Kota Raja majapahit kembali menggeliat,usai dilanda peperangan oleh sesama wangsa rajasa,secara perlahan para penduduk mulai mengisi denyut kehidupan kota raja.
semua sangat mengharapkan suasana yang aman dan tentram jauh dari perang dan pembunuhan.
majapahit saat ini sudah berubah dan aman,menurut sebagian orang saat ini.Tapi sebuah berita yang terasa bagai petir ditengah terik panasnya matahari,kabar mengejutkan datang dari istana.
raja Surya wikrama menghembuskan napas terakhirnya,sebuah berita yang membuat sedih rakyat majapahit.
selama empat tahun,majapahit dibawah kepemimpinan raja Surya wikrama memang keadaan majapahit mulai agak membaik paska perang wangsa rajasa.
walaupun dalam masa kepemimpinan raja Surya wikrama,bencana gunung meletus acapkali terjadi,nun tidak sampai mengguncang kota raja.Raja Surya wikrama belum di makamkan ataupun di candikan,desas desus yang beredar di masyarakat adalah penerusnya.
mengingat raja Surya wikrama cuma memiliki seorang putri,dan dia sudah menikah dengan putra kakaknya Samarawijaya.
tapi semua sudah mengerti,jika Samarawijaya dan adik adiknya pergi meninggalkan kota raja,dan yang mungkin akan menjadi raja adalah adiknya Suraprabhawa.
Raja Surya wikrama di candikan di puri,seluruh tokoh penting hadir dalam pemakaman raja majapahit tersebut.Dharma ingin memenuhi apa yang pernah diucapkan oleh ayahnya,sepeninggal raja Surya wikrama,dia ingin mengundurkan diri sebagai punggawa majapahit,dan meninggalkan kota raja.
"itu yang ayah ucapkan semasa hidup dulu tuanku Suraprabhawa"
Suraprabhawa terdiam sesaat,dia ingin Dharma tetap mengabdi di majapahit,tapi dia juga tidak akan menahan jika Dharma ingin pergi.
"apa kau sudah merenungkan segalanya?" tanya Suraprabhawa.
"sudah yang mulia tuanku Suraprabhawa"
"aku tidak bisa menahan keinginanmu,semoga semuanya baik baik saja"
"terima kasih yang mulia tuan Suraprabhawa"
Dharma menuruti ucapan ayahnya,yaitu cukup mengabdi pada satu raja,sepeninggal raja Surya wikrama ucapan Panji tersebut dilaksanakan oleh Dharma.
KAMU SEDANG MEMBACA
Ksatria Majapahit 6 eps Perang Wangsa Rajasa 2
Historical Fictionpertumpahan darah untuk memperebutkan tahta majapahit tidak berhenti semenjak naiknya raja Girisha Wardhana dyah surya wikrama menjadi raja majapahit. sepeninggal raja Girisha Wardhana dyah surya wikrama,majapahit kembali dilanda perebutan kekuasaan...