Vote dan Komentarnya ya !😊
🐙
🐙
🐙___***___
Shilaturrahim merupakan gabungan dua kata yang berasal dari bahasa arab yaitu : Shilah artinya menyambung dan Rohim artinya kasih sayang.
Shilaturahim bisa jadi adat mayoritas ummat muslim, dilakukan secara serempak hanya pada waktu Hari Raya Idul Fitri. Di lain hari hanya beberapa orang tertentu yang melakukan hal ini karena padatnya aktifitas masing-masing individu.
Biasanya, moment lebaran seperti ini menjadi moment untuk setiap keluarga mengadakan acara perkumpulan khusus. Orang tertua mengundang seluruh saudara, anak, cucu dan cicitnya untuk berkumpul di rumahnya.
Seperti halnya yang dilakukan oleh keluarga Kiyai Anshori saat ini. Setiap tahunnya mereka bersepakat untuk mengadakan pertemuan di pondok pesantren Fathul Ilmi di Kediri ini pada hari raya ke-3, tanggal 3 syawwal.
Sore ini tampak cerah. Secerah hati semua ummat islam yang sedang berbahagia bertemu dengan sanak keluarganya. Mereka temu kangen, berkumpul dalam canda tawa dan berbagi cerita satu sama lainnya.
Saat ini, di kediaman beliau cukup ramai dengan kedatangan keluarga besarnya. Parkiran di depan dhalem hampir penuh. Terlihat berjejer mobil-mobil di sana.
Nuansa rumah yang biasanya hanya berpenghuni beberapa orang saja. Kini nampak lebih dari 20 orang. Sejak hampir satu jam yang lalu keluarga itu nampak satu persatu terus kedatangan sanak keluarganya.
📙📙📙📙
(1)
Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda:
من أحب أن يبسط له في رزقه، وينسأ له في أثره فليصل رحمه
"Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi"
(HR. Bukhari - Muslim).(2)
Bahkan terdapat ancaman serius bagi orang yang memutus silaturahim, beliau bersabda:لا يدخلُ الجنةَ قاطعُ رحمٍ
"Tidak masuk surga orang yang memutus silaturahmi"
(HR. Bukhari - Muslim).📙📙📙📙
Khalwa, Khodijah dan ketiga saudara iparnya tampak sibuk di sekitaran dapur. Ummi, Abah dan ketiga putra mereka sibuk di ruang tamu menyambut kedatangan sanak saudara."Khalwa, tolong ini kamu tuangin dulu ya. Mbak mau nyajiin ke depan."
"Iya, Mbak," ucap Khalwa yang baru saja beres mengeringkan tangannya setelah cuci tangan sehabis beberes masak ikan.
"Mbak, yang ini diletakkan di mana?" tanya Khodijah, saudara sepupunya yang sedang memegang mangkuk berukuran sedang berisi opor ayam.
"Di tengah aja Dek. Nanti sayurnya dan lain-lainnya kamu letakkan di sampingnya ya," ucap Haura. Kemudian meneruskan mengisi gelas dengan air putih untuk diletakkan di masing-masing depan kursi.
KAMU SEDANG MEMBACA
Jodohku ... Wanita Bercadar ✔
EspiritualCerita JWB versi cetak dg 200+ halaman. Bisa di beli dg harga 65.000 saja. ☺ Minat? Hubungi 085608113555 Versi cetak dg yg publish di WP Abeda alur dan ada konflik ya. 😊 Ekstra Part nya udah di unpublish. Yang mau baca ekstra Partnya Bisa DM, jang...