11. Nuzulul Qur'an

3.6K 237 32
                                    

Fadhilah Sholat Tarawih malam ke-17
diberikan kepadanya pahala Nabi-Nabi.

Fadhilah Sholat Tarawih malam ke-18
berserulah seorang malaikat "wahai hamba, Allah telah ridha kepadamu dan kedua orang tuamu"

🎁🎁🎁🎁🎁🎁🎁🎁🎁🎁🎁🎁🎁🎁🎁

Nuzulul Qur'an artinya Turun Al Qur'al. Malam Nuzulul Qur'an atau turunnya Al Qur'an tepat pada malam 17 Romadhon saat Nabi bertahannuts di Gua Hiro'.

Turunnya Ayat AlQur'an yang merupakan Wahyu untuk Nabi Muhammad ini, diterima beliau saat berumur 40 tahun. Dan saat itulah dinyatakan beliau sebagai Rosul.

Rosul dan Nabi dari segi pengertian jelaslah berbeda. Jika Rosul itu pasti Nabi tapi Nabi itu belum tentu Rosul.
Karena apa?
Karena mereka sama-sama mendapatkan Wahyu dari Allah. Hanya saja bedanya jika Rosul diperintahkan untuk menyampaikannya pada Ummat. Sedangkan untuk Nabi tidak.

Surat Al Alaq ayat 1 sampai 5 merupakan wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad. Kedatangan Malaikat Jibril yang dikenal dengan Ruhul Qudus itu yang tiba-tiba membuat Nabi Muhammad terkejut hingga ketakutan sempat menghinggapi diri beliau.

Suara Iqro' (bacalah) diucapkan berulang kali oleh Malaikat Jibril kepada Nabi hanya dijawab dengan "Saya Tidak Bisa membaca", sebab itulah Nabi di peluk erat oleh Malaikat jibril berulang 3 kali yang akhirnya Nabi Muhammad menirukan apa yang di bacakan oleh malaikat Jibril. "Iqro' bismi robbikalladzii kholaq (1) Kholaqol insaana min 'alaq (2). Iqro' warobbukal Akrom (3). Alladzii 'allama bil qolam (4) 'allamal insaana maalam ya'lam (5).

*Selain malam itu malam diturunkannya Al Qur'an, juga malam itu pun Nabi Muhammadﷺ berdo'a minta kemenangan diperang badr , dimana 313 pasukan muslim melawan 1000 kafir quraish.*
*Maka malam ini pun adalah malam dimana الله tidak akan menolak permintaan hambanya*

( Ustadzah Halimah Alaydrus :*)
*Berdo'alah dengan sungguh-sungguh akan hajatnya, kalau perlu dengan menangis dan mengiba*
*( Karena ini pun dicontohkan Nabi Muhammadﷺ di malam badar tersebut )*

*pada Malam badr :*
*Mintalah kepada Allah pada malam 17 ramadhan dengan do'a*
*_Ya Allah berikanlah kemenangan untuk kemampuan menang hadapi hawa nafsu. sebagaimana Engkau telah memenangkan Nabi Muhammadﷺ pada saat perang badr, maka menangkan kami dr syaitan."_*

Aamiin

===={{{{====={{{{====

Inti ceramah yang disampaikan oleh kiyai Adnan tadi selepas sholat tarawih. Mengingatkan kembali sejarah Rosulullah yang mulai detik itulah beliau mengemban risalah yang begitu berat untuk menyampaikan agama islam kepada orang-orang Quraisy yang saat itu masih menyembah berhala.

Bukan hanya tantangan ringan yang beliau hadapi dalam dakwah islam ini, tapi penuh resiko besar yang akhirnya beliau terima.
Beliau yang awalnya disenangi, dipuji-dipuji dan disegani orang Qurasy. Berubah 180° menjadi dibenci, dicaci maki bahkan beliau juga akan dibunuh oleh mereka.

Ya Allah ... mengingat perjuangan beliau. Begitu besar pengorbanan beliau menegakkan agama islam. Diri ini merasa malu, sudah enak islam aman dan tentram malah kita berleha-leha dan suka lalai melaksanakan kewajiban dan sering melanggar apa yang Beliau larang.

Astaghfiurullahal'adzhim ... tampak gadis cantik itu terduduk seorang diri, menghela napas dalam kemudian mengusap wajah putihnya itu dengan kasar.

"Hei !... kok bengong sih." Tiba-tiba suara Maryam yang sedikit keras itu mengagetkannya.

"Ih ... Mbak Maryam ini ngagetin aja deh. Bukannya ucap salam," ucap Khalwa agak kesal.

Jodohku ... Wanita Bercadar ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang