Malas nulis caption, intinya bahagia:"
Simak 16 tipe kepribadian menurut Tes Kepribadian Myers Briggs. Dengan mengetahui tipe kepribadianmu, kamu jadi lebih tahu tentang keunikanmu dan kekuatanmu. Dengan tahu tentang keunikan dan kekuatanmu, kamu pun bisa menemukan tempat yang cocok untuk kepribadianmu dan pekerjaanmu didunia jaman kini yang sarat dengan hiruk pikuk, keruwetan dan konflik. Simak yuk…😘👌
Tipe 1: ISTJ – The Inspector.😒👌
ISTJ adalah kependekan dari: Introverted. Sensing. Thinking. Judging. Orang ISTJ serius dan sangat mengandalkan logika. Orang bisa merasa terintimidasi oleh mereka, karena mereka memberi kesan serius dan formal. Secara umum, orang ISTJ biasanya berkelakuan pantas, tenang dan tradisional. Meski orang kerap salah paham karena keseriusan pembawaan mereka, mereka menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan menghargai tanggung jawab sosial.
Tipe 2: INFJ – The Counselor.😒👌
INFJ adalah kependekan dari: Introverted. Intuition. Feeling. Judging. Orang INFJ menganut pandangan-pandangan yang unik terhadap kehidupan karena mereka selalu melihat lebih dalam dari apa yang nampak dipermukaan. Biasanya mereka cocok berprofesi sebagai pengacara atau diplomat. Orang INFJ biasanya sangat kreatif dan punya kemampuan untuk menangkap dan memahami konsep-konsep secara jauh lebih mendalam. Mereka juga tidak menerima begitu saja apa yang nampak dipermukaan. Kadang-kadang orang INFJ dianggap agak eksentrik dimata banyak orang.
Tipe 3: INTJ – The Mastermind.😒👌
INTJ adalah kependekan dari: Introverted. Thinking. Judging. Intuition. Orang tipe INTJ adalah pemikir yang sangat serius dan mendalam. Mereka tergolong tipe introvert yang tradisional. Cocok untuk bekerja sendirian dan bisa menjalani periode cukup lama tanpa perlu adanya kontak dengan manusia lain. Mereka senang memikirkan dan mengembangkan strategi yang terelaborasi dan tidak senang keadaan tidak berjalan sesuai dengan rencana mereka yang terperinci
Tipe 4: ENFJ – The Giver.😒👌
ENFJ kependekan dari: Extroverted. Intuition. Feeling. Judging. Ciri yang paling menyolok pada orang ENFJ adalah, mereka senang menolong orang lain. Tipe orang ini sangat etis dan idealis. Mereka senang menjalin keterhubungan dengan orang lain, juga dalam rangka menguatkan sisi diri mereka yang berkharisma. Lebih percaya pada intuisi dan oleh karenanya agak putus kontak dengan dunia sekitar. Orang ENFJ biasanya selalu menatap kemasa depan dengan satu matanya.
Tipe 5: ISTP – The Craftsman.😒👌
ISTP kependekan dari: Introverted. Sensing. Thinking. Perceiving. Mereka senang melakukan pekerjaan tangan. Mereka memegang “kartu-kartu diri dan kehidupan” mereka dengan erat dan tidak mau terlalu banyak membuka diri tentang perasaan-perasaan dan motif-motif dalam diri mereka. Mereka sulit diketahui. Orang ISTP terkadang membuat orang lain terkejut dengan spontanitas mereka yang blak-blakan, dan diam-diam ingin bersikap lebih liar dibanding yang mereka ijinkan terhadap diri sendiri. Dengan kata lain, mereka mengekang keliarannya.
Tipe 6: ESFJ – The Provider.😒👌
ESFJ adalah kependekan dari: Extroverted. Sensing. Feeling. Judging. Orang ESFJ adalah tipa paling ekstrovert. Mereka sangat menyukai dan maju pesat dalam urusan interaksi dan lingkup sosial. Mereka senang jadi sorot perhatian namun tetap berkomitmen membantu orang-orang yang butuh pertolongan. Mereka senang jadi organizer acara. Dari seluruh tipe kepribadian, tipe ini yang paling mudah ditebak tipenya.
Tipe 7: INFP – The Idealist.😒👌
INFP kependekan dari: Introverted. Intuition Feeling. Perception. Orang INFP tergolong introvert dan cenderung percaya pada takhayul. Mereka mudah melihat pertanda-pertanda, isyarat-isyarat dan simbol-simbol (misalnya melihat ada pertanda buruk dari suatu kejadian). Atau melihat ada pertanda buruk menanti dimasa depan. Mereka senang menghabiskan waktu sendirian untuk merenungkan makna kehidupan. Sangat imajinatif dan kerap tenggelam dalam fantasi dan impian. Orang INFP cenderung tertutup terutama pada orang-orang yang belum mereka kenal. Mereka lebih senang berkumpul dengan orang-orang yang menganut nilai-nilai serupa.
Tipe 8: ESPF – The Performer.😒👌
Banyak aktor tergolong tipe ESPF. Extroverted. Sensing. Perceiving. Feeling. Mereka senang menjadi sorot perhatian dan panggung. Dan berkembang pesat dalam situasi-situasi ini. Mereka biasanya mampu memikat perhatian kita dan mampu mempertahankan obrolan selama berjam-jam untuk suatu topik. Selain mampu tampil dengan performa bagus, orang ESPF juga punya kepedulian pada kesejahteraan orang lain, juga sangat friendly.
