Jack -o'-Latern

1.2K 158 0
                                    

Halloween adalah suatu perayaan yang banyak ditemukan hampir di seluruh belahan dunia, terutama pada masyarakat Amerika Serikat. Pada dasarnya perayaan ini di dedikasikan untuk mengenang orang-orang yang sudah meninggal dunia dengan mengukir labu menjadi Jack-o'-lantern.
Masyarakat meyakini bahwa malam Halloween merupakan malam di mana banyak arwah-arwah bergentayangan yang dulunya mati penasaran. Kegiatan yang dilakukan untuk melakukan perayaan ini antara lain trick or treat alias meminta permen atau cokelat dengan mengenakan kostum hantu yang menyeramkan.
Biasanya yang melakukan trick or treat ini sekelompok anak kecil yang mengetuk pintu dari satu rumah ke rumah lainnya.sudah tahukah kamu tentang asal usul Jack-o'-latern dalam perayaan Halloween. Ternyata kisahnya sangat menyeramkan loh.
Berasal dari cerita rakyat Irlandia, Jack-o'-lantern semasa hidupnya dikenal bernama Stingy Jack. Karakter pria ini sangat ugal-ugalan, kerjanya saban hari hanya mabuk dan nipu orang sana sini. Tak perduli orang tua, teman termasuk juga mantan pacar kamu semuanya dikibuli oleh si Jack.
Skip..skip..skip ceritanya. Saat itu Jack merasa bosan juga menjadi orang kismin hingga ia akhirnya menjual jiwanya kepada iblis dengan perjanjian iblis tersebut harus berubah menjadi koin emas agar Jack bisa membeli banyak minuman.
Iblis pun menyepakati dan menganggap si Jack ini bodohnya keterlaluan, masak ia hanya minta koin emas saja sebagai pengganti jiwanya. Tapi ternyata Jack tak se OON yang dipikirkan Iblis. Saat iblis itu menjadi koin emas, Jack menempelkan kalung salib agar ia tidak berubah wujud dan tetap menjadi koin emas.
Korban penipuan Jack bukan hanya iblis saja, setan pun pernah mengalaminya. Saat itu Jack menginginkan buah-buahan diatas pohon agar dijatuhkan ke bawah dan sebagai imbalannya ia akan memberikan jiwanya. Tepat di buah yang terakhir, Jack pun langsung memasang salib di pohon itu, sehingga membuat setan apes tersebut terperangkap diatas pohon seumur hidup.
Setelah Jack meninggal dunia akibat dicekik botol alias mabuk over dosis. Rohnya tidak diterima di surga maupun neraka. Surga menolak Jack karena selama hidup di dunia ia tidak pernah melakukan kebaikan. Begitupun di neraka, iblis dan setan yang terlanjur sakit hati tidak mau menerima kehadiran Jack.
Sejak itulah arwah Jack-o'-lantern terus bergentayangan di bumi. Dan konon setiap penampakannya, ia selalu membawa lampu labu yang berisi bara api. Itulah alasan mengapa setiap perayaan hari Halloween, selalu ada lampion labu di setiap pintu rumah. Konon lampion tersebut berguna sebagai penolak bala, agar arwah penasaran Jack tidak mengganggu masyarakat.

Beyond The StoryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang