31. Kegiatan KKN 2

6.7K 192 3
                                    

Setelah kemarin kegiatan yang kami lakukan menghadiri acara Imtihan di desa sebelah, sekarang kami akan mempratikkan pengolahan cara membuat Nugget. Nah, bahan olahannya itu dari nasi guys. Jadi kami memberikan judul olahan kita bernama Rice Nugget. Jadi saat ini, aku dan temanku sudah di dapur posko untuk di uji coba. Nanti jam satu siang, kita kumpul di rumah Kepala Desa yang tak jauh dari posko-ku bersama ibu-ibu PKK. Oh ya, kalian belum tahu ya mengenai KKN ini, selain kegiatan Calistung? Jadi, selain tema yang kampus kami berikan itu Calistung, maka kegiatan lain adahan di luar kegiatan kampus, yaitu seperti mempraktikkan apa yang kita punya atau yang sekiranya kita bisa buat semacam bahan makanan yang dapat di jual, atau bahkan alat-alat yang digunakan tidak terpakai, bisa di daur ulang. Maka dari itu, kelompok kami akan menyajikan praktik mengolah nugget.

Awal sebelum berangkat KKN, kami memang sengaja membuat seperti ini untuk bisa dijadikan produk ibu rumah tangga yang tidak harus beli. Bisa buat sendiri loh guys... Nah, nugget ini awalnya tawaran temanku yang jago masak. Sebenarnya aku juga bisa masak, cuma kalau bahan kue memang aku enggak suka. Lebih enak ke masakan makanan. Yuk, kembali ke Nugget guys... Jadi, ini yang rekomendasi adalah temanku, yaitu Nilu Farmilu. Dia memberikan ide resep ini setelah melihat di YouTube. Namun, Nugget yang akan di olah bahan utamanya adalah nasi. Biasanya kalau Nugget kan ayam tuh guys.. tapi untuk yang satu ini, kita ambil bahan utamanya dari nasi. Tapi, nanti kita campurkan dengan bumbu lainnya. Bahan dasarnya juga dari ayam. Nah, setelah ide itu muncul dari temanku, kami setuju dengan pendapat Nilu ini. Dosen pembimbing lapangan kami pun juga setuju pendapatnya temanku. Karena selain KKN ini mengabdi pada masyarakat, jadi kita gunakan kegiatan lainnya yang bermutu dan menghasilkan segi positif, dan hasil dari kelompok kami, bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan bahkan selalu di ingat oleh kami dan masyarakat. Untuk nugget nantinya akan ada dua varian rasa. Pertama original, yang kedua pedas. Jadi, setelah dirembuk sebelum berangkat KKN, saatnya kami menguji coba hasil dari olahan kami yang direkomendasikan dari Nilu untuk mencoba membuat Nugget. Nugget ini bisa kita jual kepada masyarakat hasil olahan kita nantinya setelah kami memberikan penjelasan dan tutorialnya. Dan para ibu-ibu bisa mencoba mempratikkan di rumah. Mungkin dari para readers juga boleh dong yaa buat Nugget dirumah. Akupun juga ingin mencoba Nugget yang sudah di rekomendasikan oleh temanku yang handal. Hahaha! (Handal masak maksudnyaaa).

Masih lanjut dengan masalah kegiatan kami yang kedua yaitu membuat uji coba Rice Nugget. Jika ingin tahu, bahan-bahannya adalah;

3 piring nasi
2 butir telur
Tepung tapioka 5 sdm.
Tepung terigu 5 sdm.
Garam 1/2 sdt
Merica 1/2 sdt
Bawang Putih 5 siung
Tepung roti
3 sendok tepung terigu untuk pelekat tepung roti
Ayam 1/2 kg
Wortel 2 buah biji.

Ini masih bahannya yaa? Untuk cara pembuatannya yaitu;

1. Campur semua bahan-bahannya yaitu; nasi, wortel, ayam, garam, telur, bawang putih, tepung tapioka, tepung terigu, dan merica bubuk.

2. Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam blender sampai halus.

