ketika sang kakak meninggal, hidup Fee langsung berubah 180 derajat.

Sebelum meninggal akibat penyakit yang ia derita, kakak Fee menyerahkan kedua orang anaknya dalam penjagaan Fee. Fee bukan tipe orang yang bisa mengurus anak kecil, namun dia tetap berusaha demi keponakan-keponakan yang paling ia sayangi.

Liam, suami kakak Fee, mengalami depresi setelah kematian istrinya. Pria itu memfokuskan diri pada pekerjaan, dan tak lagi memperhatikan anak-anaknya dengan baik.

Muak dengan sikap Liam tersebut, Fee akhirnya menyampaikan sebuah solusi untuk mereka semua. Demi memenuhi janji pada Fiona untuk menjaga suami dan anak-anaknya, Fee bersedia menjadi istri Liam meski Liam bukan orang yang dicintainya.

Bukan hanya mengorbankan waktu, Fee terpaksa ikut mengorbankan kebahagiaannya. Terlebih, Liam bukanlah orang yang mudah diajak bekerjasama. Pengacara terkenal itu selalu bersikap dingin terhadap apa pun. Berkebalikan dengan Fee yang urak-urakan, Liam bagaikan sosok dewa yang menjunjung tinggi kesopanan.

Lalu, bagaimanakan kelanjutan kehidupan pernikahan Fee? Apa yang harus ia lakukan ketika Sammy, sahabat sehidup-sematinya tidak merestui ide gila tersebut?

Review cerita ala kamu:
Buku ini menggunakan sudut pandang Fee, sang tokoh utama. Ceritanya dibuka saat Fee tengah menemani kakaknya yang sedang sekarat di rumah sakit. Aura sedihnya sudah dimulai dari lembar pertama.

Aku sudah lama membaca buku ini, bahkan sebelum versi cetaknya tersebar di toko buku. Sejak awal, aura cerita karangan Kak Raatommo ini sudah memikat. Dengan pembawaan yang sedikit mirip novel terjemahan, aku sudah dihipnotis sejak awal cerita.

Biasanya, aku tidak terlalu suka dengan tokoh utama. Well, tokoh sampingan selalu lebih menarik bagiku. Tapi di LiFe, Kak Raatommo berhasil membuatku jatuh hati dengan karakter Fee. Gadis tangguh sekaligus rapuh yang entah bagaimana bisa membuatku merasakan apa yang ia rasakan dalam hidupnya.

Namun bukan hanya karakter Fee yang membuatku tertarik, aku juga suka dengan penggambaran dirinya: gadis nyentrik yang suka gonta-ganti warna rambut. Bayangkan, di sepanjang buku ini, rambutnya diwarnai dengan warna ungu! Suka banget sama pilihan warnanya itu, haha!

Kemudian, tokoh selanjutnya yang aku sukai adalah Sammy. Seorang pemuda keturunan Korea yang cuma bisa ngomong kamsahamnida (terima kasih dalam bahasa Korea). Dia ini BFF-nya Fee. Sifatnya seratus kali lebih gila daripada tokoh utama kita. Bayangkan, di pernikahan Fee, dia memakai topi Sombrero dan berdansa dengan bunga mawar diselipkan di bibirnya hanya untuk membuat Fee merasa kesal.

Dan kemudian, tentu saja Liam. Pengacara terkenal dengan sifat yang sangat tertutup. Dia tidak pernah menganggap Fee sebagai seorang wanita di awal-awal pernikahan mereka. Dia menikahi Fee hanya agar kedua orang anaknya tidak kehilangan kasih sayang seorang ibu. Dia ayah yang baik, Fee juga mengakui itu. Tapi tetap saja perilakunya yang menyebalkan selalu menjadi alasan mengapa ia dan Fee sering bertengkar.

Kemudian, dua orang tokoh yang membuatku tambah jatuh hati pada buku ini: Tyler dan Danika! Dua bocah unyu yang rasanya pengen kuuyel-uyel sepanjang buku. Dijamin, bagi kalian yang sudah membaca LiFe, pasti akan jatuh cinta pada dua anak manis ini.

•••••

Alasan lain buku ini wajib kamu baca adalah, plot dan alurnya yang sangat menarik. Bisa dikatakan, LiFe adalah buku Wattpad pertama yang berhasil membuatku jatuh cinta. LiFe tidak membahas kisah cinta secara menye-menye atau terlalu mendrama seperti yang biasa kita temukan di novel Wattpad lainnya. Kisah Fee dan semua orang di hidupnya ditulis dengan matang. Hampir realistis malah, kesannya.

Karakternya tidak hanya stuck di satu sifat saja, setiap karakter di buku ini berkembang sesuai dengan kejadian apa yang mereka alami dalam hidup mereka.

Tiap tokoh dibuat memiliki masa lalu masing-masing. Pembaca dibuat menangis dan tertawa sampai buku ini habis. Ada banyak hal yang tidak kusangka akan terjadi, ada banyak hal yang tidak kuperkirakan pernah dialami Fee. Semua dijadikan kejutan. Dan jujur saja, aku cukup shock dengan semua itu.

Bahkan setelah aku membaca versi cetaknya, aku tidak sanggup menahan tangis karena semua peristiwa yang terjadi. Pengen spoiler, sih. Tapi karena spoiler itu dosa, mending kamu rasain sendiri gimana 'gila'nya buku ini. Sejauh ini, LiFe adalah buku Wattpad favoritku.

Dijamin kamu bakal puas dan gregetan sampai lembar terakhir! Salut buat Kak Raatommo dan semua karyanya!

Quote dari cerita:

•“Tidak akan ada hidup baru bagimu jika kau mulai semuanya dengan kebohongan.”
—Hlm. 333

•“Cinta itu kata besar yang tidak bisa diumbar dan asal disebutkan oleh orang baru di kehidupanmu.”
—Hlm. 248

A Moment To Remember - Review StoryWhere stories live. Discover now