Suasana pendopo istana terlihat begitu ceria,tidak ada muka murung disana,semua orang terlihat sangat bersuka cita.
bhre Kertabhumi memang sudah resmi menjadi raja majapahit,usai dia berhasil menggulingkan pamannya Suraprabhawa.
namun keberhasilan ini harus dia bayar mahal dengan sejumlah perjanjian dengan para adipati adipati pesisir utara jawa.
salah satu perjanjian yang harus bhre Kertabhumi penuhi adalah,di hilangkannya kewajiban membayar upeti selama Bhre Kertabhumi berkuasa,dan diberi wewenang kebebasan untuk membentuk prajurit sendiri.
kebahagiaan bhre Kertabhumi kian lengkap,ketika ketiga kakaknya mengunjunginya di majapahit.
sungguh sesuatu yang sangat membahagiakan bagi bhre Kertabhumi.
"bagaimana dengan Ranawijaya?"
Samarawijaya menanyakan hal ini kepada ketiga adiknya.
"dia masih sangat muda,tidak usah dipikirkan" ucap Wijaya karana.
"pasti dia akan dendam"
"sudahlah...kakak Samarawijaya terlalu mengkhawatirkan keadaan yang tidak akan mungkin terjadi" sanggah bhre Pamotan.Bhre Kertabhumi sangat yakin,jika Ranawijaya tidak akan melakukan pemberontakan,bahkan dia bermaksud menjodohkan putrinya dengan Ranawijaya.
hal yang mendasari pemikiran bhre Kertabhumi seperti itu,karena Ranawijaya masih muda dan belum matang dalam setrategi perang.
semua hal tentang Ranawijaya yang ada dibenak bhre Kertabhumi itu adalah salah,karena Ranawijaya kini sudah memiliki seorang pembimbing pada diri brahmana Ganggadhara,dia berperan laksana Acharya chanakya pembimbing Asoka.Suasana pagi masih terasa di daha,sementara para prajurit terus berlatih dan berlatih setiap hari.
Ranawijaya tiap pagi selalu berkuda untuk memantau segala persiapan para prajuritnya.
Segala persiapan sudah dirasa cukup matang oleh Ranawijaya,dan cuma tinggal menunggu waktu yang tepat untuk menyerang majapahit.
"apa kau ingin menjadi raja anakku?"
"aku tidak ingin menjadi raja majapahit ibu,aku cuma ingin balas dendam atas kematian ayah"
ungkap Ranawijaya kepada ibunya dyah Sripura.
dyah Sripura terdiam,dia merasa sudah sangat sulit untuk mencegah keinginan Ranawijaya balas dendam kepada bhre Kertabhumi.
"tapi aku tidak ingin kehilangan anakku di usia muda"
"aku tidak akan mati ibu,tapi bhre Kertabhumi yang akan mati"
ucap Ranawijaya dengan penuh keyakinan.Merasa segala sesuatunya belum terlambat,dyah Sripura kembali mencoba merayu anaknya.
"anakku ibu tadi mendapat surat dari Samarawijaya"
"kenapa dia sendiri tidak datang langsung kesini?" sahut Ranawijaya dengan nada yang menunjukkan ketidak senangan pada putra putra Rajasa wardhana.
"dia ingin menjodohkanmu dengan putri bhre Kertabhumi"
mendengar nama Kertabhumi disebut,langsung meledaklah amarah Ranawijaya.
"kenapa wangsa Rajasa selalu berpikiran seperti itu,kenapa ibu?"
ibunya terdiam,mungkin yang Ranawijaya katakan ada benarnya.
bhre daha,menikah dengan raja Wikrama wardhana,setelah ayahnya bhre Wirabhumi tewas oleh orang orang Wikrama wardhana.
kemudian ibunya dyah Sripura,putri bhre Paguhan,menikah dengan Suraprabhawa setelah ayahnya tewas oleh orang orang Rajasa wardhana.
tapi ada satu yang lolos dari kematian,Samarawijaya yang menikahi putri Surya wikrama,karena dia menyerahkan tahta majapahit kepada paman sekaligus mertuanya itu.
kini Ranawijaya dijodohkan dengan putri bhre Kertabhumi yang telah membunuh ayahnya Suraprabhawa.
"aku akan menikahi putri bhre Kertabhumi,setelah aku membunuhnya" kata Ranawijaya.
ibunya terlihat tidak senang dengan pernyataan tersebut.
"itu sama saja kau mengulangi hal yang dialami oleh lbumu"
ucapnya,dan langsung pergi meninggalkan Ranawijaya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Ksatria Majapahit 6 eps Perang Wangsa Rajasa 2
Fiksi Sejarahpertumpahan darah untuk memperebutkan tahta majapahit tidak berhenti semenjak naiknya raja Girisha Wardhana dyah surya wikrama menjadi raja majapahit. sepeninggal raja Girisha Wardhana dyah surya wikrama,majapahit kembali dilanda perebutan kekuasaan...