3. Masukkan ke dalam loyang yang sudah di olesi minyak, dan masukkan dalam tempat pengukus selama 25 menit.

4. Keluarkan dari tempat pengukus, diamkan hingga dingin. Nugget siap di cetak.

5. Setelah di cetak, masukkan ke dalam tepung yang sudah di campur air dan taburi dengan tepung roti.

6. Masukkan ke dalam frizer kurang lebih 1 jam. Nugget siap di goreng.

Nah guys, untuk pembuatannya sudah aku tulis yaa... Jadi, yang mau coba disilakan. Semoga memuaskan hasilnya dan cita rasanya. Hehehe..
Ini satu kali pakai loh guys pembuatannya. Karena ini di uji coba dulu di posko. Untuk di kediaman lokasi Kepala Desa, mungkin lebih dari satu kali pembuatan. Sesuai bahan yang dibutuhkan ya guys, ok!.

Pukul 13.00. wib.

Hari ini, kami sudah di kediaman Kepala Desa. Perlengkapan yang kami bawa sudah kami angkut ke lokasi dimana lokasi tersebut akan kami jadikan tempat praktik membuat nugget. Dari ibu PKK juga hadir untuk menyaksikan dan sekaligus mencoba untuk melihat praktik yang kami sajikan cara membuat olahan Rice Nugget. Kami sudah berkumpul, dan siap untuk mengolah bahan yang akan kami sajikan pada ibu PKK. Dari kami ada yang bertugas sendiri-sendiri. Ada yang merekam video, ada yang menyiapkan bahannya, ada juga yang hanya melihat saja. Tapi biasanya, mereka-maksudku teman-temanku ikut membantu tanpa disuruh alias bergantian.

Setengah jam kemudian...

Hasil dari olahan yang sudah kami buat bersama ibu PKK, hasil Rice Nugget-nya seperti ini guys..

Hasil dari olahan yang sudah kami buat bersama ibu PKK, hasil Rice Nugget-nya seperti ini guys

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Tuh... Enak kan? Siapa coba yang enggak mau sama jajanan satu ini. Pasti mau dong yaa... Nah, setelah uji praktik mengolah nugget selesai, maka hasil dari produk yang kami buat, kami berikan kepada ibu PKK, Kades dan kami juga biar kami juga merasakan hasil olahan yang sudah kami buat. Karena kami membuat banyak olahan Rice Nugget. Jadi, tugas kita sekarang yaitu membersihkan tempat yang tadinya kotor, kita cuci. Sebagian ada yang pinjam dari ibu posko kami, dan sebagian juga peralatan dari Istri Kepala Desa untuk alat-alatnya. Kami juga membagi tugas, yang mencuci piring sendiri, yang membersihkan ruangan sendiri. Akhirnya, tugas yang kami kerjakan secara terpisah akhirnya selesai. Dan kami pun segera pulang ke posko untuk membersihkan badan, dan tak lupa untuk sholat. Jadi, saatnya istirahat sejenak sambil menunggu adzan Maghrib tiba. Karena selesainya juga jam 4 sore. Maka, kamipun tiduran sambil memainkan ponsel. Hehehe...

Tinggal satu lagi kegiatan yang akan membawa suasana KKN ini merindukan kenangan bagi kami. Dan pastinya, aku pun juga. ☺

Hihihi...

Syalalalalalala....
Udah bisa update lagi guys... Syukur Alhamdulillah loh yaa... Author nya bisa update lagi. Jadi, author nya berusaha untuk mencari ide cerita yang semenarik mungkin.. dan pastinya juga sudah di tunggu nih sama pembaca. Betul enggak?! Pasti betul!

Dan jangan lupa , di vote dan komentar buat para pembaca yang sudah membaca cerita ini. Jangan sampai enggak vote dan komentar loh ya... Nanti author sedih guys. 😟

Hihihi... Sampai jumpa di postingan berikutnya yaa... Author sayang kalian. Pakai banget!

Sampai jumpa.. 😘

Published;

31 Maret 2019

Penulis ;

Sriwahyuolivm

SENKU (DOSEN KUTUB) Part Lengkap Edisi RevisiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang