Malam kian larut,suasana sunyi mulai terasa di seluruh tumapel,namun kesunyian malam,dan orang orang sudah terbuai dalam irama mimpi,tapi tidak dengan bhre Kertabhumi.
tersiar kabar bahwa Suraprabhawa
telah resmi dinobatkan menjadi raja majapahit, membuat bhre Kertabhumi tidak pernah bisa menerima kenyataan ini.
baginya,pamannya tak ubahnya seorang penipu,gambaran itu yang senantiasa menghiasi pikiran bhre Kertabhumi.
dalam keheningan malam,bhre Kertabhumi mencoba mengatur sebuah siasat untuk menyerang majapahit,dengan atau tidaknya persetujuan kakaknya dia akan tetap melakukan rencana tersebut."mohon ampun tuanku bhre Kertabhumi,ada urusan apa tuanku memanggil hamba secara rahasia?"
"Jati ledung,ada berapa banyak prajuritmu?"
"sekitar dua ratus orang tuanku bhre Kertabhumi"
"bagus,besok kau pimpin mereka berkumpul di gerbang timur tumapel"
"baik tuanku Bhre Kertabhumi"
"bawa banyak perbekalan,kita akan menempuh perjalanan jauh,dan juga ada yang tahu,kau mengerti?"
"hamba mengerti tuanku bhre Kertabhumi"
Jati ledung kian tidak mengerti dengan rencana bhre Kertabhumi,dia cuma punya anggapan tapi tidak punya jawaban.Pagi hari Jati ledung langsung bergerak bersama dua ratus orang prajurit menuju gerbang timur.
dia sangat berhati hati,agar Samarawijaya tidak mengetahui pergerakan mereka.
sebenarnya Jati ledung tidak mengerti dengan rencana bhre Kertabhumi,namun karena ini perintah junjungan,dia menurut saja tanpa berani bertanya.
ternyata bhre Kertabhumi telah tiba lebih dahulu di gerbang timur,dia tidak sendiri,ada Wira pragola dan Danu tirta.
kedua orang tersebut adalah bekel di tumapel,sama dengan dirinya.
"hormat tuanku bhre Kertabhumi"
"apa semuanya sudah siap Jati ledung,dan juga perbekalannya?"
"semuanya sudah siap tuanku bhre Kertabhumi"
"baiklah,ayo kita berangkat ke pasuruan"Dalam perjalanan menuju kadipaten pasuruan,barulah Jati ledung mengerti maksud dan tujuan bhre Kertabhumi.
bhre Kertabhumi berencana meminta bantuan adipati adipati pesisir laut utara jawa,dari tuban sampai probolinggo,tujuannya adalah menggalang kekuatan menggulingkan raja Suraprabhawa.Adipati pasuruan cuma manggut manggut dengan apa yang bhre Kertabhumi sampaikan.
sejenak dia diam,namun belum berani mengambil keputusan.
dia sangat berhati hati dengan ajakan bhre Kertabhumi,dan tidak bisa langsung saja mengambil keputusan,karena jika gagal,maka sudah pasti,dia dan seluruh keluarganya menuju tiang gantungan majapahit.
"tuan bhre Kertabhumi ajakan anda akan aku putuskan setelah aku berunding dengan Aryo ponggo"
"baiklah adipati"
Aryo ponggo adalah orang yang menjadi penasehat adipati pasuruan dalam memutuskan tiap permasalahan.
"bagaimana paman Aryo ponggo?"
Aryo ponggo tidak langsung menjawab,tapi dia membisikkan kata kata kepada sang adipati.
adipati pasuruan kembali manggut manggut mendengar perkataan Aryo ponggo.
"baiklah tuan Bhre Kertabhumi,aku menerima ajakanmu,namun ada beberapa syarat yang harus tuan penuhi?"
"apa itu adipati?"
lalu adipati pasuruan mengutarakan maksudnya,terlihat rona wajah keberatan pada diri bhre Kertabhumi akan syarat tersebut.
tapi api dendam telah menutup jernih pemikiran dirinya,yang terpenting adalah dendam terbalaskan.Aryo ponggo,Wira pragola dan Danu tirta membawa surat bhre Kertabhumi ke adipati probolinggo,sementara bhre Kertabhumi dan adipati pasuruan pergi menemui adipati rembang.
( rembang disini bukan jawa tengah,tapi rembang dekat pasuruan tempat raden wijaya menyeberang ke madura)
KAMU SEDANG MEMBACA
Ksatria Majapahit 6 eps Perang Wangsa Rajasa 2
Historical Fictionpertumpahan darah untuk memperebutkan tahta majapahit tidak berhenti semenjak naiknya raja Girisha Wardhana dyah surya wikrama menjadi raja majapahit. sepeninggal raja Girisha Wardhana dyah surya wikrama,majapahit kembali dilanda perebutan kekuasaan...