Tipe 9: ENFP – The Champion.😒👌
Extroverted. Intuition. Feeling. Perception. Tipe kepribadian ini memang terlahir sebagai seorang pemenang. Mereka hidup dan bergerak seiring dengan ritme mereka dan merintis alur-alur baru didalam kehidupan. Jika mereka tidak mendapat kesempatan untuk mengekspresikan individualitas mereka dan sasaran-sasaran mereka yang unik, mereka sulit bahagia. Orang ENFP juga senang bersosialisasi dan menjalani keterhubungan nyata dengan banyak orang. Mereka dipandu oleh perasaan namun juga sangat pemikir dan kaya wawasan.
Tipe 10: ESTP – The Doer.😒👌
Extroverted. Sensing. Thinking. Perception. Senang melakukan kerja tangan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang membuat tangan kotor dan menyukai kebebasan setiap hari. Orang ESTP tidak menyukai aturan dan tidak membiarkan rintangan-rintangan kecil menghalangi mereka mengalami semua yang bisa ditawarkan oleh kehidupan. Mereka tidak memusingkan diri dengan gagasan-gagasan abstrak, namun lebih lebih senang fokus pada momen kini dan disini (here and now). Mereka bisa membuat keputusan seketika dan ceroboh yang menjerumuskan mereka kedalam masalah.
Tipe 11: ESTJ – The Supervisor.😒👌
Extroversion. Sensing. Thinking. Judging. Orang ESTJ tergolong yang paling terorganisir dan tertata. Menaruh keyakinan pada nilai-nilai tradisional dan selalu berusaha melakukan apa yang mereka anggap benar. Seorang pemimpin alam. Punya tendensi mengawasi dan mensupervisi orang-orang disekitar mereka. Dari seluruh tipe kepribadian, mereka tergolong yang paling bisa memberi nasihat dan tuntunan. Mereka menyukai tantangan.
Tipe 12: ENTJ – The Commander.😒👌
Extroverted. Intuitive. Thinking. Judging. Mereka berkembang pesat diposisi kepemimpinan karena mereka menggabungkan antara logika dan intuisi. Tipe kepribadian ini menyukai dua dunia: disatu pihak mereka memikirkan dan merenungkan masalah-masalah mereka secara mendalam namun tetap ekstrovert. Mereka sanggup mengambil keputusan dengan cepat dan kerap benar dalam hal penilaian.
Tipe 13: INTP – The Thinker.😒👌
Introverted. Intuitive. Thinking. Perceptive. Kerap bisa menghasilkan teori-teori baru yang brilian dan inovatif. Logika dalam menangkap dan memahami sesuatu adalah kemampuan bawaan orang INTP. Karenanya mereka bisa melihat sesuatu yang luput dari perhatian orang. Jangan coba-coba berbohong pada orang INTP karena mereka bisa mendeteksi. Jika diberi outlet untuk energi besar dan inteligensi kreatif, mereka dapat meraih apa saja. Pekerjaan yang melibatkan rincian yang rutin cenderung membuat orang INTP bosan.
Tipe 14: ISFJ – The Nurturer.😒👌
Introverted. Sensing. Feeling. Judging. Mereka adalah orang-orang yang paling suka menolong. Orang ISFJ berhati emas dan selalu membantu mereka yang membutuhkan. Biasanya memancarkan aura positif dan kehangatan. Orang senang hadir dekat dengan mereka, tidak saja karena mereka senang menolong namun karena mereka bisa memunculkan yang terbaik dalam diri orang lain.
Tipe 15: ENTP – The Visionary.😒👌
Extroverted. Intuition. Thinking. Perceptive. Mungkin sampai sekarang kamu belum pernah berjumpa dengan orang ENTP. Mereka sangat jarang ditemuka dan kerap melakukan sesuatu yang revolusioner. Mereka ekstrovert namun tidak menyukai percakapan-percapakan kosong yang tidak bermakna. Lebih suka bicara to the point. Mereka juga tidak akan menghindar dan lari dari perdebatan. Dari seluruh tipe kepribadian, tipe ENTP agaknya yang paling punya pemahaman mendalam terhadap konsep-konsep dan teori-teori paling rumit.
Tipe 16: ISFP – The Composer.😒👌
Introverted. Sensing. Feeling. Perceiving. Ini mungkin tipe yang paling kontradiktif. Secara sepintas tipe orang ini nampaknya tidak introvert. Meski mereka hangat dan bersahabat, mereka juga senang sibuk dan mengurusi urusan mereka sendiri, juga mengeksplorasi sasaran-sasaran pribadi mereka didalam kehidupan. Mereka tahu bahwa dengan bertemu dengan orang-orang baru, mereka bisa belajar banyak hal. Maka mereka lebih punya kharisma dibanding tipe introvert lainnya. Mereka senang mengalami hal-hal baru, kerap punya bakat dibidang seni dan kemungkinan punya masalah dalam hal harga diri dan kelayakan diri (self esteem).
Doc: oleh Serenity's YR
KAMU SEDANG MEMBACA
Psikologi Harianku
Non-FictionEdukasi tentang psikologi dari berbagai sumber. Yukk yang mau jadi psikolog atau psikiater atau bahkan sudah menjadi keduannya,luangkan waktu sebentar untuk menambah atau mengulang wawasan kita^^