Pulang dari sekolah, Aji dan Jingga mampir ke salah satu toko di mall beli sabuk baru buat Aji. Jam istirahat tadi gesper sabuk Aji lepas membuat cowok itu pakai celana yang dicemitiin-hasil malak ke anak cewek yang pake kerudung di kelasnya- karena masih kelonggaran, niatnya sih mau diiket pakai tali rapia tapi sayang nggak ada yang jual tali rapia di kantin maupun di kopsis. Sama ibu kopsis sih udah disuruh beli sabuk yang baru tapi Aji nolak dengan alasan dia bentar lagi lulus ngapain beli sabuk gambar SMA lagi, mending beli yang keren dikit biar bisa dipake selain buat sekolah.
"udah cakep belom?" tanya Aji sambil bergaya, memamerkan sabuk barunya yang langsung dia pakai.
Jingga menempelkan kedua ujung jari telunjuk dan ibu jarinya seolah ingin memotret Aji, lalu mengacungkan dua jempolnya, "wah gila sih, cakep, Ji."
"udah takdir kalau itu sih." ucapnya malu-malu abis dipuji Jingga.
Harusnya Jingga nggak usah muji, bikin Aji jadi melangit kan.
Jingga membuka ponselnya dan melihat waktu sudah menunjukkan pukul 16.15. Nggak kerasa ternyata nyari sabuk buat Aji membutuhkan waktu yang lama dan Jingga belum sempat menghubungi orang rumah kalau dia mau mampir dulu walaupun Jingga yakin nanti pas pulang dianterin Aji pasti Mama nggak jadi marah, Mama percaya sama Aji kalau cowok itu nggak nakal—yaiyalah setiap depan orang tua Jingga Ajinya pencitraan mulu, paling kak Ino doang yang suka sewot adik perempuannya dibawa Aji terus.
"pulang yuk, Ji. Udah sore."
"langsung pulang nih? Nggak makan dulu? Atau jajan minuman gitu?" tawar Aji sambil menunjuk stand thai tea di dekat eskalator. Setiap pergi ke mall Jingga suka banget jajan minuman, apa aja deh semoodnya dia lagi mau minum apa sampai Aji pernah tuh ngeliat Jingga bisa menghabiskan dua kap thai tea sekaligus pas selama muter-muter mall nemenin cewek itu lihat-lihat baju buat lebaran. Jingga jarang minum air putih, di sekolah aja dia minumnya tea jus terus.
Jingga memandang stand thai tea yang ramai antrean itu, sebenarnya Jingga lagi pengen thai tea tapi stand thai teanya ramai jadi dia putuskan untuk nggak beli dulu, "nggak deh, Ji. Langsung pulang aja. Keburu sore entar mama ngomel."
"gue anter sampe masuk rumah dah biar lo nggak dimarahin."
Jingga cuma mengangguk sambil tersenyum kecil, lalu Aji membalasnya dengan menarik kunciran rambut Jingga, niatnya sih mau ngelus pucuk kepalanya tapi karena dilirikin beberapa orang yang lewat di depan mereka Aji malah jadinya narik kepangan Jingga. Maunya romatisan malah jadi kekerasan.
Hal itu sontak membuat yang empunya rambut jadi kesal, kepala Jingga ngedongak ke belakang gara-gara Aji terlalu kuat narik rambutnya. Jingga melotot, menepis tangan Aji jauh-jauh dari rambutnya. "rese banget sih tangannya!"
Aji nyengir, ngerasa bersalah. "sori, tadi gemes."
"kalau gemes tuh rambutnya dipuk-puk bukan ditarik."
"mau?"
"nggak. Pasti entar lo malah ngegeplakin kepala gue." tuduh Jingga sambil nunjuk Aji membuat cowok itu langsung geleng-geleng.
"nggak bakal kok, gue mana berani."
Jingga mendengus, kedua tangannya dia lipat di depan dada seolah lagi ngambek sama Aji. Sepanjang perjalanan keluar dari mall Aji masih aja nawarin Jingga kepalanya jadi mau dipuk-puk nggak sama Aji padahal Jingga udah akting ngambek tapi masih aja ditanyain sampai orang-orang di eskalator ngeliatin mereka terus. Jingga malu diliatin orang dan berjalan cepat ngeduluin cowok itu terus Ajinya ikutan jalan cepat di belakang Jingga sambil masih terus nawarin jadinya mereka kayak dua orang yang lagi kejar-kejaran di mall. Sampai nggak kerasa mereka udah keluar aja dari mall.
KAMU SEDANG MEMBACA
Jinendra
AcakTentang Ajinya Jingga yang pengen Jingga sentil ginjalnya. Ngeselin, bikin emosi, malu-maluin, tapi Jingga sayang. Tapi Aji sayangnya sama teh Melody. "Ji, pilih gue apa Melody?" "gimana ya? Mau milih teh Melody tapi gue dapetnya elo."-Aji, wota sej...