Uwuuu mimin balik bawa cerita true macam harry poter^^
Pernah dengar Rhythm 0?
Manusia memiliki sisi gelap yang akan dilepaskan jika mereka memiliki kuasa untuk melakukannya. Tapi apa kita tahu, seberapa gelap sisi itu?
Pernah dengar Rhythm 0?
Berawal dari seni, Rhythm 0 menjadi penemuan psikologi paling mengerikan.
Pada tahun 1979, Marina mengadakan penampilan paling kontroversial, mengerikan, dan berbahaya dalam sejarah seni. Limbad pun lewat jauh.
Intruksi yang diberikan Marina:
Instructions
There are 72 objects on the table that one can use on me as desired.Performance
I am the object.
During this period I take full responsibility.
Duration: 6 hours (8 pm – 2 am)Maksudnya: selama 6 jam, Marina tidak bergerak. Ia memperbolehkan para penonton melakukan apapun padanya, dan dia tidak akan memberontak ataupun memprotes. 72 barang diletakkan di atas meja, mulai dari bunga mawar sampai pistol, dan itu boleh digunakan pada Marina sesuka hati. Marina akan berlagak sebagai objek.
Ia menyebut seni kontemporer ini Rhthym 0.
Pada awalnya, mereka bersikap lembut. Hanya sedikit bermain-main. Ada yang menaruh mawar di tangannya, ada yang menciumnya, ada yang menyuapinya kue.
Lalu, ketika mereka sadar bahwa Marina benar-benar tidak akan melakukan apapun, sisi gelap mereka mulai muncul.
“it was six hours of real horror,” ucap Marina di sebuah interview.
Pada jam ketiga, pisau mulai menyentuh kulit Marina. Ada yang mengukir tulisan di tubuhnya. Tidak tanggung-tanggung, ada yang menggoreskan pisau dekat leher Marina dan meminum darahnya. Tapi penderitaannya tidak berakhir sampai situ.
Mereka menggunting pakaian Marina. Pelecehan seksual mulai terjadi. Marina bersaksi bahwa ia tidak diperkosa karena kebanyakan penonton membawa pasangannya waktu itu. Ia dibawa-bawa setengah telanjang, didudukkan di atas meja, dan ada yang menancapkan pisau ke kayu dekat kakinya.
Perpecahan terjadi, ada yang berusaha menahan yang lain melakukan kekerasan lebih parah, ada yang ingin menikmati momen ini selagi bisa.
Menariknya, ketika waktu habis, dan Marina mulai bergerak, para pelaku kekerasan melarikan diri ketakutan. Sulit rasanya menerima Marina kembali sebagai seorang manusia setelah melihatnya sebagai objek dalam waktu beberapa lama.
Inilah yang terjadi jika manusia dihadapkan oleh kekuasaan tanpa batas dan konsekuensi. Apalagi jika target kekuasaan itu adalah manusia lagi, terutama wanita. Inilah seberapa keji sisi gelap manusia.
Setelah penampilan enam jam itu, Marina mendapati banyak rambut putih tumbuh di kepalanya.
Dok: Edukasi Psikologi
KAMU SEDANG MEMBACA
Psikologi Harianku
Non-FictionEdukasi tentang psikologi dari berbagai sumber. Yukk yang mau jadi psikolog atau psikiater atau bahkan sudah menjadi keduannya,luangkan waktu sebentar untuk menambah atau mengulang wawasan kita^^