Part 5 - RAMADHAN

5.5K 159 5
                                    

Suasana kamar seorang gadis bernama Dafina sangat berantakan. Gimana tidak berantakan coba, baju berserakan di kasur dan sementara itu Dafina dari tadi foto dengan mencoba semua baju.

"Hm jelek jangan yang ini," ucap Dafina sambil mengganti pakaian yang ntah sudah ke berapa kali.

CEKLEK

Suara pintu kamar terbuka, Dafina tidak menyadari bahwa pintu kamarnya terbuka.

"ASTAGHFIRULLAH KAKAK, INI KAMAR APA KANDANG SAPI?! BERANTAKAN SEKALI KAMAR GADIS," ucap Mamanya sambil teriak histeris saat melihat kamar putrinya.

"Astaghfirullah, Ma, untung jantung kakak gak keluar dari organ," kata Dafina sambil mengelus dadanya karena terkejut dengan teriakan Mamanya.

"Lagian juga kenapa kamar berantakan hm? Dan kenapa belum tidur?" Tanya Mama sambil menatap tajam anaknya.

Dafina menggaruk tengkuknya yang tidak gatal, "Anu kakak belum ngantuk jadi kakak memutuskan untuk foto-foto dengan mencoba semua pakaian yang kakak punya," jelas Dafina sambil nyengir.

Fani-Mamanya-hanya menggelengkan kepalanya mendengar pengakuan dari putrinya itu.

"Ya sudah sekarang bereskan semua lalu tidur! Besok puasa hari pertama, jadi jam 3 pagi sudah harus bangun!" Perintah Mamanya sebelum pergi.

Dafina melihat keadaan kamarnya, memang benar kata Mamanya, ini kamar atau kandang sapi? Segera Dafina langsung membereskan pakaian yang sudah ia pakai ke dalam lemari lagi.

________________

Terdengar sebuah teriakan dari arah tempat makan pada dini hari.

"KAK FINA, AYO BANGUN! INI HARI PERTAMA KAKAK SEKOLAH DI BULAN RAMADHAN SETELAH LIBUR SEMINGGU," Teriak Fani membangunkan anaknya itu.

"Iya, Ma. Mama bangunin adek dulu aja," balas Dafina. Memang Dafina mempunya adek kandung tapi beda ayah.

"Adek udah bangun, tinggal kamu aja belum! Mama tunggu 5 menit, belum bangun mama siram kamu," ucap Fani.

Dafina menggeliatkan badannya sebelum mendudukkan diri di kasur. Rasanya kedua mata ini masih tidak rela untuk di buka dan terus meminta untuk di tutup. Dafina dengan berat hati membuka matanya dan langsung menuju ke kamar mandi setelah itu ke ruang makan sebelum mamanya mengomel lagi.

________________

Hari ini adalah hari pertama sekolah di bulan Ramadhan. Seperti biasa, semua murid masuk ke kelas masing-masing. Dan ada sebuah pengumuman dari speaker.

"Halo anak-anak selamat pagi semuanya, diharapkan untuk yang beragam muslim segera menuju masjid sekolah, sedangkan yang beragama non muslim silahkan ke tempat yang sudah disediakan"

Begitulah pengumuman yang diberikan oleh guru lewat speaker. Segera yang beragama muslim menuju masjid & non muslim menuju aula untuk ibadah menurut kepercayaan mereka.

________________

Setelah dari masjid, semua murid yang beragama Islam masuk ke kelas yang sudah di sediakan. Kali ini perempuan di kelas Dafina ditempatkan di kelas 8-7 lantai 2 sedangkan prianya berada di lantai 3. Dan kelas Dafina bersama kelas 7-5. Dafina duduk bersebelahan dengan Monica.

SMP (REVISI)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang