Phile lawan phobia

644 55 19
                                    

Macam-macam kondisi phile-

Apakah kamu pernah mendengar istilah psikologis yang satu ini? Pernahkah kamu merasa mencintai atau menyukai hal-hal tertentu? Konon, setiap orang punya kecenderungan memiliki kondisi phile ini.
Lalu, apa sih, sebenarnya kondisi tersebut? Termasuk gangguan mentalkah? Berbahayakah? Simak ulasan berikut ini supaya kamu tahu apa itu phile dan macam-macamnya!

Pengertian Phile

Phile merupakan kondisi psikis atau kejiwaan seseorang yang memiliki kecenderungan menyukai atau mencintai sesuatu. Kadang, kamu memiliki seorang teman yang entah kenapa begitu menyukai hujan. Atau, yang lainnya begitu menyenangi hutan dan pepohonan.

Nah, itu adalah sebagian contoh dari kondisi phile ini. Dari definisi tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa phile merupakan antonim dari phobia. Benar, bukan? Jika phile mengarah pada kecintaan seseorang terhadap sesuatu, sebaliknya, phobia merupakan ketakutan seseorang terhadap sesuatu.

Apakah ini merupakan kondisi yang berbahaya atau bentuk dari gangguan mental? Tentu saja tidak, ya. Selama kesukaan tersebut tidak berlebihan yang membawa dampak merugikan bagi diri sendiri, phile adalah kondisi mental yang normal.

Hal ini bisa terjadi karena pengalaman atau kenangan indah terhadap sesuatu yang disukainya tersebut. Bisa juga objek phile ini adalah hal yang memang menjadi hobi. Jadi, tidak ada kesalahan mental dalam hal ini.
Berbeda dengan phobia yang memang sebaiknya disembuhkan ya, karena phobia bisa saja mengguncang jiwa seseorang jika terus menerus dipelihara.

Macam-macam Phile

Ternyata, ada banyak macam-macam kondisi phile yang mungkin belum kamu ketahui. Mungkin juga, tanpa kamu sadari kamu sendiri adalah orang yang mengalami phile ini. Berikut beberapa di antara macam-macam phile.

Autophile

Autophile adalah istilah bagi orang-orang yang menyukai kesendirian. Saat yang lain lebih suka pergi ramai-ramai, orang yang mengalami kondisi autophile ini justru sebaliknya. Dengan menyendiri, dia merasakan kenyamanan dan ketenangan. Mungkin hal ini berhubungan erat dengan sosok introvert, ya.

Astrophilia

Jangan heran saat melihat orang yang begitu antusias melihat bintang-bintang atau benda langit lainnya. Bisa jadi dia memang seorang astrophilia, orang yang menyukai bintang dan benda langit. Orang-orang semacam ini rela membayar mahal demi sebuah pemandangan langit yang menakjubkan.

Nyctophile

Bukan vampir yang memang takut akan cahaya matahari, hanya saja seorang nyctophile memang seorang pecinta malam dan kegelapan. Mungkin dalam situasi ini mereka akan merasakan sensasi tersendiri yang membuatnya jatuh cinta, ya.

Pluviophile

Apakah kamu termasuk seseorang yang menyukai hujan? Jika iya, maka kamu adalah seorang pluviophile. Orang-orang ini menikmati setiap rintik hujan yang turun sebagai salah satu keindahan yang sebaiknya jangan cepat berlalu. Tapi, bukan berarti juga mereka menerjunkan diri di tengah-tengah hujan deras, ya.

Logophile

Jika kamu termasuk orang yang suka sekali membaca buku-buku sastra dengan kemegahan kata-katanya, maka kamu mungkin saja seorang logophile. Logophile adalah orang-orang yang mencintai kata-kata atau ungkapan-ungkapan sastra.

Opacraphile

Konon, senja adalah waktu terindah dari waktu-waktu di sepanjang hari. Karena itu, ada orang yang benar-benar menyukai bahkan selalu menantikan saat senja. Ya, merekalah yang disebut dengan opacraphile ini. Kamu juga suka senja?

Coimetrophile

Beda dengan phile lainnya yang kebanyakan menyukai keindahan, yang satu ini tentu cukup aneh. Coimetrophile adalah sebutan bagi orang-orang yang mencintai suasana pemakaman. Waduh, ngeri juga, ya?

Selenophile

Jika kamu menunggu datangnya malam hanya ingin segera menikmati indahnya bulan, bisa jadi kamu masuk dalam kategori Selenophile. Selenophile adalah orang yang begitu menyukai bulan.

Denrophile 

Suka mengikuti kegiatan outdoor seperti hiking, selalu menikmati ketika berada dalam hutan dan dikelilingi oleh pepohonan, itu adalah ciri-ciri seorang Denrophile. Ya, Denrophile adalah sebutan bagi orang yang mencintai pepohonan dan hutan.

Discophile 

Hobi mendengarkan musik dan suka mengoleksi piringan hitam? Entah karena bentuknya yang klasik atau karena warna hitam yang elegan, seorang Discophile sangat menyukai piringan hitam.

Chronophile

Mengoleksi jam arloji memang banyak dilakukan oleh orang. Nah, Chronophile adalah sebutan bagi orang yang suka mengoleksi jam arloji. Terkadang para Chronophile tidak peduli berapapun budget yang harus dia keluarkan karena kesukaannya ini lo.

Barophile

Pernah melihat seorang yang sangat menyukai olahraga bungee jumping atau sky diving? Seseorang yang suka menikmati sensasi gravitasi biasa disebut dengan Barophile—biasa dialami oleh penyuka olahraga ekstrem tersebut. 

Thallasophile

Kegiatan diving memang sangat menyenangkan ya. Kita bisa menikmati keindahan alam bawah laut dengan berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang indah. Selain menyukai kegiatan dibawah air laut, Thallasophile—sebutan bagi orang yang menyukai laut—juga suka menikmati indahnya foto atau lukisan bertema laut.

Cymophile

Tidak jauh beda dengan Thallasophile, Cymophile juga menyukai laut terutama ombaknya!

Retrophile

Retrophile adalah sebutan bagi penyuka benda, gaya dan estetika dari masa lalu.

Stigmatophile

Kamu suka tatto dan punya banyak koleksi tatto di tubuhmu? Jika benar, maka kamu adalah Stigmatophile.

Cinephile

Siapa sih yang nggak suka nonton film? Pasti banyak ya pecinta film di sekitar kita. Nah, bagi kamu yang nggak bisa lepas dari film dan nggak pernah telat untuk nonton film terbaru di bioskop, Cinephile adalah sebutan pas buatmu. 

Chionophile

Warna putih salju, suasana sejuk dan romantis pada saat musim salju memang bikin sulit move on ya. Meskipun di Indonesia tidak turun salju, para Chionophile rela melakukan perjalanan ke luar negeri hanya untuk menikmati salju. 

Photophile

Cahaya yang menenangkan dari lilin, atau pemandangan gemerlap cahaya lampu  yang indah di malam hari, sangat disukai oleh para Photophile.

Ceraunophile

Cukup ekstrem. Di saat orang lain takut akan kilat dan guntur, namun justru para Ceraunophile sangat menyukainya. 

Itu dia pengertian kondisi mental phile dan beberapa contohnya. Bagaimana, sangat cocok untuk dijadikan karakter khas dari tokoh-tokoh ceritamu, bukan?

Psikologi HariankuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang