1. Taenia solium memiliki kait pada skoleksnya, sedangkan Taenia saginata tidak.
2. Pada manusia, Taenia solium dapat menyebabkan sistiserkosis dan taeniasis, sedangkan Taenia saginata hanya menyebabkan taeniasis.
Galaksi membaca kalimat-kalimat di buku catatannya tanpa minat. Mulutnya komat-kamit tapi tidak ada satupun yang terserap di otaknya meskipun kalimat tersebut termasuk kalimat yang mudah dipahami di luar kosakata ilmiahnya. Tapi siapa yang tau kapan otak Galaksi mau bekerja sama dengan pemiliknya?
Sebuah notifikasi pesan whatsapp berbunyi dari ponselnya. Galaksi langsung saja mengecek ponselnya tanpa berpikir dua kali. Karena akhirnya ia mempunyai alasan untuk tidak lagi menghadapai kalimat-kalimat yang baginya memualkan itu.
Omes alias otak mesum
Lo aman kan?
22.03
Ngapalin biologi nggak bikin lo mampus kan?
22.04Galaksi sedikit terharu membaca pesan dari Joni. Mungkin mereka sudah memiliki telepati sehingga Joni bisa langsung tau kalau Galaksi nyaris saja muntah jika masih belajar sampai beberapa menit kemudian.
Galaksi
Gue mual jon
22.05Omes alias otak mesum
Lo hamil?😱😰😨
Bilang ke gue siapa yang ngelakuin itu ke elo!
22.06Galaksi sedang tidak berminat untuk meladeni teman baiknya itu. Kepalanya berdenyut akibat terbayang kalimat 'saginata', 'taeniasis', dan kalimat-kalimat lain pemancing asam lambungnya. Dan mempunyai teman satu saja seperti Joni juga bukanlah pemecahan masalah lambungnya untuk saat ini.
Omes alias otak mesum
Di read doang kayak chat mantan :)
22.10
Yaudah deh, mungkin lo butuh waktu buat menerima keadaan.
Jangan makan sembarangan ya, jangan begadang, jangan angkat galon sendirian.
22.13Mengabaikan pesan dari Joni, Galaksi memilih untuk update status whatsappnya malam ini. Cukup untuk sekedar penghiburan diri.
Tai, tai apa yang bisa jadi cacing?
Tainia saginata hehehe
Btw, besok gue kuis dan belum ngapal :)
Beberapa pesan balasan masuk. Galaksi melotot horor melihat nama pengirim pesan. Sial, dia lupa menyembunyikan status Whatsapp dari mamanya.
Mommy
🙅
22.24Galaksi
Hehe
22.26Ceklis biru tercentang di papan pesan Ibu Galaksi padahal sudah beberapa menit berlalu. Namun bukan itu inti permasalahannya, melainkan kejutan yang akan diberikan oleh ibunya nanti. Perasaan Galaksi tidak enak. Nyaris saja ia menggigil ketakukan karena beberapa potongan-potongan adegan sadis bergantian memasuki otaknya jika saja ia tak ingat bahwa beliau adalah ibunya sendiri. Ah Galaksi hanya lebay, ibunya tidak sesadis itu.
Galaksi bergulir ke pesan lainnya yang masuk.
Genta
*Photos*
22.25Galaksi penasaran dengan foto-foto yang dikirimkan Genta. Setelah terdownload, foto-foto yang banyaknya sekitar 5 foto tersebut berbentuk skema, yang setelah Galaksi zoom, ternyata berisi catatan-catatan tentang materi kuis biologi besok. Galaksi segera mengetikkan balasan untuk Genta.
Galaksi
Tau aja lo. Makasih ya.
22.27Setelah itu Galaksi membuka pesan dari kontak lain.
Atha
Lu berbakat jadi anak ips
22.25Galaksi
Sori, hati gue udah di ipa
22.29
KAMU SEDANG MEMBACA
Boys' Day Out
Teen FictionBxB Nama gue Galaksi. Gue jago remedial. Ah, bukannya sok, tapi mungkin karena otak gue udah ketutupan minyak goreng karena keseringan makan bakwan.