10. Tarawih

3.9K 239 42
                                    


** بسم الله الحمن الرحيم **

Fadhilah Sholat Tarawih malam ke-15
memintakan ampun untuknya semua malaikat pemikul 'arasy dan kursi.

Fadhilah Sholat Tarawih malam ke-16
Allah swt menuliskan untuknya keselamatan dari neraka, dan kebebasan memasuki surga.

🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝🐝

Sholat Tarawih malam ini memasuki malam ke 15. Sama halnya dengan tahun-tahun sebelumnya. Dan hampir di semua masjid atau mushola manapun akan mengalami yang namanya kemajuan Shof.
*Bener nggak?😊

Semakin majunya shof ini karena jumlah orang yang tetap melakukan sholat tarawih sampai pertengahan bulan Romadhon ini semakin sedikit.
Apalagi jika sudah masuk 10 akhir bulan Romadhon, maka akan semakin maju lagi.

Hal ini diakibat karena mereka yang semakin sibuk dengan berbagai hal. Baik itu berbelanja membeli pakaian, membuat kue, mengecat tembok rumah dan juga berbelanja perabotan rumah baru.

Sholat Tarawih yang dilakukan secara berjamaah sebanyak 20 rokaat dengan 2 rokaat 1 salam yang mulai dilakukan pada masa Kholifah Sayyidina Umar bin Khottob RA.
S

holat yang berasal dari kata "Roha" yang berarti istirahat ini mempunyai banyak keutamaan. Diantaranya

🌍🌍🌍

Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah mengumpulkan keluarga dan para sahabatnya. Lalu beliau bersabda,

إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةً

"Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.

🌏🌏🌏🌏


Tepat pukul 19.45. Tampak seluruh jama'ah laki-laki keluar berhamburan dari Masjid setelah bersalam-salaman satu sama lain.

Setelah melaksanakan tadarus bersama. Seperti biasa kumpulan di bilik para abdi dalem tampak laki-laki berkumpul.

"Nggak terasa ya puasa udah hari ke 15 aja," celetuk Ilham, muka santainya begitu menikmati kopi yang baru saja diseruputnya.

"Iya nih. Padahal ngaji ane masih dapat 10 Juz. Kemarin-kemarin sempat target bisa khatam bulan puasa ini. Eh ... malahan tambah Hari kok tambah males gini," ucap Halim dengan muka sendu. Belagak sedih, terlihat pesimis akan bisa mencapai targetnya sendiri.

"Semangat dong Bro. Ini aja ya. Ane baru-baru beberapa hari kemarin semangat ngaji. Sekarang, alhamdulillah akan bisa mengejar jumlah hari," tukas Gufron dengan semangat  seraya menaik turunkan alisnya, ada kebanggaan sendiri jika kita bisa semangat dalam ibadah. Apalagi bisa memberi semangat kepada yang lain, maka akan lebih membahagiaan hati.

Beginilah serunya berkumpul dengan orang-orang baik. Bisa memompa kembali semangat yang mengendor. Bukankah iman manusia itu seperti gelombang yang bisa naik dan kadang pula turun seturun-turunnya.

"Jazakallah Khoir ya, Gus," lanjut Gufron yang kini beralih menoleh ke arah Rahman dengan anggukan sopan.

"Kok saya Kang?" tanya Gus Rahman yang sejak tadi hanya menjadi penyimak, tampak heran. Masih belum nangkap maksudnya apa? Kenapa berterimakasih padanya. Padahal ia dia yang semangat kan? Pikirnya.

Jodohku ... Wanita Bercadar ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang