Dari setiap cerita, terlihat sekali kami ini seperti anak-anak yang salah masuk sekolah, tak pernah serius dalam belajar, selalu mengabaikan guru dan ada saja tingkah konyol kami. Namun di balik itu semua, ada hal yang paling membuat kami harus serius 100%. Mungkin...
Ya, itu adalah saat kami harus menghadapi ujian-ujian baik teori maupun praktek. Lagi-lagi aku harus mengatakan, bahwa sekolah kami ini berbeda dengan sekolah pada umumnya. Kami harus menjalani ujian selama satu bulan penuh. Itu semua karena mata pelajaran kami banyak. Mata pelajaran umum saja ada kurang lebih 5 mata pelajaran, sedangkan mata pelajaran produktif kami untuk analis kurang lebih ada 10 mata pelajaran dan di antara 10 mata pelajaran itu juga ada bagian prakteknya kurang lebih ada 5 mata pelajaran yang ada praktek maupun teorinya. Ya, bisa di hitung kurang lebih kami harus ujian 20 mata pelajaran. Kemungkinan kami menyelesaikan ujian teori selama 3 minggu sedangkan praktek seminggu.
Di saat ujian seperti ini kami semua benar-benar sibuk. Sibuuukkk sekalii...
"ini buku Farrah belum" aku memberikan buku catatan Farrah kepada Retno dan Heni yang sedang berada di toko foto copyan.
"yaudah foto copy buruan. Si Farrah kan rajin nyatet" ucap Heni
"iya, gua banyak yang gak nyatet soalnya" ucapku
"untung ada Farrah sama Winarsih ya, rajin nyatet semua hehe"
"hahaha betul" ucapku dan Heni
Inilah salah satu kesibukan kami saat menjelang ujian. Kami semua sibuk foto copy catatan teman yang mana catatan kami belum lengkap. Ini adalah trik biar gak capek nulis hehe. Kami pun juga banyak kesibukan lainnya. Kami harus belajar mati-matian hingga rasanya kami seperti orang-orang yang cerdas, mengurung diri di kamar.
"Hiperglikemia, yakni kondisi dimana kadar gula darah di atas normal. Sedangkan Hipoglikemia, yakni kondisi dimana kadar gula darah di bawah normal. Ada 3 macam pemerikasaan glukosa darah, yaitu pemeriksaan glukosa sewaktu (tidak berpuasa), glukosa puasa dan glukosa 2 jam post prandial atau disebut glukosa 2 jam PP.
Metode pemeriksaan glukosa darah ada metode kimia atau reduksi, metode enzimatik.... blaa.... blaa...." aku terus menghafal dan menghafal di dalam kamar.
Saat ujian seperti ini aku benar-benar seperti ayam di dalam kandang, tidak keluar kamar sama sekali karena belajar yang harus di penuhi dengan hafalan-hafalan.
"itu si Lisa gak ada suaranya belajar" ucap ibuku. Pasalnya aku jika menghafal harus dengan suara yang keras agar mudah menghafal.
"krieett..." pintu kamarku terbuka
"tuh kan, dia tidur" ucap mba Ita
"kebiasaan kalo belajar tidur" aku tertidur di atas buku kimia klinik yang tebal itu, di saat menghafal materi yang begitu banyak.
Hehehe setiap kali aku belajar untuk ujian dan di kamar suara ku sudah tak terdengar itu artinya aku tertidur.
"hah! Jam berapa nih?" aku terkejut mendapati diriku ketiduran saat belajar.
"jam 11? Waduh udah malem. Masih banyak lagi yang mesti di apalin. Kenapa sih kimia klinik mesti di gabungin sama farmasi? Dua-duanya banyak banget apalannya. Huft!" aku segera duduk kembali duduk di atas kasur ku dan kembali menghafal lagi. Aku lihat mba Ita rupanya sudah tidur di kasurnya. Hmm.. enaknya tidur nyenyak.
"laper lagi, makan dulu deh"
Saat aku ke dapur, lemari makanan sudah tidak ada makanan lagi, alhasil aku mengambil sebuah mie instan di warung milik ibuku hehe. Aku pun makan mie di dapur sambil menghafal apa yang harus di hafal. Tanpa ku sadari, ternyata aku belajar hingga jam satu malam. Aku rasa aku harus segera tidur untuk energi besok pagi ujian. Biarlah sebagian yang belum ku hafal, besok pagi saja di sekolah ku lanjutkan menghafalnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Analis Gokil
General Fiction(Tepat hari Sabtu, 30 Juni 2018 SMK ini, SMK Ankes Cagar Budaya telah di tutup) cerita ini yang semulanya di buat untuk bernostalgia dengan kenangan bersama teman dan guru-guru, kini cerita ini sungguh-sungguh di persembahkan untuk para guru-guru da...